Mengenal Komponen Pada Water Heater

Kerusakan pada water heater Solahart dapat saja terlalu beragam, salah satu rusaknya yang kerap berjalan adalah water heater tidak panas. Beberapa perihal umum menjadi penyebab berasal dari water heater tersebut tidak panas, namun secara umum yang berjalan adalah salah satu komponen yang tidak bermanfaat bersama baik.

1

Bila Anda punyai water heater atau pemanas air punyai kendala atau kasus layaknya halnya diatas. Maka sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu penyebabnya baru dapat untuk mengatasinya.

Anda kudu ketahui, sesungguhnya di didalam mesin pemanas air atau water heater 3 komponen utama. Komponen tersebut antara lain, elemen panas, thermostat, dan terhitung relay.

Komponen-komponen tersebut punyai faedah masing masing yang terhitung serupa perlu untuk kebutuhan water heater. Sehingga, seandainya terdapat rusaknya pada salah satu komponen tersebut, maka dapat memicu water heater tidak panas.

Sebagai pengguna water heater yang awam, tentu Anda bingung ya kala tiba-tiba water heater tersebut tidak panas. Anda barangkali dapat jadi bingung, karena Anda tidak memahami apa yang kudu Anda lakukan.

Nah seandainya Anda menemui perihal tersebut, Anda tak kudu khawatir, karena Kami dapat membicarakan penyebab rusaknya water heater tidak panas dan langkah mengatasinya.

Penyebab Water Heater Tidak Panas Dan Cara Mengatasinya
Beberapa penyebab berasal dari water heater tidak panas yaitu :

Relay Putus
Hampir semua alat elektronik yang ada, seluruhnya kenakan relay. Alat ini merupakan alat yang bermanfaat untuk mencegah kecuali sewaktu waktu berjalan konsleting maka relay ini dapat memutus arus listrik. Dengan begitu, perihal perihal yang tidak di idamkan pun dapat terhindari. Nah pada water heater, relay itu sendiri letaknya pada kabel power. Tepatnya di tengah kabel, di mana terdapat kotak dan terhitung lampu indikasi dan terhitung semacam tombol. Bila berjalan lampu mati, barangkali relay terhitung mati agar memicu water heater tidak panas.

Thermostat Tidak Berfungsi
Komponen yang menjadi penyebab water heater tidak panas adalah terjadinya rusaknya pada thermostat. Kegunaan thermostat itu sendiri adalah untuk mengatur arus listrik yang masuk ke elemen panas. Apabila air yang berada di didalam tabung water heater udah panas, maka thermostat dapat memutus arus listrik. Kemudian dapat mengirim arus ke elemen lagi sehabis tingkat kepanasan air merasa menurun.

Dengan kata lain, arus listrik yang masuk pada elemen panas tersebut kudu lewat perantara thermostat. Sehingga, kecuali berjalan rusaknya pada thermostat ini, maka elemen tidak bekerja dan akhirnya water heater menjadi tidak panas. Tidak cuma itu, keberadaan thermostat terhitung menjauhi terjadinya overheat. Jadi, fungsinya hampir serupa bersama thermostat pada kulkas. Bila pada kulkas untuk mengatur suhu dingin, sedang pada water heater, keberadaa komponen ini untuk mengatur panasnya air.

Elemen Panas Putus Atau Rusak
Penyebab water heater tidak panas sesudah itu adalah terjadinya elemen putus atau rusak. Water heater listrik yang menempel di dinding sumber utama untuk memanaskan air menggunakan elemen. Sedangkan untuk water heater yang berada di atas genteng, maka menggunakan dua sumber panas yaitu, pada siang hari yang menggunakan panas berasal dari sinar matahari. Bila berjalan rusaknya pada elemen tersebut, maka udah dapat dipastikan dapat memicu water heater tidak panas.

Untuk meyakinkan apakah elemen tersebut putus atau tidak dapat bersama memberi arus listrik langsung ke elemen tersebut. Jika panas, berarti masih bagus dan begitu sebaliknya kecuali tidak tersedia panas serupa sekali dapat dipastikan elemen tersebut putus. Selain itu, kami dapat terhitung menggunakan multitester bersama posisi range oHm ( Ω ). Jika yang terdapat pada jarum pada multitester menunjukan pergerakan, maka elemen tersebut masih bagus, dan begitu terhitung sebaliknya.

Habisnya Gas LPG
Khusus untuk water heater yang menggunakan tenaga gas, penyebab berasal dari water heater tidak panas adalah habisnya gas lpg. Apabila kosong langsung laksanakan penggantian bersama gas LPG yang baru. Tentunya gas LPG tersebut dapat bekerja bersama baik seandainya mengalir ke bagian regulator dan ujung selang menuju aliran gas dapat masuk ke water heater.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*