Yuk Ketahui, 4 Cara Mengolah Sampah Mudah & Efektif !

Apakah kalian mengetahui 4 cara mengolah sampah yang baik dan benar? Nah, pada kesempatan kali ini akan mengulas secara lengkap 4 cara mengolah sampah yang mudah dan juga sangat efektf. Penasaran bukan? Yuk simak dibawah ini !

Manusia dalam kehidupannya akan selalu menghasilkan sampah dalam berbagai bentuk. Mulai dari sampah plastik hingga sampah sayur atau makanan bekas.

Lalu, tahukah Anda bagaimana cara mengelola sampah di rumah dengan benar? Pembakaran sampah plastik bersama dengan jenis sampah lainnya tidak hanya dapat mencemari lingkungan, tetapi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengelola sampah dengan baik di rumah. Berikut 4 cara mengelola sampah di rumah:

4 Cara Mengolah Sampah Yang Baik dan Benar

4 Cara Mengolah Sampah Mudah & Efektif !

1. Pisahkan Sampah Sesuai Jenisnya

Sampah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Pisahkan kedua jenis sampah tersebut pada dua tempat sampah yang berbeda di rumah.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam, seperti sisa makanan, sayuran atau semua sampah yang mudah terurai. Sedangkan sampah plastik, kaleng dan kaca termasuk dalam kategori sampah anorganik.

2. Lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Praktikkan langkah 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle. Mulailah membiasakan diri dan keluarga untuk mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat menghasilkan sampah anorganik yang sulit terurai.

Selanjutnya, kita dapat Daur ulang limbah keras anorganik untuk kerajinan atau manfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan kembali. Seperti penggunaan kaleng bekas permen untuk dijadikan tempat peralatan makan. Dan yang terakhir, cobalah untuk mengelola sampah dengan mendaur ulangnya.

3. Kelola Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Sampah organik seperti sisa makanan, sayuran atau daun-daunan yang cepat terurai dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Pupuk ini kemudian dapat digunakan untuk berkebun.

4. Bersihkan Sampah Secara Teratur|4 Cara Mengolah Sampah

Tempat sampah di dalam rumah harus selalu dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang penyakit. Tumpukan sampah yang mengeluarkan bau tak sedap juga tentunya memberikan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah.

Cara mengelola sampah lainnya yaitu dengn menutup tempat sampah menggunakan kantong plastik atau koran dan kardus agar sampah anorganik yang encer tidak berserakan di lantai.

Kemudian, buang sampah dari dalam rumah secara rutin dan ganti dengan tempat sampah yang baru.

Baca Juga : Daur Ulang Limbah Keras Anorganik Untuk Kerajinan

Manfaat Mengolah Sampah Dengan Efektif

4 Cara Mengolah Sampah

1. Menimbulkan Kesadaran Yang Positif

Membeli barang untuk dikonsumsi atau digunakan sangat mudah dilakukan jika ada dana. Semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin banyak uang yang dapat Anda belanjakan. Tentu tidak salah, tapi coba bayangkan godaan yang mungkin datang.

Seiring pertumbuhan uang, kita memiliki kemungkinan yang sangat luas untuk membeli barang-barang yang bahkan tidak kita butuhkan sama sekali.

Jika pengelolaan sampah yang efektif telah menjadi gaya hidup yang kita jalankan, maka dalam setiap proses pembelian suatu produk, kita akan membayangkan bagaimana cara mengelola sisa/limbah tersebut.

Semakin kuat gaya hidup berbasis pengelolaan sampah yang efektif yang kita lakukan, semakin lama kita perlu berpikir sebelum membeli sesuatu.

Bayangkan manfaatnya, Hidup akan lebih sederhana dan anggaran belanja akan terpotong ketika kita terbiasa membeli sesuatu secara sadar. Sadar akan manfaat dan sadar akan tanggung jawab.

2. Menghemat Lahan Untuk Pembuangan Akhir

Anda mungkin tidak merasakan manfaat dari pengelolaan sampah yang efektif, terutama jika Anda tinggal jauh dari tempat pembuangan sampah. TPA ini mungkin bukan masalah besar jika volume sampah yang dihasilkan hanya sedikit.

Bagaimana jika sampah yang masuk berjumlah ribuan ton setiap hari? Melaksanakan pengelolaan sampah yang efektif di rumah merupakan salah satu bentuk kontribusi kita sebagai individu.

Sampah organik bisa kita olah sendiri di rumah, sedangkan sampah anorganik bisa diteruskan ke lembaga daur ulang atau kita bisa mengolah sendiri menjadi barang yang bermanfaat di rumah.

3. Lingkungan Bersih dan Nyaman|4 Cara Mengolah Sampah

Pengelolaan sampah yang efektif di rumah membuat kita terbiasa mengelola aliran sampah yang masuk dan keluar. Tidak ada lagi sampah yang berserakan.

Setiap sampah akan ditempatkan sesuai peruntukannya. Sampah organik diolah menjadi kompos, sedangkan plastik/kaleng/botol dibersihkan dan dikirim untuk didaur ulang.

Kegiatan pengelolaan sampah yang efektif ini pada akhirnya akan membuat lingkungan menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Demikian tips dan 4 cara mengolah sampah yang mudah dan efektif untuk dipraktekkan dirumah. Sangat mudah dan bermanfaat bukan? Maka dari itu jaga lingkungan kita selalu ya!

Baca Juga : 4 keuntungan mendaur ulang sampah plastik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*