Apa Itu Startup? Apa Perbedaan Dengan Online Shop/ Bisnis Online?

apa itu startup
apa itu startup

Dengan berkembangnya dunia teknologi, apalagi internet membuat siapapun bisa membuat suatu bisnis dengan gampang. Para pemuda saat ini bisa menghasilkan bisnis‘ startup’ yang mempunyai inovasi kreatifitas tanpa batasan.

Kata‘ startup’ sudah tidak asing di dunia entrepreneur, tetapi tidak sedikit yang belum mengenali makna dari kata‘ startup’ itu sendiri. Disini kita hendak mangulas lebih lanjut definisi dari kata startup.

apa itu startup
apa itu startup

Apa Itu Industri Startup?

Apa itu startup? Definisi sebenernya kata startup merupakan suatu industri yang berjalan dibawah 5 tahun alias industri yang baru saja dirintis. Arti dari wikipedia, startup merupakan industri yang belum lama beroperasi. Oleh sebab itu startup kerap sering disebut juga sebagai industri rintisan. Tetapi pada era tahun 2000an semenjak masa industri‘ dot- com’ terkenal, perpindahan arti‘ startup’ di dunia bisnis juga berpindah makna.

Definisi startup dulu yaitu kegiatan bisnis yang baru berjalan kurang dari 5 tahun, namun dikala ini makna bisnis startup sudah tidak diartikan atau didefinisikan dengan seperti itu lagi. Saat ini, definisi makna dari Startup merupakan suatu usaha yang baru berjalan serta mempraktikkan inovasi teknologi untuk melaksanakan core businessnya untuk memberikan solusi permasalahan di warga. Sehingga mempunyai ciri‘ disruptive’ didalam suatu pasar/ industri yang telah terdapat ataupun apalagi menghasilkan suatu industri baru.

Gimana Pertumbuhan Bisnis Startup di Indonesia?

Pertumbuhan dunia startup di Indonesia terus berkembang bersamaan dengan berkembangnya teknologi. Paling tidak sudah terdapat 4 startup unicorn yang berasal dari Indonesia, ialah Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, GO- JEK. Informasi dari Tech In Asia membuktikan bila pada kuartal 2 tahun 2017, startup yang mendominasi di Indonesia berasal dari industri E- Commerce, Fintech.

Meski menurut statistik mengalami penurunan jumlah startup baru pada tahun 2017, tetapi mengalami peningkatan dalam jumlah pendanaan program akselerator startup di tahun 2017. Ini merupakan hal yang positif untuk Indonesia, banyak dari Investor telah mulai memandang pasar di Indonesia dan memperhitungkan startup– startup yang Indonesia mempunyai kemampuan seperti pertumbuhan teknologi di Amerika Serikat & Cina.

Gimana Mendefinisikan Industri Yang Disebut Startup?

Definisi yang sesuai yakni startup mempunyai watak yang disruptive alias‘ mengganggu’ di suatu industri yang telah terdapat. Contohnya saja di dunia transportasi di Indonesia. Saat sebelum kedatangan layanan transportasi online dikala ini, salah satu para pemain di industri transportasi merupakan Taksi Konvensional.

Contoh riset permasalahan: Bila dikala ini terdapat yang mendirikan industri taksi konvensional, apakah dapat diucap startup? Jawabannya tidak, bila mengartikan definisi startup dikala ini. Mengapa tidak diucap startup? Industri tersebut tidak menggunakan teknologi dalam menjalankan core businessnya. Meski industri taksi konvensional tersebut berusia dibawah 5 tahun.

Namun yang lain perihal dengan industri taksi online. Mereka diucap selaku startup sebab memakai inovasi teknologi buat melaksanakan core business mereka. Serta mereka juga berkarakter disruptive! Bisa dilihat dari behaviour warga yang saat ini terus menjadi mengandalkan transportasi online serta mengganti peta game di dunia transportasi secara kilat.

Perbandingan Startup & Online Shop/ Bisnis Online

Sebab euforia startup yang begitu besar, masih banyak yang mengartikan & mendefinisikan suatu online shop ataupun bisnis online alias serba‘. com’ dapat diucap selaku startup. Tetapi realitas perihal tersebut merupakan salah. Definisi startup & online shop sangatlah berbeda.

Meski banyak online shop ataupun bisnis online memakai‘. com’ maupun‘ web’, namun bukan berarti dapat diucap startup lho! Bagi Forbes, Definisi arti startup pula memiliki‘ membongkar permasalahan’ yang terdapat di warga. Semacam transportasi online yang jadi pemecahan di warga buat memesan transportasi kilat, nyaman & aman.

Tips mempermudah mengenali karakteristik– karakteristik industri baru yang dapat disebut industri startup antara lain:

  • Mempunyai usaha industri yang sangat inovatif & disruptive.
  • Mempunyai mobile application untuk menunjang core businessnya.
  • Mengikuti program– program dari investor, semacam akselerator ataupun inkubasi.
  • Mempunyai growth bisnis yang sangat cepat dibandingkan industri– industri yang lain.
  • Masuk pembahasan di media– media yang khusus membahas startup.
  • Masuk jangkauan radar investor.

Nah, jadi bila cuma hanya online shop maupun industri yang mempunyai web‘. com’ buat data industri ataupun produk saja, bukan diucap selaku startup.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*