Pengertian Buku Besar Akuntansi

pengertian buku besar akuntansi

Apa yang terlintas di pikiran orang-orang saat ditanya apa itu buku besar ? bagi yang tidak berhubungan dengan akuntansi akan banyak yang mengira jika buku besar adalah buku raksasa yang membosankan hhe

Meskipun buku besar, bukan diartikan sebagai buku yang sangat besar ukurannya dan bisa menyimpan berbagai macam informasi. Buku besar jadi bagian penting dari system akuntansi dan bisnis yang besar dan jika boleh, bisa kita katakan kompleks.  

Pengertian Buku Besar

Dalam istilah yang paling sederhana, definisi buku besar adalah catatan lengkap dari semua transaksi keuangan perusahaan. Buku besar memegang semua informasi yang diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan dan termasuk aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan pengeluaran.

Dari semua akun dan jurnal yang termasuk dalam aktivitas akuntansi seperti hutang dagang, piutang dagang, jurnal kas masuk, jurnal penyesuaian dan masih banyak lagi. Pada masing-masing jurnal tersebut menyimpan semua bagian dan informasi keuangan perusahaan secara lengkap.

Buku besar mengambil ringkasan bulanan semua jurnal ini untuk membuat satu dokumen keuangan “gambaran besar”. Dan dari buku besar itulah semua laporan keuangan dihasilkan: hal-hal seperti laporan Laba & Rugi perusahaan, dan neraca perusahaan.

Sumber : akuntansilengkap.com

Sebelum menjamurnya perangkat lunak (software) untuk membantu pencatatan akuntansi secara komputerisasi, buku besar dapat membantu Anda memeriksa kesalahan dan memastikan bahwa masing-masing jurnal Anda sudah benar, dan dengan demikian, bahwa laporan keuangan Anda juga benar dan dapat diandalkan. Jika Anda menyimpan semua buku dengan tangan di atas kertas fisik, buku besar adalah suatu kewajiban.

Tetapi, karena kemajuan teknologi saat ini banyak penyedia software akuntansi yang sangat bagus. Ini memungkinkan laporan keuangan dan buku besar perusahaan sangat mudah untuk dikelola.

Selama Anda memasukkan setiap transaksi (hutang atau kredit, uang tunai atau lainnya) maka perangkat lunak menangani porsi buku besar umum, periksa ulang pekerjaan akuntan dan dapat menghasilkan hampir semua laporan yang perusahaan butuhkan! Tidak ada lagi mentransfer nomor dari jurnal ke buku besar ke laporan!

Jadi untuk menjawab pertanyaan, “Apakah perusahaan memerlukan buku besar untuk mengatur bisnisnya?”, Jawaban singkatnya adalah ya. Dan itu semua akan memerlukan perhatian ekstra dari seorang akuntan dan pemakai informasi akuntansi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*