Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet

Cara Simpan Sayur Agar Awet

Cara Menyimpan Sayuran Agar Awet  – Cara penyimpanan buah dan sayur yang benar akan menentukan kualitas makanan tersebut. Kualitas makanan yang buruk tentu akan mempengaruhi nutrisi Anda. Jika Anda ingin hidup lebih sehat, mulailah dengan penyimpanan buah dan sayuran yang tepat.

Di bawah ini ada beberapa cara jitu menyimpan sayuran. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bagaimana resep membuat kue putri salju yang enak untuk hari raya lebaran.

Cara Menyimpan Sayuran Tahan Lama

Berikut 10 cara menyimpan sayuran agar awet.

1. Pertahankan tingkat kelembaban

Sayur dan buah mengandung air, kandungan ini harus selalu dijaga agar awet dan tidak cepat busuk. Saat buah atau sayuran dipanen, banyak air yang hilang karena penguapan. Oleh karena itu, jagalah kadar airnya dengan cara menyimpannya di dalam plastik berlubang agar tetap bisa bernafas.

2. Jangan simpan di suhu ekstrim

Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan membuat buah dan sayuran kurang tahan lama dan akan cepat busuk. Juga, jika Anda menyimpan sayuran atau buah-buahan di dalam freezer, mereka akan segera rusak setelah pencairan.

Tanda-tanda kerusakan termasuk bintik-bintik coklat pada apel dan kelembutan pada pir. Namun, jika sayur disimpan pada suhu yang sangat tinggi, maka akan menjadi lunak, berkerut, dan layu.

3. Pastikan tetap kering

Jika Anda ingin menyimpan sayuran atau buah-buahan di lemari es, pastikan dalam keadaan kering. Sehingga sebaiknya sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, sayuran jangan dicuci.

Sayuran dan buah-buahan yang lembab tidak akan bertahan lama dan akan cepat rusak jika segera disimpan di lemari es. Namun, saran terbaik adalah tidak mencuci sayuran sebelum memasukkannya ke dalam lemari es.

4.Bungkus sayur dengan kertas

Simpan sayuran dengan membungkusnya dengan kertas. Kertas tersebut dapat menyerap kelembapan berlebih sehingga sayuran tidak cepat busuk. Jika Anda ingin lebih kering, tutup bagian bawah sayuran dengan handuk kertas dan bungkus dengan kertas. Namun, untuk hasil yang maksimal, gunakan mesin vacuum sealer sayuran.

5. Pastikan kulkas bersih

Kulkas yang bersih juga penting untuk menjaga kualitas makanan. Suhu di dalam lemari es juga bisa menentukan ada atau tidaknya bakteri. Idealnya, suhu di lemari es antara 1 dan 4 derajat Celcius.

Jika lebih dari itu dapat menimbulkan bakteri yang akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan. Sedangkan jika lebih rendah akan membekukan sayuran.

6. Ambil sesuai kebutuhan

Jika Anda menyimpan semua sayuran di lemari es dan ingin mengolahnya, ambil hanya yang Anda butuhkan. Anda ingin agar sayuran tidak masuk dan keluar dari lemari es agar lebih tahan lama.

Jika terlalu sering memasukkan dan mengeluarkan sayuran dari lemari es. Kualitasnya tidak lagi baik dan mudah busuk karena sering mengalami perubahan suhu yang berbeda dan cenderung ekstrim.

7. Simpan sayuran dan buah-buahan di tempat khusus

Saat ini terdapat banyak jenis tempat penyimpanan sayuran, buah-buahan dan makanan lainnya yang dapat menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan kedap udara agar sayuran bertahan lebih lama di lemari es.

8. Atur sayuran dengan benar

Menempatkan sayuran di tempat yang benar saat menyimpannya di lemari es dapat membantunya bertahan lebih lama saat disimpan. Pasalnya, suhu dapat berpengaruh signifikan terhadap umur simpan sayuran.

Anda dapat mengatur tingkat suhu lemari es sesuai dengan sayuran yang akan disimpan. Misalnya rak bawah dengan suhu terendah yang ideal untuk menyimpan sayuran, sedangkan rak terdingin dapat digunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi.

Bahan-bahan seperti tomat dan mentimun. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi dan nutrisi serta gizi sayuran meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

9. Bersihkan batang sayuran

Beberapa bagian, seperti sisa daun yang menempel pada batang sayuran, dapat terus melepaskan uap air sehingga menyebabkan kelembapan pada sayuran menjadi tidak terkendali dan menyebabkan sayuran lebih cepat membusuk.

Untuk menghindarinya, Anda bisa memotong dan membersihkan sayuran dari tangkai atau tangkainya sebelum disimpan. Metode ini bekerja dengan baik dengan wortel atau bit.

10 Hindari mencuci sayuran sebelum disimpan

Mencuci sayuran dinilai efektif membuat sayuran lebih bersih dan higienis sebelum disimpan. Namun, mencuci sayuran bisa membuatnya terlalu basah dan mempercepat proses pembusukan.

Anda hanya harus mencuci sayuran saat Anda ingin menggunakannya. Namun, Anda dapat mengecualikan daun bawang dan asparagus, yang terbaik adalah menjaga keduanya sedikit terendam air.

 

Demikianlah cara menyimpan sayuran agar awet yang patut Anda coba di rumah. Penting untuk menjaga stok sayur Anda tetap segar dan awet saat disimpan.

Anda bisa mendapatkan mesin vacuum sealer untuk menyimpan sayuran Anda di Rumah Mesin. Ada banyak mesin dan alat-alat lainnya juga, lho.

cara menyimpan kol di kulkascara packing sayuran agar awetcara penyimpanan sayur dan buah