Bisnis Tanpa Modal yang Cocok Sebagai Pemasukan Tambahan

Saat ini ada banyak orang menjalankan peran double job. Di pagi hari menjadi pegawai kantoran, selepasnya menjalankan bisnis sampingan. Namun ada juga yang menjalankannya secara beriringan karena memang waktu yang dibutuhkan fleksibel. Beberapa dari mereka bahkan menekuni bisnis tanpa modal. Dengan begitu, keuntungannya bukan hanya dari sisi waktu saja, tetapi juga uangnya.

Bisnis tanpa modal ini dapat dijalankan oleh siapa pun, termasuk pegawai kantoran. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan, serta meningkatnya harga beberapa barang, mau tak mau pemasukan tambahan diperlukan. Jika sedang menghadapi kondisi yang sama, mungkin perlu mencoba beberapa bisnis di bawah ini:

1. Menjadi Freelancer

Ini salah satu profesi yang banyak digeluti untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada macam-macam pekerjaan freelance yang bisa ditekuni, misalnya menjadi penulis SEO di sebuah jasa penulis artikel, penerjemah, graphic designer, atau admin media sosial. Hanya saja untuk beberapa pekerjaan freelance ini dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar tidak mengganggu jam kerja kantor serta tetap memenuhi deadline proyek.

2. Menjadi Reseller Makanan

Beberapa kantor menyediakan kantin atau koperasi bagi karyawannya. Biasanya di sana terdapat etalase atau tempat menjual makanan. Ini bisa dimanfaatkan untuk menitipkan jualan makanan ringan. Tidak perlu membuat makanan sendiri, cukup ambil dari si pembuat dan dijual kembali di sana. Margin dari harga beli awal dan harga jual ini lah yang akan menjadi keuntungannya.

3. Online Tutor

Beberapa orang meski sudah menjadi pegawai ada yang masih memiliki passion untuk mengajar. Mungkin sulit membagi waktu antara jam kantor serta menjadi guru. Namun dengan perkembangan teknologi, serta tren belajar yang mulai bergeser, bisa mendaftar sebagai online tutor. Para pengajar ini hanya butuh merekam video tentang sebuah materi, atau mungkin jika dibutuhkan konsultasi langsung pun dapat dilakukan melalui chat atau video call.

Ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis tanpa modal. Selama ada kemauan dan berpikir lebih kreatif, maka segala sesuatu bisa diubah menjadi uang. Kunci lainnya adalah tidak menutup diri dan terbuka terhadap segala perubahan. Karena mungkin saja peluang itu diciptakan bukan memanfaatkan dari yang sudah ada sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*