Tips Memulai Bisnis Laundry Dengan Modal Terbatas

bisnis laundry

Bisnis Laundry – Di zaman yang serba canggih saat ini masyarakat selalu dimudahkan dalam urusan apapun, mulai dari pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang bersifat primer sampai tersier. Semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi membuat masyarakat diuntungkan dengan berbagai kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari hari seperti bekerja, bermain, belajar, bahkan berbisnis sekalipun.

bisnis laundry

Bisnis yang cepat berkembang adalah bisnis yang benar benar menawarkan solusi atas keresahan dan permasalahan terutama di sektor rumah tangga dan contohnya adalah bisnis laundry.

Bisnis Laundry ini memudahkan masyarakat dalam mencuci sampai menyetrika pakaian, selimut bahkan karpet.

Laundry merupakan kebutuhan yang sangat membantu khususnya bagi para mahasiswa, pekerja kantoran, wanita karir bahkan ibu rumah tangga yang sibuk sekalipun. 

Inilah yang menyebabkan laundry merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena mengerti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Untuk memulai bisnis laundry ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain :

1. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Jika anda ingin membuka usaha laundry di rumah pastikan rumah anda terletak di tempat yang strategis yaitu dekat dengan keramaian baik pasar, sekolah, kantor dan tempat potensial lainnya. 

Namun bila rumah anda berada jauh dari pemukiman dan keramaian, ada baiknya jika anda menyewa tempat yang cukup strategis untuk menjalankan usaha laundry anda.

Perlu diingat hindari membuka usaha laundry yang berdekatan dengan kompetitor guna menghindari terjadinya perselisihan.

1

2. Izin Usaha Sebagai Legalitas Yang Sah

Bila anda ingin membuka usaha apapun, baiknya anda terlebih dahulu memiliki izin operasional untuk bisnis anda.

Dengan adanya izin usaha dari pihak berwenang anda akan lebih leluasa dalam menjalankan usaha anda juga sebagai bahan pertimbangan atas kepercayaan konsumen yang menggunakan jasa anda.

3. Menghitung dan Membeli Peralatan Laundry

Memiliki perhitungan terhadap bisnis laundry yang akan dijalankan adalah penting, gunakan perhitungan yang matang dalam mengambil setiap keputusan untuk membuka suatu bisnis. Setelah itu kemudian belilah peralatan yang dibutuhkan untuk operasional laundry seperti :

  1. Mesin Laundry
  2. Mesin Pengering
  3. Setrika Uap
  4. Tag Gun
  5. Hanger
  6. Pewangi & Pelembut
  7. Dll.
2

4. Promosi 

Bila anda sudah siap menjalankan usaha laundry, maka hal yang tidak kalah penting adalah strategi marketing yang baik dalam hal ini adalah promosi.

Untuk menarik pelanggan baru anda bisa melakukan promosi pada saat Grand Opening, membuat pamflet yang akan dibagikan di lingkungan sekitar tempat usaha laundry anda atau promosi menggunakan sosial media seperti instagram, facebook dan website.

5. Atur Keuangan Dengan Baik

Mengatur pemasukan dan pengeluaran bisnis sangatlah penting demi mengimbangi kemajuan usaha. Sebagai pemilik usaha, anda harus tahu berapa uang yang masuk dan berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan per bulannya.

Semua ini termasuk biaya perawatan dan kelengkapan usaha seperti anggaran listrik, packaging, upah karyawan (jika ada), dan jasa antar.

Pastikan untuk selalu mencatat transaksi setiap bulannya untuk mengurangi risiko kebocoran biaya.

Apabila anda merasa kewalahan, pekerjakan seorang akuntan untuk memantau anggaran perbulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*