Cara Membuat Peyek Kacang yang Renyah dan Anti Gagal

cara membuat peyek kacang

Halo sahabat yang ambis, selamat datang kembali ke artikel ambis scape ini melalui pembahasan baru yaitu Cara Membuat Peyek Kacang yang Renyah dan Anti Gagal. Cara membuat masakan ini sebenarnya sangat istimewa dan sangat cocok sebagai camilan yang enak dan mudah dibuat. Makanan tradisional ini tidak hanya menjadi sajian yang enak, tapi juga sajian yang istimewa. Selain itu biasanya juga bisa dibuat kerupuk pecel.

Seperti yang lain katakan sebelumnya, Mimin bakalan membahas tentang cara membuat Peyek kacang yang nikmat lainnya dan juga pasti hasilnya berhasil. Rasa dari Paya merupakan Gurih dan juga rasanya enak. Peyek bisa dijadikan camilan maupun lauk pauk  ketika kita makan. karena 

Peyek merupakan snack sekaligus pendamping makanan pokok yang pastinya fleksibel dan sangat cocok nikmati dengan cara apapun dan bagaimanapun. Rasa dari Peyek cenderung Gurih, asin, dengan Teksturnya yang renyah sempurna akan menjadikan kayak lebih nikmat dan juga memikat selera kita.

Peyek merupakan makanan yang berbentuk seperti kerupuk, tipis, Teksturnya Gurih, dan rasanya cenderung asin serta memiliki Citarasa tepung yang khas. Biasanya disajikan bersama nasi pecel dan juga sayur mayur yang tentunya menyegarkan. 

Peyek biasanya kita temui di pedagang pecel, pedagang kerupuk, dan juga di pasar pasar khususnya wilayah Jawa. Biasanya Peyek disajikan dengan nasi pecel yang memiliki bumbu kacang Yang manis. Perpaduan keduanya antara rasa dan manis akan menyebabkan rasa yang sangat nikmat dan khas

Peyek lebih enak ketika kita memakan nya dalam kondisi hangat. Karena pada dalam kondisi hangat kayak masih hanya dan juga rasanya pastinya lebih enak. Rakyat merupakan makanan khas dari Jawa yang kini ketenarannya sudah menyebar hingga ke seluruh Penjuru negeri.

Peyek atau rempeyek merupakan makanan pependamping dalam kelompok makanan yang diolah dengan penggorengan. Biasanya renyah kacang adalah adonan kental yang dibentuk dengan mencampurkan bihun goreng dengan air, kemudian ditambahkan isian yang unik, biasanya kacang tanah atau biji kedelai, setelah dibumbui.

Cara Membuat Peyek Kacang

Rempeyek adalah salah satu kuliner di pulau jawa. Jenis makanan ini, termasuk makanan pendamping seperti biskuit dan kerupuk. Oleh karena itu, istilah “peanut crisp” atau kerupuk kacang (rempeyek) mengacu pada gorengan yang diekstrak dari tepung terigu, yang dapat dikentalkan dengan cara dicampurkan dengan sedikit air, kemudian ditambahkan bumbu, terutama bawang putih. Karena berfungsi sebagai pengikat, tepung ini digunakan untuk menambah isian agar lebih enak. Isiannya bisa berupa kacang tanah atau kedelai. Bisa juga dalam bentuk bahan hewani, seperti udang, udang, lobster. Biasanya dimakan sebagai pendamping sup, pecel atau gado gado
Peyek kacang merupakan salah satu makanan di Jawa khususnya di Yogyakarta. Menurut “Sejarah Islam Mataram” yang ditulis oleh De Graaf pada abad ke-16, kuliner ini sudah ada di Jogja. Alkisah, Rutan Ki Ageng penahanan pindah dari Surakarta ke markas Mentaok. Saat hendak masuk Kotagede, Ki Gede Karanglo menjemputnya di tepi sungai Opak. Kemudian selama beristirahat di rumah Ki Gede Karanglo. Hidangannya adalah bihun, bubuk sayur, dan kacang renyah. Bisa dilihat, kerupuk kacang jenis ini sudah ada di Jogja sejak lama.

Bahan Peyek Kacang

  • 120 gram tepung tapioka atau kanji atau sagu;
  • 2 sendok makan ketumbar;
  • 160 gram tepung beras;
  • 120 gram kacang tanah, iris menjadi 3 bagian;
  • 86 ml santan kental;
  • 2 senti meter kunyit;
  • 4 lembar daun jeruk, iris halus (optional);
  • 1 gelas air;
  • setengah butir telur ayam yang di kocok lepas;
  • 3 siung bawang putih;
  • setengah senti meter kencur (opsional);
  • garam secukupnya saja;
  • 4 biji kemiri.

