Ini Dia 8 Macam Buah Kelapa

Siapa sih yang tidak kenal buah kelapa? pastinya semua sudah mengetahuinya kan. Buah kelapa yang tumbuh di negara Indonesia memang banyak sekali macam – macamnya. Dari macamnya yang banyak, buah kelapa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita lho. Ini dia macam – macam buah kelapa yang mungkin kalian belum kalian ketahui. Yuk kita simak bersama!

8 Macam Buah Kelapa

1. Kelapa Wulung

Jenis kelapa wulung ini memiliki buah kelapa berwarna hijau sama seperti buah kelapa pada umumna ya sob.Yang membuat kelapa ini tampak beda dan unik adalah setelah dikupas bagian dalamnya. Kelapa ini mempunyai warna merah muda keunguan yang sangat cantik banget sob. Tetapi kelapa wulung memiliki rasa air agak sedikit pahit, namun mempunyai nutrisinya lebih baik dibandingkan air kelapa di jenis lainnya.

Jadi, apa yang bisa di manfaatkan dari buah kelapa wulung ini sob? Yhap, Air kelapa pastinya. Air kelapa wulung mengandung banyak nutrisi. Dengan kandungan nutrisi yang banyak seperti itu, air kelapa wulung diketahui mampu mengembalikan ion tubuh, mengobati masalah keracunan, mengatasi masalah kulit dan menyeimbangakn kadar pH pada manusia.

2. Kelapa Hijau

Seperti yang kita ketahui ya sob, Kelapa hijau merupakan jenis yang paling dikenal dan banyak diperjualbelikan di masyarakat. Cocok seperti namanya, kulit buah dari kelapa jenis ini berwarna hijau. Di kalangan masyarakat, kelapa hijau dikenal sebagai tanaman kelapa obat.

Hm… apa ya manfaat kelapa hijau ini? Kelapa hijau menjadi salah satu jenis kelapa yang paling digemari karena banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Air kelapa hijau dapat berfungsi sebagai penawar racun sehingga saat baik jika digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita semua ya sob.

3. Kelapa Kopyor

Lanjut Sob, yang kopyor – kopyor yaitu kelapa kopyor terkenal karena memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis mak nyuss. Jenis kelapa ini biasanya dijadikan bahan untuk pembuatan minuman yang seger – seger. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa jenis kelapa kopyor merupakan kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika atau cacat. Tapi, enak banget ya pastinya saat di minum sambil di kasih es Hm…. Nyam nyam…

Sehingga daging buah kelapa kopyor yang dihasilkan lebih lunak, lembut, dan tidak sekeras daging buah kelapa pada umumnya sob. Selain bermanfaat untuk menghilangkan haus, air kelapa kopyor juga dapat meredakan gatal-gatal tubuh, mengembalikan tenaga juga stamina, dan memulihkan penderita penyakit demam berdarah.

4. Kelapa Genjah Entok

Sekali berbuah tanaman buah kelapa genjah entok dapat berbuah sangat banyak sekali. Buah kelapa genjah entok mempunyai daging buah yang tebal bukan berarti keras lho ya sob. Buah kelapa genjah entok ada bermacam -macam warna lho sob, ada yang berwarna kuning gading dan ada yang berwarna hijau.

Jadi, apa saja sih manfaat buah kelapa genjah entok ini?

Air kelapa genjah entok mempunyai macam – macam manfaat bagi tubuh. Air kelapa genjah entok mampu mengobati penyakit pencernaan seperti diare perut, meredakan nyeri saat haid untuk kaum hawa, menurunkan panas atau demam, serta dapat mengobati luka bakar karena api ya sob.

Selain air kelapanya, bagian minyak dari kelapa genjah entok juga memiliki macam khasiat bagi tubuh lho sob. Minyak kelopo dari kelapa genjah entok dipercaya bisa menghilangkan ketombe rambut, menyamarkan kerutan di wajah, dan menghaluskan kulit kita. Wow, keren banget ya sob.

