Ingin Belajar Dasar Python Online? Cobain 7+ Rekomendasi Kursus Gratis Ini

kursus data science
kursus data science

Kalau kamu ingin belajar Python lewat kursus online tapi terkendala biaya, ini adalah artikel yang cocok buatmu!

Ibarat sebelum memakai software berbayar versi full, mengikuti kursus online yang gratis bisa dianggap sebagai versi “trial” yang pas. Ini bagus untuk jadi fondasi sebelum nantinya naik ke level yang lebih tinggi—dan berbayar.

kursus data science
kursus data science

Dengan popularitas Python yang semakin meluas, berarti akan lebih banyak peluang kerja bagi expert bahasa pemrograman ini. Artinya, Python adalah bahasa yang bagus untuk dipelajari jika kamu ingin masuk ke industri teknologi.

Kursus Python online gratis bisa dibilang berisiko rendah (low-risk) buat setiap orang yang memang punya minat dan motivasi untuk terjun di bidang ini. Selain itu, dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lainnya, Python relatif mudah dipelajari.

7+ Rekomendasi kursus python online gratis

Berikut adalah daftar rekomendasi di mana kamu bisa belajar Python online secara gratis! Urutannya berdasarkan abjad, ya…

Codecademy: Learn Python 2

Peserta kursus ini akan mempelajari konsep dasar pemrograman Python, termasuk sintaks, string, fungsi, daftar, dan disctionary. Di dalamnya juga mencakup topik lanjutan seperti lambda expressions, list slicing, pemahaman daftar, serta struktur data.

Coursera: Python for Data Science and AI

IBM menawarkan kursus Python khusus pemula yang berfokus pada data science dan artificial intelligent. Kursus ini merupakan bagian dari persyaratan kalau kamu nantinya ingin mengambil kelas IBM Full-Stack Cloud Developer Professional Certificate dan IBM Data Analyst Professional Certificate on Coursera.

Coursera: Python for Everybody  

Kursus ini dipersembahkan oleh University of Michigan. Para peserta akan diajari untuk menganalisis data dan kode menggunakan Python.

Di sini kamu diminta belajar menulis program yang mengkompilasi, menganalisis, sekaligus memvisualisasikan data.

Kamu belum punya pengalaman sama sekali? Cocok banget nyobain ini. Perkiraan durasinya sekitar delapan bulan kalau kamu menyisihkan tiga jam per minggu.

Educative: Learn Python 3 From Scratch

Dengan durasi lumayan panjang, 10 jam, kursus interaktif ini berisi 75 modul untuk membantumu belajar Python.

Peserta mulainya dengan mempelajari blok dasar Python, seperti tipe data dan variabel, baru kemudian beralih ke topik seperti loop, fungsi, dan libraries. Di kursus ini kamu juga akan diberi tantangan coding (challenges) dan kuis.

freeCodeCamp: Learn Python for Beginner

Rangkaian video berdurasi total empat jam ini mengajarkan konsep inti Python kepada pesertanya. Materi yang dimaksud mencakup: variabel, string, tupel, fungsi, pernyataan if, dan kamus Python. Kamu akan didorong untuk mengikuti coding selagi menonton video.

Google: Python Class

Kelas Python besutan Google ini menyasar mereka yang memiliki pengetahuan dasar pemrograman tetapi masih awam dengan Python.

Kursus ini mencakup video materi, pelajaran tertulis, serta latihan coding. Peserta memulainya dengan belajar tentang string dan lists sebelum pindah ke konsep yang lebih sulit seperti koneksi http, pemrosesan, dan file teks.

Microsoft: Introduction to Python Course

Kursus Python bagi pemula ini mengajarkan pesertanya tentang cara menulis kode Python dasar.

Di dalamnya termasuk mengerjakan coding dengan input dan output konsol serta mendeklarasikan variabel. Kamu akan belajar menggunakan bahasa Python untuk mengeksekusi deretan kode dan membuat aplikasi sendiri.

Udemy: Introduction to Python Programming

Pengantar singkat tentang pemrograman Python ini akan mengajarkanmu tentang dasar-dasar Python sampai akhirnya bisa mulai menulis fungsi dan baris kode sendiri.

Para peserta nantinya diminta mengeksplorasi string, variabel, tipe data, dan sebagainya. Kursus ini mengakomodasi semua orang, bahkan yang tanpa pengalaman pengkodean sebelumnya sekali pun.

Kursus Python online lanjutan

Kalau kamu sudah mengikuti kursus dari daftar di atas, artinya kamu sudah punya modal awal yang lumayan untuk melakukan eksplorasi Python dan data science lebih jauh. Bahkan pintu untuk terjun langsung ke dunia industri data science pun bakal terbuka lebar.

Biar karier data science semakin lancar, biasanya kamu akan diminta untuk memiliki dan menunjukkan sertifikat kompetensi level intermediete maupun advance. Nah, sertifikat ini bisa diperoleh dengan mengikuti kursus maupun bootcamp berkualitas dan diakui—umumnya berbayar.

Di Indonesia, Kelas Data Science dari Bitlabs adalah salah satu pilihan yang patut kamu pertimbangkan.  

Di situ kamu juga akan memperoleh akses kursus interaktif tentang Python secara online, data science, machine learning, dan sebagainya dari para praktisi langsung.

Bahkan, ada pula bimbingan serta akses ke lowongan kerja terkait setelah menyelesaikan program. Lengkap banget ya?  

Jadi, selamat belajar!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*