Inilah Beda Kutu dan Tungau Yang Perlu Anda Tahu

Beda Kutu dan Tungau

Inilah Beda Kutu dan Tungau: Mungkin anda semuanya pernah merasakan gatal-gatal pada tubuh anda ketika bangun tidur. Kemudian rasa gatal tersebut juga ditandai dengan bintik kemerahan seperti halnya gigitan nyamuk. Akan tetapi, harus anda tahu, gigitan tersebut bukanlah merupakan gigitan nyamuk. Rasa gatal tersebut merupakan gigitan dari kutu atau tungau. Kutu dan tungau adalah salah satu jenis hewan yang memiliki bentuk sangat kecil dan bahkan hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Meskipun sama-sama kecil, terdapat beda kutu dan tungau yang harus anda ketahui.

baca juga: cuci springbed bandung

Walau berbeda jenis, akan tetapi tungau dan kutu ini biasanya sering menghuni di kasur, sprei, sofa dan bantal, terutama pada perlengkapan yang mungkin jarang digunakan, jarang dibersihkan dan juga jarang dijemur. Lalu seperti apakah beda kutu kasur dan tungau?

Beda Kutu dan Tungau

Yang pertama, tungau adalah hewan kecil yang memakan sel kulit mati manusia. Kemudian, kutu termasuk jenis parasit yang memakan darah. Selain itu, tungau memiliki ukuran yang sangat kecil, diantaranya yaitu  0,2 sampai dengan 0,3 mm. Lain halnya dengan kutu kasur yang memiliki ukuran lebih besar. Yang paling kecil saja ukurannya 0,5 cm. Dengan demikian, kutu akan lebih mudah terlihat oleh mata secara langsung.

baca juga cuci sofa bandung

Beda kutu kasur dan tungau selanjutnya yaitu tungau atau kutu tidak memicu adanya penyakit. Akan tetapi, gigitan kutu kasur bisa menyebabkan gangguan berupa infeksi. Lalu, untuk tungau yang bisa menyebabkan alergi dan gatal-gatal pada kulit yaitu kotoran dari tungau tersebut. Dibalik perbedaan kutu kasur dan tungau, keduanya sama-sama menyukai tempat yang kotor dan lembab. Seperti pada kasur, sofa, karpet, sprei, dan lain sebagainya.

Jika kutu dan tungau ini tidak segera dibasmi, maka anda yang sering beristirahat di kasur tersebut akan merasakan dampaknya. Diantaranya seperti rasa gatal akibat gigitan kutu kasur dan juga alergi pada kulit karena banyaknya kotoran tungau yang menumpuk pada celah kasur, sprei, dan juga bantal. Maka dari itu, lakukanlah pembersihan yang rutin agar tempat tidur anda bisa terbebas dari hewan kecil yang mengganggu ini. Bisa dilakukan dengan penjemuran atau penyedotan dengan vacuum cleaner. Hal ini penting untuk dilakukan setelah tahu beda kutu dan tungau.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*