5. Kelapa Merah

Hayo para sobat – sobatku semua, siapa yang suka warna merah?  Ada nih sob kelapa yang satu ini memiliki kulit buah berwarna coklat kemerahan. Kelapa merah cukup besar dan berbentuk bulat serta mengandung minyak yang sangat tinggi.

Air kelapa merah ini biasanya banyak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Air kelapa yang berjenis merah diketahui mengandung klorida yang kuat, ada potasium, dan kalsium bagus untuk pertumbuhan tulang. Sehingga dapat meningkatkan dan menambah kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil. Selain untuk kehamilan, bagian air kelapa merah juga dapat di manfaatkan sebagai penawar racun dan kandungan vitamin.

6. Kelapa Kerdil Fiji

Kelapa Kerdil Fiji ialah kelapa yang termasuk ke dalam kategori jenis ( dwarf coconut ) dan ia berasal dari pulau Fiji yang berada di tengah-tengah Samudra Pasifik. Hm… Sangat premitive ya sob. Kelapa ini dianggap sebagai pohon kelapa terpendek di dunia. Jenis ini bisa ada karena pengaruh lingkungannya yang memiliki unsur tanah yang sangat unik, terdapat kelembaban yang sangat tinggi dan iklim tropis.

Kelopo / kelapa kerdil fiji mempunyai perbedaan genetik yang bisa dibilang paling beda dan aneh jika dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya dan membuatnya memiliki daya tahan yang lebih kuat. Meskipun kelapa ini kurang terkenal karena rasa air kelapanya yang manis, tapi kelapa jenis ini dapat tahan dari berbagai penyakit. Jadi, kelapa ini tidak sakit lho ya… bercanda.

7. Kelapa Raja

Bukan raja dari seluruh raja kelapa ya sop, hehehe canda raja. Kelapa raja ini merupakan jenis kelapa yang berasal dari Sri Langka yang juga memiliki persamaan nama yakni kelapa kuning madu. Tapi, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai the ( King Coconut ).

Kelapa jenis raja ini, umumnya hanya di peruntukan untuk diambil air kelapanya saja. Karena, air dari jenis ini memiliki rasa manis yang dianggap lebih mantap dan menyegarkan daripada jenis kelapa lainnya. Jenis pohon kelopo / kelapa raja sebenarnya memiliki ukuran pohon yang termasuk kecil.

Yakni, dengan tinggi maksimum hanya sekitar 10 M saja. Di daerah Indonesia, jenis raja mulai masuk ke perkebungan kelapa nasional pada tahun 2006 tepatnya di Desa Tobelo, Halmahera, Maluku. Gimana sob? Apakah kalian sudah pernah minum air kelapa ini? Cobain ya sob! Rasanya ah… mantap.

8. Kelapa Pandan Wangi

Bukan parfum pengawi ya sob, Pandan wangi merupakan jenis kelapa yang memiliki air dengan rasa manis yang sangat menyegarkan dan juga terdapat aroma pandan yang khas istimewa. Tidak memungkinkan untuk heran jika buah kelapa yang merupakan kategori varietas unggulan dari Thailand ini diberikan nama dengan pandan wangi.

Tidak hanya air kelapanya yang manis lho sob, daging buahnya juga memiliki tekstur lembut dan renyah sekali saat dikonsumsi. Di negara dari asalnya, kelapa pandan wangi tidak hanya untuk dikonsumsi secara langsung saja, namun melainkan juga dijadikan sebagai olahan seperti jajanan eskrim.

Kelopo / kelapa ini termasuk sebagai jenis ( dwarf coconut ), pandan wangi juga dikenal dengan nama aromatic dwarf yang menyejukkan dan mulai masuk Indonesia pada tahun 2001. Kelopo Pandan wangi juga termasuk jenis yang banyak dibudidayakan. Namun, harga bibit kelapa jenis ini termasuk lumayan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Nah, itu dia 8 macam – macam buah kelapa. Buah kelapa ini bisa juga di manfaatkan dengan menggunakan mesin khusus dan menghasilkan sebuah makanan atau benda yang berfungsioanal. Demikian pembahasan tentang macam – macam buah kelapa. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima Kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*