Cara Membersihkan Water Heater Gas

cara membersihkan water heater gas

Mesin penghangat air atau yang biasa disebut water heater ini memiliki fungsi untuk Anda yang suka malas-malasan mandi pagi. Dengan menggunakan sistem pemanas, mesin ini mampu menghasilkan air hangat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Namun tanpa disadari, bisa saja mesin penghangat air Anda kotor dan mempengaruhi kinerja dari water heater. Tak perlu khawatir, Anda dapat membersihkannya sendiri dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini. Cara ini tidak selalu sama persis, jadi Anda perlu menanyakan beberapa bagian yang mungkin tidak Anda mengerti, kepada toko mesin merek tersebut.

Langkah 1 : Matikan Gas

Jika Anda memiliki pemanas air gas, cari pipa gas yang mengarah ke thermostat dan lampu water heater Anda, putar katup ke posisi off.

Langkah 2 : Matikan Pasokan Air

Katup air biasanya dekat bagian atas dari mesin pemanas air Anda. Anda bisa mematikannya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Langkah 3 : Pembilasan

Nyalakan air panas dalam wastafel atau bak mandi dan biarkan seluruh air mengalir selama proses pembilasan. Hal ini dapat mencegah terbentuknya ruang hampa di garis saat Anda menguras tangki air.

Langkah 4 : Buka Pressure Relief Valve

Ini bukan langkah yang diperlukan, tetapi ini dapat membantu aliran air lebih mudah saat pengeringan dan memungkinkan Anda menguji katup pelepas tekanan. Sebelum membuka keran air pastikan Anda memberi ember terlebih dahulu di bawahnya. Dalam proses ini sangat ditekankan untuk lebih berhati-hati karena air bisa saja sangat panas.

Langkah 5 : Sambungkan Selang Air ke Drainage

Sebelum Anda menyalakan spigot, pastikan ujung selang yang lain mengarah ke dalam ember atau jika pemanas air panas Anda berada di ruang bawah tanah, Anda membutuhkan pompa portabel untuk memompa air keluar dari ruang bawah tanah.

Langkah 6 : Biarkan Hingga Bersih

Biarkan tangki Anda hingga air mengalir jernih dan tidak bercampur kotoran. Jika tangki Anda masih tetap kotor, mungkin Anda perlu menguras sepenuhnya.

Langkah 7 : Siram

Untuk menyiram tangki air, cukup aktifkan keran air yang mengarah ke tangki air Anda. Tunggu beberapa menit hingga air yang mengalir sudah jerni dan tidak terdapat endapan.

Langkah 8 : Lakukan Pembersihan

Setelah air sudah benar-benar jernih dan tidak terdapat endapan atau kotoran. Kini saat untuk memasang mesin pemanas air ke posisi semula.

Beberapa langkah di atas juga dapat dilakukan pada mesin pemanas air elektrik, Anda hanya perlua menemukan kotak pemutus aliran listrik dan mematikan sakelar yg menghubungkan listrik ke water heater.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*