Cara Memperbaiki Rice Cooker yang Tidak Mau Panas

cara memperbaiki rice cooker yang tidak mau panas

Rice cooker atau yang biasa disebut penanak nasi ini sebagai mesin pengolah makanan yang diandalkan dalam proses memasak nasi di kehidupan sehari-hari, sangatlah menyebalkan jika lambat dalam proses pengolahannya, hal ini biasanya disebabkan karena panas yang dimiliki rice cooker sudah tidak optimal.

Penyebab masalah ini terjadi pada rice cooker Anda adalah sekring termal yang putus atau sudah tidak memiliki kinerja yang optimal lagi. Untuk mengetahui kerusakan ini Anda dapat melakukan beberapa pengecekan sebelum menggantinya dengan yang baru.

  • Periksa dan pastikan komponen lain dari rice cooker Anda seperti, saklar, sambungan kabel, konektor listrik, dan magnetik temperature switch masih normal.
  • Bersihkan sebelum Anda mengembalikannya kembali ke posisi semula.
  • Cek apakah tuas dan pegas masih bisa bekerja dengan baik, dengan menguji apakah rice cooker Anda dapat berpindah ke mode cook secara otomatis ketika nasi sudah diletakkan di posisi memasak.
  • Selanjutnya Anda juga bisa mengecek elemen pemanas dengan menggunakan multimeter, jika jarum pada multimeter berada pada posisis X1 itu berarti elemen pada rice cooker Anda sudah tidak bisa digunakan. Jika dari beberapa cara berikut tidak ditemukan masalah dan rice cooker Anda tetap saja tidak mau panas, Anda bisa langsung mengganti sekring termal dengan membeli komponen barunya pada toko mesin merek tersebut, sehingga memiliki type dan jenis yang sesuai.

Berikut Cara untuk Mengganti Sekring Termal

  1. Pertama bongkar bagian body rice cooker dengan melepaskan baut-baut yang ada. Berhati-hati ketika Anda melepasnya, agar tidak ada komponen yang putus.
  2. Lepaskan sekring termal. Biasanya komponen ini menempel pada body tabung tempat nasi pada rice cooker. Sekring termal ini biasanya  terbungkus dengan isolator, hal ini bertujuan agar tidak ada aliran listrik yang dapat membahayakan penggunanya.
  3. Lepaskan sekering termal dari baut-baut pengikatnya, kemudian keluarkan dari dalam isolator tanpa merusak isolator dan sekringnya.
  4. Lalu pasang sekring termal yang baru ke posisi semula dengan benar dan posisi yang sama persis dengan sebelumnya. Pastikan isolator terpasang dengan benar seperti semula, agar tidak membahayakan Anda ketika menggunakannya.
  5. Lalu kembalikan body yang sudah dilepas seperti semula, dan pasang baut-baut dengan kuat agar tidak terlepas.

Itulah beberapa langkah dalam cara memperbaiki rice cooker yang tidak mau panas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*