5 Hal Yang Harus Diteliti Saat Merajut Selimut dari Bahan Kaos

5 Hal Yang Harus Diteliti Saat Merajut Selimut dari Bahan Kaos

Merajut selimut dengan bahan kaos bukanlah kegiatan yang sangat sulit untuk dikuasai, tetapi terkadang sedikit merepotkan. Jika Anda pemula untuk hobi ini, bahkan membuat sesuatu yang lebih kecil atau sederhana bisa saja membingungkan.

Selimut rajut yang kecil saja, disusun dari beberapa potong kain kaos yang berbeda, yang dapat dengan mudah jadi berantakan.

Latihan adalah hal yang lumrah untuk hal merajut. Anda mungkin harus mengerjakan beberapa kali untuk akhirnya menguasai hobi ini. Anda pasti membuat banyak kesalahan dalam prosesnya.

Juga, ada beberapa tips dan trik merajut yang tidak boleh diabaikan orang, terutama jika Anda baru dalam hal ini.Berikut adalah 5 hal yang harus diingat ketika akan merajut:

1. Mulai Dari Hal Yang Sederhana

Setiap orang memiliki batas ketika harus mengambil beban kerja. Ketika Anda baru di hal merajut. Anda tidak boleh mencoba proyek besar seperti yang pertama. Proyek pertama Anda harus selalu kecil dan sederhana, dengan sesedikit mungkin pekerjaan.

Jika Anda berencana untuk melakukan lebih dari yang Anda bisa dalam kreasi pertama Anda, kemungkinan ini akan membuat Anda kewalahan.

Sebagai contoh, jika Anda merencanakan desain yang rumit di kreasi awal Anda, Anda mungkin mengerjakan lebih dari yang Anda mampu. Dengan cara yang sama, jika Anda berpikir untuk membuat selimut dari bahan kaos untuk tempat tidur berukuran besar untuk pertama kalinya, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman berhasil menyelesaikan selimut yang lebih kecil terlebih dulu.

Selain itu, untuk merajut, Anda membutuhkan kesabaran. Jika Anda tidak punya cukup kesabaran, ini mungkin bukan aktivitas yang cocok untuk Anda coba.

Juga, ini bukan hobi untuk seseorang dengan sedikit atau tanpa kesabaran. Satu selimut akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk selesai, dan Anda perlu kesabaran untuk menyelesaikannya secara bertahap.

Merajut selimut dari bahan kaos juga membutuhkan tempat khusus di rumah Anda – ruang kerajinan atau ruang kerja di rumah. Di mana Anda dapat menyimpan peralatan dan material Anda, dan jumlah waktu yang tetap bagi Anda untuk membagikannya.

2. Memiliki Alat dan Peralatan yang Tepat

Setelah Anda memutuskan untuk membuat rajutan selimut kaos, Anda pasti membutuhkan peralatan dan alat yang tepat untuk itu, termasuk mesin rajut berkualitas tinggi.

Semua yang Anda butuhkan untuk merajut, mulai dari alas potong putar hingga penggaris putar, ripper jahitan hingga spidol. Dari kain kaos yang tepat hingga gunting yang tepat. Semuanya harus ada.

Anda mungkin dapat menggunakan alat jahit dan bahan biasa untuk quilting, tetapi mereka tidak akan memberi Anda pekerjaan berkualitas tinggi. Misalnya, Anda bisa menggunakan tangan untuk membuat jahitan, tetapi jahitannya tidak rata dan membutuhkan banyak waktu.

Mesin jahit biasa juga dapat melakukan pekerjaannya, tetapi hanya dengan mesin rajut, Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang indah dan beragam jahitan yang akan membuat selimut rajut Anda jadi bagus.

Kaos dengan bahan dasar katun adalah kain terbaik untuk digunakan untuk merajut. Jauh lebih banyak daripada pakaian mahal dan cantik lainnya. Jika Anda ingin membuat selimut, Anda perlu potongan kaos katun yang sesuai untuk membuatnya. Ini jauh lebih baik daripada selimut dari sutra, poliester atau wol.

