Cara Nyetir Mobil Manual Agar Tidak Mundur Saat Berhenti Di Tanjakan

Cara Nyetir Mobil Manual Agar Tidak Mundur Saat Berhenti Di Tanjakan

Randomsplat.com Hallo gengs, jangan pernah berhenti belajar mengendara sekalipun kita sudah mahir. Karena banyak sekali teknik yang bisa kita temui saat mengemudi mobil gengs. Apalagi mobil yang menggunakan transmisi manual gengs, seru banget bila kita ekspor medalam.

Bagi kamu yang tinggal di kota Bandung yang ingin mahir berkendara, coba saja kursus mengemudi bandung. Kamu bakal ditangani oleh tenaga professional yang sudah pengalaman bertahun-tahun gengs. 

Jalan raya di kota pastinya berkontur rata gengs, jadi sangat jarang menemui daerah perkotaan yang memiliki banyak tanjakan. Kecuali kota wisata batu gengs, di jantung kotanya saja masih banyak ditemui tanjakan gengs hehe. Lain lagi ketika sudah keluar dari kota, kita kerap kali menemui jalanan menanjak. Karena tanah Indonesia didominasi oleh bukit maupun pegunungan gengs.

Terkadang kita sering benget menemui kendala maupun rintangan saat melewati tanjakan gengs. Mulai dari tanjakan yang sangat curam, kepadatan saat tanjakan, bahkan kemacetan yang mengharuskan kita untuk stop and go saat tanjakan gengs. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran dan skil berkendara saat kondisi seperti ini.

Salah satu contohnya saat terjadi kemacetan ditanjakan. Kita harus berhenti atau diam terlebih dahulu saat macet, dan berjalan setelah kemacetan tersebut sedikit terurai. Hal seperti ini sering jadi kendala gengs, karena mobil dituntut untuk stop and go. Dan tak heran bila situasi ini dijadikan materi uji praktek sim A. Banyak sekali yang gagal saat ujian dalam situasi ini gengs. 

Berikut ini kami akan berbagi berbagai macam teknik yang dapat kamu lakukan saat berhenti di tanjakan agar mobil kamu tidak mundur gengs.

Yang pertama yakni teknik yang sangat sederhana dan gampang gengs, kita menggunakan bantuan handbrake gengs. Cara-caranya sebagai berikut:

  1. Saat kendaraan telah berhenti di tanjakan dan hendak melanjutkan perjalanan, pastikan handbrake tetap aktif geng.
  2. Injak pedal kopling, kemudian masukkan pada gigi rendah yaitu gear 1 gengs.
  3. Gas perlahan gengs, sampai rpm naik di 2000. Kemudian lepas perlahan pedal kopling (cukup  pada posisi setengah kopling) dan diikuti oleh melepas handbrake. Dengan begitu, kendaraan akan tertahan oleh gas yang sudah menunjukkan ke 2000 rpm, dan akan berjalan secara perlahan karena kita melepas handbrake secara perlahan pula gengs.

Oke, mudah kan gengs dalam melahap tanjakan menggunakan teknik handbrake. Menurut kami, teknik ini merupakan teknik paling mudah gengs. Masih ada teknik lainnya gengs.

Kemudian teknik menggunakan pedal rem. Cara ini bagi kamu yang sudah ahli dan menyatuh penuh dengan mobil kamu yaa gengs. Jadi kamu tau betul akan karakter mobil mu gengs. Berikut ini teknik nyetir saat kemacetan di tanjakan, agar tidak mundur:

  1. Ketika mobil berhenti di tanjakan, injak pedal kopling secara penuh, dan injak pedal rem menggunakan kaki kanan gengs.
  2. Saat hendak jalan, pastikan sudah menggunakan gigi 1, pindahkan kaki kanan ke pedal gas. Injak gas secara cepat hingga rpm naik ke 2000 gengs. Kemudian secara bersamaan diikuti melepas setengah kopling, sehingga mobil tertahan di tanjakan tanpa menggunakan rem gengs. 
  3. Setelah itu, tambahkan gas secara perlahan dan diikuti melepas pedal kopling secara perlahan juga gengs. Dengan demikian, mobil tidak akan mundur saat tanjakan gengs.

Cara yang kedua sedikit keren gengs, karena mobil akan meraung kecil saat kita menginjak cepat pedal gas ke rpm 2000. Teknik ini seperti seni dalam berkendara gengs. Kami sering melakukan teknik ini saat mengemudi mobil yang handbrakenya tidak berfungsi. Yaa contohnya mobil pikup tahun tua itu gengs.

Selanjutnya teknik yang ketiga, yaitu injak double. Maksudnya menginjak pedal rem dan gas menggunakan satu kaki, yaitu kaki kanan. Caranya miringkan saja kaki kanan geng dengan cara posisi tumit menginjak pedal rem, dan posisi ujung kaki menginjak pedal gas. Berikut ini langkah-langkahnya gengs.

  1. Saat mobil sedang berhenti di tanjakan, injak pedal rem menggunakan tumit kaki kanan. Sementara ujung kaki kanan berada diatas pedal gas.
  2. Saat hendak berjalan, tekan pedal kopling dan masukkan pada gigi 1.
  3. Injak double pedal rem dan gas seperti pada langkah nomor 1, tahan gas sampai pada rpm 2000. Kemudian lepas setengah kopling sehingga mobil tertahan di tanjakan. Selanjutnya angkat tumit kaki kanan yang menekan rem dan perlahan tambah gas yang diikuti melepas kopling. Sehingga mobil akan berjalan.

Cara yang terakhir ini membutuhkan latihan gengs, sehingga kamu bisa melakukannya dengan mudah dan benar. Cara ini dapat menjadi bekal saat kamu hendak melakukan uji praktek sim mobil gengs.

Bagi kamu yang lebih memilih kursus mobil, ada baiknya memperdalah teknik ini pada instrukturmu gengs. Oke sekian terlebih dahulu arikel kali ini gengs, semoga bermanfa’at untuk kita semua yaa gengs.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*