Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi

Sistem absensi yang mengandalkan fingerprint memang cukup banyadigunakan oleh perusahaan. Karena terbilang cukup praktis pemakaiannya, cukup dengan menempelkan jari saja sudah langsung terdeteksi secara realtime. Selain pertimbangan kemudahan untuk menggunakan absensi ini, sebenarnya ada banyak hal lainnya yang patut untuk dipertimbangkan sebelum Anda menggunakan sistem absensi berbasis sidik jari ini, berikut diantaranya, yaitu:

  1. Praktis atau tidak, cara menggunakan fingerprint untuk absensi memang praktis hanya tinggal mengarahkan jari ke bagian alat yang dapat mendeteksi sidik jari. Hanya saja harus datang ke kantor atau tempatnya secara langsung. sedangkan mungkin karyawan yang ada di luar kantor, seperti diantaranya tengah melakukan tugas dinas dan sebagainya tidak bisa mengaksesnya.
  2. Biaya, biaya termasuk pertimbangan yang tak kalah penting, apalagi pada dasarnya alat yang harus dibeli untuk bisa menggunakan sistem absensi yang satu ini juga tidak bisa dikatakan murah. Sehingga patut untuk menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan tentunya.
  3. Perawatan, karena memang menggunakan alat atau sebuah mesin, pastinya ada beban biaya lainnya yang harus dipertimbangkan, yaitu untuk perawatannya tersebut. Karena jika seandainya alat atau mesin tersebut mengalami kerusakan, maka secara otomatis Anda juga harus menyiapkan sejumlah uang guna melakukan perbaikan tersebut atau bahkan menggantinya dengan yang baru.
  4. Keamanan sistem, absensi yang satu ini memang banyak digunakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecurangan karyawan ketika jam masuk dan juga keluar kerja. Apakah sudah benar-benar terjamin bahwa absensi yang satu ini tidak dapat diakali ataukah tidak, ini juga patut menjadi pertimbangan tersendiri. Sehingga tidak rugi sudah keluar banyak biaya, namun ternyata masih tetap bisa diakali.

Cara menggunakan fingerprint untuk absensi ini memang biasanya diberlakukan pada sistem dalam perusahaan yang memang mengharuskan setiap karyawan datang secara langsung ke kantor. Sedangkan di zaman sekarang ini kebanyakan karyawan bekerja dari rumah atau dengan mengandalkan sistem WFH. Tentunya kurang cocok jika masih menggunakan absensi berbasis fingerprint tersebut bukan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*