Cara Membersihkan Mesin Grinder Kopi Agar Tidak Bau

cara membersihkan mesin grinder kopi agar tidak bau

Mesin grinder kopi adalah mesin produksi yang sudah banyak digunakan pada era modern saat ini, seperti yang banyak kita jumpai pada cafe atau coffee shop. Fungsi utama dari mesin grinder kopi ini adalah untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk yang selanjutnya akan diseduh menjadi kopi yang siap untuk disajikan.

Namun yang akan kita bahas saat ini adalah cara untuk membersihkan mesin grinder kopi agar tidak bau. Karena beberapa mesin grinder sangat sensitif entah itu untuk jangka waktu dekat atau jangka waktu panjang. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas hasil kopi yang dihasilkan.

Berikut ini Cara yang Tepat untuk Membersihkan Mesin Grinder Kopi Agar Tidak Bau

Langkah 1 : Lepaskan Wadah Biji Kopi

Beberapa mesin grinder kopi sangat mudah untuk dilepaskan wadah penampungan biji kopi sebelum digiling. Setelah itu Anda membersihkannya sisa-sisa minyak dengan kain lap.

Langkah 2 : Bersihkan Bagian Luar

Selanjutnya lepaskan bagian terluar dari burr, dengan menggunakan bantuan obeng untuk memutar sekrup yang ada pada luar burr. Jika bagian ini sudah terlepas Anda dapat membersihkan sisa-sisa bubuk kopi dengan menggunakan kuas hingga bersih.

Langkah 3 : Bersihkan Bagian Dalam

Setelah Anda melepaskan bagian luar burr, lalu lepaskan burr berbentuk flat kemudian bersihkan dengan kuas. Anda dapat membersihkan sisi lainnya tanpa perlu melepas sekrup yang ada. Untuk beberapa kotoran yang tidak dapat diraih dengan kuas Anda dapat menggunakan tusuk gigi atau cotton bud untuk membersihkannya.

Langkah 4 : Bersihkan Wadah Bubuk Kopi dan Kembalikan

Langkah yang terakhir ini adalah proses pembersihan pada bagian wadah hasil gilingan biji kopi, bagian ini juga dapat mempengaruhi kualitas kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu Anda juga harus membersihkannya hingga bersih dengan menggunakan kuas ataupun kain bersih. Setelah itu kembalikan bagian-bagian yang sebelumnya Anda lepas, dan pasang kembali dengan kuat.

Langkah 5 : Membersihkan dengan Grinder Cleaner

Grinder cleaner berfungsi untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau dengan menggunakan kuas atau kain, cara penggunaan grinder cleaner ini sama seperti ketika Anda menggunakan mesin grinder untuk menggiling kopi. Lalu cobalah untuk menyeduh kopi dan rasakan hasilnya.

Itulah beberapa langkah yang tepat untuk membersihkan mesin grinder kopi agar tidak bau, cara ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun beberapa mesin grinder kopi mungkin memiliki cara yang berbeda untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan bantuan teknisi atau melihat manual book yang diberikan ketika Anda membeli mesin grinder kopi tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*