Cara Membuat Abon Dari Daging Sapi

cara membuat abon dari daging sapi

Pada artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat abon dari daging sapi dan caranya mudah sekali sehabis membaca artikel ini anda sudah bisa membuatnya sendiri dirumah.

Cara Membuat Abon Dari Daging Sapi

cara membuat abon dari daging sapi

Abon sapi biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Selain karena rasa keringnya yang sangat gurih khas dari daging sapi, abon sendiri lebih awet. Abon juga bisa menjadi lauk pauk.Tapi pada artikel kali ini khusus kita hanya membahas mengenai abon sapi saja.

Coba kita bayangkan perpaduannya dengan berbagai bumbu lainnya yang menjadikan rasanya tidak hanya gurih namun juga manis dan membuat rasa ketagihan tentunya.Mari ikuti cara membuat abon sapi kering sederhana supaya lebih aman & bersih dengan resep mudah ini.

1. Resep Membuat Dari Daging Abon Sapi Kering Sederhana

Mari kita lihat cara membuat abon dari daging sapi kering sedernahana berikut ini.

Bahan – Bahan :

  • 500 g daging sapi
  • 750 ml air bersih
  • 2 lembar daun jeruk
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sdm kecap bango manis
  • 1.5 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 2 sdm minyak
  • Minyak goreng

Bumbu Halus

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm serai

Baca juga artikel mengenai Resep Kue Kering Lebaran Unik dan Cantik

2. Resep Membuat Abon Dari Daging Sapi Kering

Bahan-Bahan :

  1. 1 kg daging sapi tanpa lemak
  2. 2 bks santan kara yang kecil
  3. 5 bh bwg merah
  4. 3 bh bwg putih
  5. 1 sdt merica bubuk
  6. 1 sdt ketumbar bubuk
  7. 3 cm kunyit
  8. 3 cm jahe
  9. 2 sdm garam
  10. 5 sdm gula pasir
  11. 2 sdm minyak goreng
  12. secukupnya air
  13. 2 sdm gula merah

Cara Membuat Abon Dari Daging Sapi :

  1. Panaskan air menggunakan panci untuk merebus daging sapi. Jika ingin lebih empuk gunakan panci presto jika ada.
  2. Rebus daging sapi sampai empuk, kemudian tiriskan.
  3. Setelah daging tumbuk, kemudian diamkan daging sampai tidak panas kemudian suwir” daging sapi menggunakan garpu, seperti di sisir sesuai arah alur dari serat dagingnya.. Kemudian di tumbuk sampai mengembang.
  4. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar dan merica. Setelah halus kemudian tumis menggunakan minyak goreng hingga ber aroma harum.
  5. Kemudian masukan air, santan, garam, gula pasir, gula merah, dan daging. Masukan airnya kurang lebih sampai daging terendam semua. kemudian sesuaikan dengan selera, jika ingin menambahkan penyedap bias saja.
  6. Tunggu sampai air agak berkurang, sesekali di aduk agar tidak gosong. Setelah air berkurang. Kecilkan api, kemudian aduk terus sampai benar – benar kering dagingnya. Terus  aduk dagingnya Karena jika didiamkan daging akan banyak menempel di dasar wajan. Setelah kering angkat wajan dr kompor dan tetap di aduk sampai tidak panas. Setelah abon dingin masukan dalam kemasan dan tutup rapat.

Cara Memilih Daging Sapi Segar

  1. Warna daging sapi yang bagus atau tidaknya dapat dilihat warna dagingg sapi itu sendiri, jika daging masih berwarna merah segar itu tandanya berarti daging sapi masih segar. tetapi jika Warna daging yang sudah pucat dan tidak ada jus atau cairan alami yang keluar menandakan bahwa daging memiliki kualitas yang kurang baik dan sudah lama terpapar udara luar.
  2. Bau daging yang sudah tidak segar akan tercium anyir dan sangat amis. Namun, daging sapi yang memiliki bau sedikit prengus khas sapi sangat wajar.
    dari baunya. Daging segar bisanya mengeluarkan bau yang normal khas sapi. beberapa chef menyarankan untuk tidak membeli daging sapi yang baunya sangat menyengat dan amis.
  3. Tekstur daging tidak lembek
    Daging sapi yang lembek artinya sudah tidak berkualitas baik lagi. Namun, daging sapi yang mengeluarkan air seperti darah itu termasuk daging sapi yang segar. Sebab, air yang menyerupai darah pada sapi bukanlah darah melainkan sari dari daging tersebut. Pilih daging yang disentuh langsung cepat kembali ke bentuk awal.

Itu dia cara membuat abon dari daging sapi dan bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian sedang mencari cara membuat abon dari daging sapi , dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman, sahabat atau saudara ya.

Agar semakin banyak orang – orang mahir membuat sajian cara membuat abon dari daging sapi , agar semakin banyak orang menikmati sajian kopi hitam. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan resep – resep yang menarik lainnya…!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*