Rutin Servis di Bengkel Umum, Bikin Harga Jual Mobil Bekas Anjlok?

Mobil bekas yang masih mempunyai harga jual pulang tinggi, diprovokasi oleh sejumlah faktor. Selain situasi kendaraan dan mesin, riwayat perawatan di bengkel resmi pun sangat dominan terhadap harga jual kembali.

Namun, kebiasaan untuk pemilik mobil yang sudah berakhir masa garansi, lebih memilih mengerjakan perawatan di bengkel umum. Alasannya beragam, mulai dari dekat lokasi tinggal atau kantor, tidak butuh antre, atau harga yang lebih murah.

Tapi ingat, mengerjakan perawatan dapat menurunkan harga jual, terlebih bengkel umum sembarangan di pinggir jalan.

Berdasarkan keterangan dari Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia, mengerjakan perawatan atau servis teratur di bengkel umum sejatinya tidak menurunkan harga jual. Terlebih, bengkel umum yang baik dan mempunyai sistem, dan terekam semua.

“Bengkel yang bagus, seluruh tersistem. Mulai dari pendaftaran, mekanik, dan seluruh yang digarap atau sparepart yang diganti terekam dengan jelas,” jelas Gunawan saat didatangi di Bengkel Carfix, Pondok Indah, Jakarta Selatan, sejumlah waktu lalu.

Lanjutnya, di samping yang mempunyai sistem, bengkel yang baik pun adanya pelatihan khusus guna sumber daya masnusia (SDM) atau mekaniknya. Pasalnya, teknologi di kendaraan tersebut berkembang tersebut.

“Kalau tidak begitu, ketika pelanggan bawa mobil tersebut, belum pasti mekanik inginkan memperbaharui pengetahuannya, tidak sedikit bengkel yang asal jajaki dulu,” tegasnya.

Jadi, sekitar bengkel umum yang mempunyai sistem, dan perawatan yang dilaksanakan terekam jelas, maka tidak ada dalil mobil bekas merasakan penurunan harga yang signifikan.

“Jika bengkelnya mempunyai kredibilitasnya terjamin, di seluruh cabang, tidak bakal ada pengaruh ke harga jual,” pungkasnya

Bahaya, Ruang Mesin Jangan Disemprot Air Bertekanan
Membersihkan ruang mesin mobil gunakan air bertekanan tinggi justru dapat merusak mobil. Jadi tidak boleh lagi berpikir membersihkan ruang mesin dengan air bertekanan tinggi, mempermudah mengenyahkan kotoran yang menempel.

Berdasarkan keterangan dari laman sah Auto2000, parahnya dapat menyebabkan korsleting. Sebab, pada mobil canggih raung mesin tidak sedikit mempunyai sistem kelistrikan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian, menyatakan bahwa mencuci ruang mesin mobil melulu perlu menggunakan lap basar pada unsur yang kotor, kemudian keringkan gunakan lam kering.

“Jadi jangan dipancar pakai air, tersebut sangat berbahaya. Sebaiknya dianjurkan untuk memakai lap biasa atau microfiber yang tidak banyak basah untuk mencuci kotoran di ruang mesin,” ujar Deni.

Soal masa-masa membersihkannya, tak terdapat batasan waktunya. Tapi andai merasa ruang mesin telah kotor, maka tak terdapat salahnya guna membersihkan supaya kembali apik dan bersih. Sumber: https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*