Rano Karno Sebut Kecintaan Megawati Terhadap Alam Tidak Tertandingi

Mantan Gubernur Banten, Rano Karno mengatakan bahwa Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan kadernya untuk tidak pernah menumbalkan hutan demi pembangunan. 

Rano bercerita bahwa dirinya pernah mendapat wejangan dari Megawati supaya mengedepankan kebijakan lingkungan dalam pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu dalam acara peluncuran buku Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam, pada hari Rabu (24/3).

Rano Karno Sebut Kecintaan Megawati Terhadap Alam Tidak Tertandingi

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini penjelasan Rano Karno terkait Megawati Soekarnoputri yang begitu cintanya kepada alam :

1. Rano Menyebut Tidak Ada Orang Yang Cintanya Kepada Alam Melebihi Megawati

Menurut Rano, berdasarkan interaksi di dunia politik atau bahkan sepanjang perjalanan hidup selama ini, dirinya baru kali ini berani menyebut bahwa tidak ada orang yang cintanya kepada alam melebihi Megawati. 

Rano berkata, tidak hanya sekedar slogan namun dalam berkali kali interaksi, ibu Megawati menjadi guru sekaligus penyimak yang tekun dalam bertukar kisah seputar lingkungan yang hijau. Dan tentang bumi yang perlu dirawat hingga batas terjauh. 

Rano juga menilai kebijakan partai yang mengedepankan visi Megawati itu untuk mencintai alam. 

2. Rano Mengisahkan : Megawati Pernah Menuturkan Kegelisahannya Tentang Pembangunan Yang Kerap Tidak Ramah Lingkungan

Rano mengisahkan bahwa Megawati pernah menuturkan kegelisahannya tentang pembangunan yang kerap tidak ramah lingkungan dibanyak kota. Kala itu ketika Rano masih menjabat sebagai gubernur, ibu Megawati sempat mengatakan jangan sampai pembangunan menumbalkan hutan dan menghancurkan apa apa yang telah dianugerahkan Tuhan. 

3. Rano Menilai Megawati Selalu Mengajarkan Betapa Bumi Mampu Menjaga Kelangsungan Serta Peradaban Manusia

Rano menilai ibu Megawati tidak henti hentinya mengajarkan betapa bumi kita ini mampu menjaga kelangsungan serta peradaban manusia. Oleh karena itu, sudah seharusnya manusia juga menjaga kelestarian alam juga lingkungan. 

Rano masih ingat bagaimana saat banyak pihak yang absen pada peringatan Hari Bumi, justru Megawati tergerak turun untuk menunjukkan kepeduliannya dan dilaksanakan dalam cara paling sederhana, namun terasa begitu mewah bersama rakyat. 

Pungkas Rano, dengan cara yang rendah hati ibu Megawati tidak ingin hanya sekedar menyuguhkan kata kata saja. Namun Megawati telah memberikan keteladan penting lewat sikap serta tindakan nyata bahwa tanpa kesediaan merawat alam, manusia tidak berarti apa apa. 

4. PDI Perjuangan Meluncurkan Buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarno Putri Melestarikan Alam”

PDI Perjuangan memang telah meluncurkan buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam”, pada hari Rabu (24/3). Buku tersebut mengisahkan pengalaman Presiden Kelima RI tersebut dalam menjaga bumi.

Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan mengatakan bahwa diluncurkannya buku tersebut untuk dijadikan panduan oleh seluruh kadernya dalam membangun kultur partai merawat sungai, membersihkan lingkungan, serta menanam tanaman.

Hasto berkata, berpolitik itu merawat kehidupan dan membangun peradaban. Dengan lingkungan hidup yang indah, asri, juga bersih, dapat menciptakan rasa syukur. 

Menurut Hasto, buku tersebut menggambarkan perhatian megawati soekarno putri yang begitu besar terhadap gerakan menjaga lingkungan hidup. 

Hasto menjelaskan, jalan menanam bagi Megawati merupakan jalan kehidupan, dipenuhi nilai welas asih, tradisi kontemplasi, sekaligus jalan menjaga bumi dengan menyediakan oksigen bagi kehidupan. 

Hasto juga menjelaskan PDI Perjuangan sudah menggelorakan gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan sejak setahun lalu. Didalam program tersebut ada gerakan menanam tanaman pendamping beras. 

Hasto menilai jika pihaknya menyadari kalau Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman makanan sehingga bisa berdikari dalam kebutuhan pangan rakyat Indonesia. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*