Apa Yang Dipelajari Di Kelas SEO?

Saatnya mengosongkan gelas. Karena ilmu yang dapat diajarkan perlu semua dan daging banget. Makanya aku menyimak dengan seksama. Materi diberikan selang-seling. Satu hari materi, satu hari diskusi. Begitu seterusnya selama dua minggu berturut-turut.

Materi diberikan seutuhnya secara lengkap dan detail. Tidak ada tugas. Tapi kecuali udah jelas banyak kekeliruan dalam blog, diinginkan peserta jelas diri untuk memperbaikinya. Saya juga yang jelas diri. Tapi masih bingung sudi memperbaiki dari mana. Jadi, aku nyimak dulu pelan-pelan.

Oh iya, materi yang aku dapatkan dari kelas SEO ini bervariasi ya. Semuanya penting, tak ada kecuali. Jadi aku tulis ulang seutuhnya di buku catatan saya. Tiap kalimat dari coach Irwin dan coach Pewe, aku catat juga. Sumpah, guyonan mereka pun kadang bermanfaat loh.

Contoh, layaknya ketika menjelaskan soal internal link. Mas Irwin memberi tambahan materi dasarnya di materi Kursus SEO Jogja On Page. Setelah ada tanya jawab, mas Pewe menyinggung soal blogger yang masih senang menulis. Itu mah gak perlu, karena gak dapat dicrawl mirip google. Pasti langsung diskip. Nah loh, aku masih senang nulis begitu. Teman-teman blog juga aku lihat banyak yang melakukannya.

Haduh, tersindir dong. Tapi malu mengakuinya. Jadi aku buat pengakuan dosa di tulisan ini saja ya mas Pewe. Peace dulu ah.

Kesalahan lain yang aku sanggup dari percakapan tanya jawab adalah, usahakan memberi tambahan link di artikel kita. Baik internal link maupun eksternal link. Biar tidak menjadi artikel yatim piatu.

Pokoknya tiap tiap percakapan sangat penting. Bahkan guyonan duo coach menjadi ilmu baru bagi saya. Secara keseluruhan, inilah materi yang aku dapatkan dari kelas SEO.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*