Bagaimana Cara Belajar yang Efektif?

Bagaimanakah cara efektif belajar cepat yang bisa dilakukan oleh siapa saja? Apakah ada cara yang demikian itu? Jawabannya adalah iya. Terdapat beberapa cara supaya kegiatan belajar menjadi makin efektif dan makin mudah dipahami. Berikut adalah beberapa di antaranya saja:

Buat Rangkuman

Dalam mempelajari sesuatu, biasanya tidak semuanya akan kita ingat begitu saja terlebih saat pertama kali mempelajarinya. Oleh karenanya, ada baiknya untuk membuat rangkuman. Rangkuman dapat berisi hal-hal penting yang terdapat dalam materi yang kita pelajari. Misalnya saat belajar biologi, masukkan kata-kata atau istilah yang penting ke dalam rangkuman yang dibuat.

Dengan membuat rangkuman, kita dapat terbantu dalam mempelajari materi yang kita inginkan.

Belajar dengan Praktik

Tips lain yang bisa dicoba adalah dengan mempraktikkan apa yang kita pelajari. Misalnya kita sedang belajar menu masakan baru. Menghafal resepnya saja akan terasa kurang apabila tidak dipraktikkan. Lebih buruk lagi, boleh jadi kita akan segera melupakan resep masakan tadi jika tidak pernah mencoba untuk memasaknya. Karenanya, cobalah untuk mempraktikkan hal-hal yang dipelajari apabila memungkinkan.

Pahami Konsepnya

Menghafalkan rumus memang dapat membantu kita mengerjakan soal. Tetapi, jika kita hanya menghafal rumusnya saja tanpa paham konsepnya, boleh jadi kita akan dibuat bingung saat bertemu dengan soal dengan format yang berbeda. Misalnya kita menghafal bahwa f = m.a. Jika kita bertemu dengan soal yang menanyakan angka f dengan m dan a yang sudah diketahui nilainya tentu kita akan mudah saja mengerjakan soal tersebut. Namun, jika soal dibalik di mana kita diminta mencari m, bisa saja kita merasa kesulitan.

Belajar Rutin

Hal lain yang juga bisa dolakukan adalah belajar secara rutin. Jangan cuma belajar sesuatu sesekali saja karena bisa saja kita segera lupa begitu tidak mempelajarinya lagi. Maka dari itu, usahakan untuk belajar secara rutin supaya materi yang kita pelajari dapat semakin melekat di kepala kita.

Demikian tadi beberapa tips belajar yang bisa dicoba untuk dilakukan. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*