Kaos katun dapat ditemukan dalam jumlah besar di toko-toko kerajinan atau pasar online. Atau coba hubungi sablon kaos semarang, mungkin mereka punya kaos sisa produksi dari pesanan partai besarnya. Kalau bisa dapat yang lebih murah ya kenapa tidak.

3. Gunakan Papan Desain

Anda mungkin tidak memahami pentingnya papan desain sampai Anda membuat kesalahan yang tidak dapat diperbaiki. Anda dapat dengan mudah membuat papan desain di dinding dari benda-benda yang sudah Anda miliki di rumah Anda tanpa harus membeli.

Papan desain adalah papan yang dipakai untuk mendesain halaman majalah dan tabloid. Anda dapat membuatnya dari papan tulis yang dibungkus dengan kain putih, tempat Anda dapat menempelkan kain cetak Anda untuk menciptakan desain yang Anda inginkan.

Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda memiliki semua bagian siap dan siap ketika Anda duduk untuk menjahit, dan Anda tahu di mana harus menjahit bagian mana. Jika Anda menumpuk potongan-potongan kain di suatu tempat alih-alih menyebarkannya di papan desain Anda, Anda mungkin secara tidak sengaja melewatkannya saat menjahit atau salah menaruhnya.

4. Cuci Dulu Bahan Kain Kaos Sebelum Dirajut

Ada opini beragam di antara pengguna dalam hal cuci kain kaos. Beberapa perajut berpikir tidak ada gunanya mencuci kain. Tetapi selalu ada kemungkinan pewarna luntur bukan?

Jika Anda membeli kaos secara daring atau dari toko kerajinan, selalu lebih baik untuk mencucinya dengan air sebelum mulai menjahit. Jika kebetulan, kain luntur setelah jadi selimut, itu akan merusak semua warnanya.

Kadang-kadang, kain cenderung menyusut setelah pencucian pertama, yang bisa menjadi masalah juga, jika Anda sudah menjahit potongan kaos menjadi selimut. Masalah penyusutan adalah sesuatu yang tidak dapat Anda perbaiki jika telah membuat seluruh selimut.

Karena itu, jauh lebih baik jika Anda mencuci sebelum semua bagian yang akan Anda gunakan bahkan ketika Anda benar-benar yakin mereka tidak akan luntur atau menyusut.

Mencuci dengan air dan deterjen lembut sudah cukup, dan kemudian, kain-kain kaos ini perlu digantung kering di bawah sinar matahari. Ini untuk kain katun; jika Anda menggunakan rumput, voile atau polyester, mereka harus dicuci, dikeringkan dan disetrika sesuai dengan instruksi spesifik.

5. Jangan Membuang Kain Sisa

Membuat selimut rajut akan meninggalkan Anda dengan banyak kain bekas yang ingin Anda buang. Namun, potongan ini nantinya dapat digunakan untuk membuat desain yang cantik pada selimut Anda. Yang jelas disimpan dulu sementara jauh lebih baik daripada langsung membuangnya.

Setelah Anda telah menetapkan potongan kain kaos untuk selimut, potongan kain tambahan dapat digunakan untuk membuat desain tambahan. Appliqueing adalah teknik khusus di mana potongan kain yang berbeda dijahit bersama untuk membuat desain. Jika dilakukan dengan benar, appliques dapat membuat selimut Anda cukup indah.

Selain itu, jika Anda tidak sengaja kehabisan kain saat membuat rajutan selimut, Anda dapat menggunakan potongan kain untuk membuat kotak kain yang unik untuk digunakan dalam selimut Anda. Terkadang, potongan kain yang panjang dapat digunakan sebagai bingkai. Dijahit di sepanjang tepi selimut sehingga sisi-sisinya tidak mulai berjumbai.

Merajut selimut adalah hobi di mana Anda memiliki kebebasan penuh untuk memamerkan kreativitas Anda! Anda dapat membuat desain atau pola di selimut Anda, melakukan apa pun yang Anda mau, untuk membuat selimut impian Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*