Batu Akik Tak Jadi Kekasih Rakyat Nusantara

Batu Akik Tak Jadi Kekasih Rakyat Nusantara

Pusat jual beli batu akik di Jakarta Gemstone Center (JGC), Rawa Bening, Jakarta Timur. Itu terlihat sepi. Di koridor di lantai dasar hanya ada segelintir pedagang yang membuka toko. Mereka menjual berbagai jenis batu akik dan aksesoris.


Pasar, yang dikenal sebagai Pasar Rawa Bening, berspesialisasi dalam penjualan semua jenis batu akik dan perhiasan, seperti emas dan perak. Di masa lalu, ketika batu akik masih luar biasa, level JGC 3 ini pernah menjadi tujuan favorit bagi pemburu batu akik karena termasuk semua koleksi. Namun, sekarang bisnis batu akik telah menurun. Agat, Jani (43), pemilik Batu Antik di lantai 1 JGC. (kumparan.com) Rabu (8/11) mengeluhkan omsetnya yang terus menurun dibandingkan 2014. Saat ini tidak ada hari penghasilan.“Di masa lalu, ketika saya sedang naik daun, saya bisa mendapatkan 25 juta rupee per minggu tahun lalu. Kadang saya bisa melakukannya ketika tidak ada yang bisa dijual, ”kata Yani dengan tegas.

Baca Juga :
Batu Akik Semarang
batu ruby star berkhodam afrika

Menurut Yani, penurunan omset hingga 70% bisa disebabkan oleh banyak faktor. Karena tren penurunan batu akik, daya beli masyarakat lemah dan meningkatkan penjualan dan pembelian batu akik di Internet. (Online)
“Penjualan online adalah penghalang untuk penjualan. Banyak malas datang ke toko karena mereka lelah, panas dan memakan waktu, ”kata Jani, seorang salesman sejak 2013.Bangunan, yang diluncurkan pada 2010, terlihat sangat sunyi, dan hanya segelintir pedagang yang bisa menghitung. Suasananya panas karena AC menutup jalan mati karena perbaikan.

Penjual lain, Dafizon (47), pemilik Sinar Baru di JGC, mengatakan bahwa pada 2013, banyak orang menunggu di tokonya untuk menemukan pembeli yang kesulitan. Sekarang toko-toko sepi dan banyak pedagang meninggalkan bisnis.“Pada 2013, sebuah toko sewa akan menelan biaya 100 crore rupee per tahun. Biayanya 15 rupee crore. Dengan cara yang berbeda, sementara orang baru tidak bisa masuk. Sekarang banyak pedagang tua dan banyak orang tutup. ” Penjual Dafrison sejak 1987, berkata
Dafrey, yang menjual batu akik, zamrud, bakarat, dan safir, juga menambahkan kategori: sekarang, pembeli batu akik biasanya adalah pengumpul batu dan hobi. Tidak seperti semua orang mulai dari anak-anak hingga usia tua yang mencintai Mora

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*