HandBrake, Aplikasi Convert dan Kompres Video yang Bisa Kamu Coba

Bagi kamu yang suka video dan ingin mengutak atiknya atau memperbesar maupun memperkecil bisa dilakukan dalam sebuah aplikasi tambahan atau software. Pasti kamu pernah memikirkan bahwa video yang kamu tonton terlalu besar ukurannya atau kualitasnya terlalu jelek.

Sehingga pengkonversian dan pengkompresan video sangat periu dilakukan. Dalam rubrik ini akan ada satu aplikasi yang dibahas dan disarankan untuk menggunakannya, yaitu Handbrake.

Handbrake adalah suatu aplikasi yang mana bisa mengkonversi video sekaligus bisa mengkompres video dengan hampir semua format seperti wmv., mkv., mp4., dan lain-lain. Aplikasi ini gratis sehingga bisa kamu gunakan sewaktu-waktu jika kamu butuh.

Aplikasi Handbrake dapat menghemat kuota internet jika kamu sering mengkompres video dan diupload ke platform media sosial. Ukuran video terbesar yang pernah dicoba oleh pengguna adalah 2 GB. Saat melakukan pengkompresan menjadi 51 MB. Hebat kan?. hebat sekali.

Handbrake merupakan perangkat lunak transcoder video yang terkenal. Walaupun begitu pasti aplikasi ini mempunyai kekurangan, antara lain:

1. Aplikasi tidak bisa memberikan pengguna untuk mengkonversi video Hak Cipta yang dilindungi oleh DVD dan dienkripsi untuk DVD back up, dalam artian hanya video buatan sendiri.

2. Untuk pengkonversian video, Handbrake hanya bisa mendukung format mp4., dan mkv. output format.

Kelebihan dari aplikasi Handbrake sendiri adalah dalam pengkompresan video tidak mengurangi kualitas video sehingga video yang dihasilkan tetap aman dan ukuran maupun resolusinya bagus. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, Ubuntu, dan Android.

1

Handbrake memiliki lisensi berupa GPL dan multiplatform sehingga aplikasi ini juga cocok untuk sistem operasi MacOS dan Linux. Cara penginstalan dan penggunaan aplikasi sangat mudah dan jelas. Selain itu juga ringan dan cepat, contohnya bisa dilihat dalam penggunaan OS Ubuntu Lucid Lynx.

Format output Handbrake selain yang sudah dijelaskan di atas, antara lain: mpeg4., mpeg2., atau yang kita kenal dengan Theora (Libtheora), aac., coreaudio aac., mp3., flac., ac3., atau vorbis. Selain itu juga ada ac-3., dts., dts-hd., dan mp3 pass-thru.

Sebelum melakukan pengkonversian terdapat enam tombol cukup dengan mengklik tombol “start” kamu bisa memulainya. Terdapat fitur sumber dan tujuan anda untuk memilih video yang akan kamu simpan nantinya.

Fitur sumber menampilkan tentang judul, tombol dropdown, dan sudut yang bisa mengkonversi video berdasarkan bab, bingkai, dan waktu (detik). Setelah itu muncul pengaturan output untuk video kamu dmana kamu bisa menyesuaikan kualitas dari video dan audio kamu.

Teknolagi.id memberikan tambahan wawasan jika kamu bisa menambahkan subtitle dan banyak lagi.

Berikut adalah langkah-langkah pengkonversian video yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Buka apkikasi kemudian klik tombol “sumber” dan pilih “buka file” dari pilihan dropdown.

2. Jelajahi sistem file kamu yang videonya akan dikonversikan kemudian pilih video tersebut dan klik “buka”.

3. Setelah itu kamu bisa melihat video yang kamu konversikan di bawah judul sumber.

4. Klik “browse” untuk file tujuan kamu dan pilih lokasi untuk file baru kami. Berikan nama yang pas. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dan menyimpan file di lokasi yang sama dengan sumber aplikasi dan klik “simpan”.

5. Kembali ke jendela utama aplikasi dan aplikasi akan memberilan transcoding satu lagi dan klik “mulai”.

6. Proses pengkonversian tergantung pada kecepatan perangkat dan ukuran video kamu. Aplikasi ini bisa memakan waktu hingga beberapa menit dan beberapa jam.

7. Video yang sudah jadi bisa kamu mainkan di Chrome dan bisa juga kamu mainkan dengan mudah di aplikasi pemutar video, HP, tablet, dan perangkat lain yang memungkinkan.

Kalau tadi langkah-langkah tentang pengkonversian video, maka berikut ini adalah langkah-langkah pengkompresan video, antara lain:

1. Buka aplikasi Hanbrake, kemudian klik “source” dan klik “open file”.

2. Pilih video yang akan dikompres (dikurangi ukurannya).

3. Klik tab atau bagian video.

4. Pakailah codec H.264 (x264) dan centang box “web optimized”.

5. Pilih tujuan dan pastikan nama video asli dan file yang akan dikompres berbeda.

6. Klik “start” dan tunggu hingga pengkompresan selesai.

7. Setelah selesai, video bisa disaksikan dana digunakan.

Handbrake Untuk Android

Handbrake untuk android sendiri bisa kamu unduh di:

https://apkpure.com/id/handbrake/com.t4connex.handbrake

Download Handbrake

Berikut ini adalah link download Handbrake yang bisa kamu unduh secara lengkap di semua perangkat, yaitu:

https://handbrake.fr/downloads.php

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*