Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Air Pembuangannya Tidak Keluar

cara memperbaiki mesin cuci yang air pembuangannya tidak keluar

Mesin cuci merupakan teknologi modern yang sudah banyak digunakan pada kehidupan rumah tangga saat ini, dengan adanya mesin cuci lebih dapat menghemat waktu dan tenaga Anda, sehingga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lainnya.

Mungkin sudah banyak dari Anda yang pernah mengalami hal ini, yaitu air pembuangan pada mesin cuci yang tidak dapat mengeluarkan air. Salah satu penyebab pasti dari masalah air pembuangan yang tidak keluar ini adalah sumbatan.

Berikut ini Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Air Pembuangannya Tidak Keluar

Langkah 1 : Sebelum Anda mencoba untuk memperbaiki sendiri masalah ini, bacalah buku panduan atau manual book yang diberikan oleh toko mesin ketika Anda membelinya. Pahami beberapa ciri-ciri dan penyebab kerusakan yang terjadi pada mesin cuci Anda.

Langkah 2 : Selanjutnya, periksa selang pembuangan air dengan melepas selang yang ada pada bagian belakang mesin cuci. Berikan air bagian dalam selang dengan air bertekanan tinggi. Hal ini berfungsi untuk membersihkan dan mengecek apakah ada kebocoran atau sumbatan pada selang.

Langkah 3 : Jika hal di atas belum cukup untuk memperbaiki masalah pada mesin cuci Anda. Bersihkan pompa, umumnya pompa terletak di bagian belakang untuk mesin cuci bukaan atas, dan pada bagian depan di bawah pintu untuk mesin cuci bukaan depan.

Langkah 4 : Setelah Anda menemukan pompa, di dalamnya ada bagian bulat dengan pegangan berbentuk oval di bagian tengah. Lepaskan saringan dengan memutar pegangan lalu bersihkan saringan hingga tidak ada benda atau kotoran yang tersangkut pada kipas pompa, dan bilas sebelum Anda memasangnya kembali.

Setelah Anda mencoba melakukan beberapa langkah di atas, jalankan proses bilas atau spin mesin cuci seperti pada normalnya. Jika hal ini tidak memberikan perubahan pada mesin cuci Anda. Kemungkinan hal ini disebabkan karena kerusakan komponen yang mengharuskan Anda untuk menggantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*