Langkah-Langkah Membuat Peyek Kacang

Banyak wilayah nusantara yang memiliki masakan renyah kacang tanah, dengan variasi yang beragam terutama kandungannya. Oleh karena itu, jika kita mengonsumsi 100 gram keripik kacang maka kandungan gizi kacang keripik mengandung 513 kalori, 17,5 gram protein, 44,3 gram karbohidrat, 32,5 gram lemak, 65 mg kalsium, 202 mg fosfor dan 2 jenis zat besi. 6 mg. Oleh karena itu sajian peyek kacang ini sangat beragam dan jenisnya juga bisa berbeda beda di setiap daerah meskipun memiliki nama yang sama.


Selain itu, rempeyek juga mengandung 0 IU vitamin A, 0,1 mg vitamin B1 dan 0 mg vitamin C. Padahal, udang juga kaya akan protein dan vitamin serta mineral. Selenium pada udang dapat digunakan sebagai antioksidan yang disebut astaxanthin, yang dapat mengurangi peradangan atau mengurangi pendorong terjadinya penuaan dini. Oleh karena itu selain enak juga memiliki kandungan yang ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh

Untuk cara membuat lupis ketan yang mudah dan istimewa sobat bisa perhatikan langkah langkah berikut dibawah ini :

  1. siapkan semua alat dan bahan
  2. Campur tepung beras dan tepung tapioka. Kemudian masukkan bubuk bumbu dan telur kocok.
  3. Tuangi santan dan siram sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, sehingga Anda dapat mengubah jumlah air yang ditambahkan ke adonan sesuai selera.
  4. Tambahkan kacang dan daun jeruk, lalu bumbui dengan garam. Aduk rata
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu masukkan adonan ke dalam kurang lebih 1 sendok makan. Tuang di pinggiran penggorengan agar mengeras.
  6. Taburkan sedikit minyak panas pada pinggiran wajan hingga keluar dari tepi wajan. Setelah itu goreng hingga semua bagian peyek berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  7. keringkan minyak yang menetes dan simpan item di wadah kedap udara.
  8. Beginilah cara membuat peyek renyah dan enak dengan santan. Anda bisa mengganti topping kacang tanah lainnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, ikan teri kering atau kacang yang diiris tipis.

Dalam proses pembuatan peyek kacang kita harus mencampukan adonan dengan rata dan pas agar rasa gurihnya pas sempurna. Sobat bisa menggunakan mixer roti yang sangat cocok digunakan mencampurkan segala macam adonan dengan merata.

Tentang Peyek Kacang

Peyek atau keripik kacang sering digunakan sebagai pelengkap nasi. Namun, kentang goreng gurih ini kemudian dijual dalam paket tersendiri sebagai pelengkap makanan atau camilan lainnya. Harganya sama sekali tidak mahal, karena bahan dan pembuatannya tidak ribet. Bagi yang ingin menggunakan atau menjual peyek untuk dirinya sendiri bisa menyimak cara pembuatannya diatas Biasanya peyek dibuat dari campuran santan agar lebih renyah. Namun, jika bahannya benar, peyek tanpa santan juga akan garing. Hanya saja rasa asinnya berbeda.

Kini, keripik kacang atau peyek dibungkus plastik dan bisa dibeli di setiap restoran. Untuk membungkus produk sobat, sobat bisa menggunakan alat pres plastik yang optimal dan awet sob. Selain kerupuk atau peyek goreng, bisa juga digunakan sebagai cemilan yang menggoda.

Namun, banyak juga orang yang makan peyek kacang atau makanan ringan yang renyah. Kerenyahan peyek membuat ketagihan banyak orang dan hanya bisa dihentikan bila semua peyek sudah dimakan dan tidak ada sisa makanan. Peyek juga bisa dijadikan makanan ringan untuk mengurangi stres saat kemacetan di jalan raya.

Awalnya peyek merupakan sajian yang terbuat dari tepung kemudian digoreng, kemudian kini peyek sudah bisa dinikmati dengan berbagai macam sajian dan berbagai macam cara pengolahan. Bahkan sudah ada brand atau merek tersendiri untuk sajian peyek

Oke, sobat, cukup untuk artikel ini, dan itu berakhir di sini. Jika kata yang  salah, mimin akan minta maaf untuk itu. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*