Berapa Biaya Konsultasi Pajak Pribadi

Membicarakan perpajakan seringkali membuat sesuatu hal yang membebani bagi para wajib pajak yang sudah memenuhi syarat, dari mulai administrasi perpajakan sampai memastikan perhitungan pajak telah sesuai, sebab apabila ada satu kesalahan saja bisa wajib pajak terkena denda. Makanya wajib pajak merupakan permasalahan tersendiri sehingga harus membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Wajib pajak orang pribadi memiliki permasalahan ketika tidak tahu langkah apa yang harus diambil, sebab bagi yang sudah memenuhi syarat, wajib pajak tersebut harus menghitung dan melaporkan penghasilannya di setiap bulannya, untuk objek-objek pajak yang masuk dalam kategori.

Apa Itu Wajib Pajak Orang Pribadi?

Wajib pajak pribadi merupakan wajib pajak perorangan yaitu bukan suatu badan usaha atau badan hukum. Wajib pajak orang pribadi bisa laki-laki dan perempuan, baik yang sudah menikah maupun belum, ketentuan mengenai perpajakan wajib pajak orang pribadi perempuan yang telah menikah dan keluarga sudah diatur oleh pasal 8 UU PPh, yaitu:

  1. Hidup Berpisah

Perempuan kawin yang dikenai oleh pajak secara terpisah karena hidup berpisah.

2.Pisah Harta

Keluarga, khususnya suami istri dikenai pajak secara terpisah karena sudah menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan secara tertulis.

3.Memilih Terpisah

Perempuan yang sudah kawin selain hidup berpisah dan pisah harta yang dikenai pajak secara terpisah, sebab memilih menjalankan hak dan pemenuhan kewajiban terpisah dari suaminya.

4.Satu kesatuan subjek pengganti, menggantikan mereka yang berhak, ahli waris.

Apa Saja Pajak Untuk Pribadi?

Objek pajak adalah penghasilan, yaitu setiap tambahan kemampuan secara ekonomis yang diperoleh wajib pajak pribadi, baik berasal dari Indonesia ataupun dari luar Indonesia. Di mana dipakai untuk konsumsi wajib pajak yang bersangkutan, dengan nama dan dalam bentuk apapun, mencakup:

  1. Imbalan berkenaan dengan pekerjaan atau jasa yang diperoleh termasuk gaji, upah, tunjangan, honor, komisi, bonus, gratifikasi, uang pensiun atau imbalan dalam bentuk lainnya, terkecuali ditentukan lain dalam UU.
  2. Hadiah dari undian atau pekerjaan dan bisa juga dari kegiatan serta penghargaan
  3. Laba usaha
  4. Keuntungan, penjualan atau pengalihan harta, mencakup:
  • Keuntungan karena pengalihan harta kepada perseroan, persekutuan dan badan lainnya sebagai pengganti saham atau modal
  • Keuntungan pengalihan harta kepada pemegang saham, sekutu atau anggota yang didapat dari perseroan, persekutuan dan badan-badan lainnya
  • Keuntungan akibat likuidasi, penggabungan, peleburan, pemekaran, pemecahan, pengambilalihan usaha dan reorganisasi dengan nama dan dalam bentuk apa saja
  • Keuntungan dari pengalihan harta berbentuk hibah, bantuan atau sumbangan, kecuali yang diberikan kepada keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat dan suatu badan keagamaan, pendidikan, badan sosial mencakup Yayasan, koperasi atau orang pribadi yang menjalankan UMKM. Ketentuan lain diatur lebih lanjut pada PerMenKeu.
  • Keuntungan dari penjualan sebagian atau keseluruhan hak penambangan, tanda turut serta dengan pembiayaan atau modal dalam perusahaan pertambangan

5.Menerima kembali pembayaran pajak yang dibebankan sebagai biaya dan pembayaran tambahan pengembalian pajak

6.Bunga termasuk premium, diskonto dan imbalan dari jaminan pengembalian utang

6.Dividen, dengan nama dan dalam bentuk apa saja, mencakup dividen dan perusahaan asuransi pada pemegang polis dan pembagian SHU koperasi

7.Royalti

8.Sewa dan penghasilan lain

9.Penerimaan pembayaran berkala

10.Keuntungan pembebasan utang, terkecuali sampai jumlah tertentu yang ditetapkan oleh peraturan pemerintah

11.Keuntungan selisih kurs mata uang asing

12.Selisih lebih karena penilaian kembali aktiva

13.Premi asuransi

14.Iuran yang diterima dari anggota wajib pajak yang menjalankan usaha

15.Tambahan kekayaan neto dari penghasilan yang belum dikenai pajak

16.Penghasilan dari usaha Syariah

17.Imbalan bunga yang termasuk dalam UU

18.Surplus dari BI

Perbedaan Pajak Pribadi Indonesia dan Amerika

Pajak di Amerika dikenai dari pendapatan bersih individu dan badan usaha oleh pemerintah Amerika yang masih menganut sistem federal, beberapa negara bagian dan juga pemerintah daerah. Warga dan juga penduduk dikenakan pajak atas penghasilan di seluruh dunia, serta diizinkan kredit untuk pajak asing, Penghasilan yang dikenakan pajak diatur berdasar peraturan akuntansi pajak, bukan merupakan prinsip akuntansi keuangan dan meliputi hampir semua pendapatan dari sumber mana saja. Sebagian besar pengeluaran bisnis yang mengurangi penghasilan akan kena pajak, meskipun batas-batas akan diberlakukan pada beberapa pengeluaran. Perseorangan diizinkan untuk mengurangi penghasilan kena pajak dengan tunjangan pribadi dan pengeluaran non-bisnis tertentu, termasuk bunga rumah, pajak negara bagian dan lokal, amal, biaya medis dan biaya tertentu lainnya yang berada di atas presentasi tertentu.

Aturan negara tersebut untuk menentukan penghasilan kena pajak berbeda dari aturan federal, tarif pajak marjinal federasi bervariasi dari 10% sampai 36,9% dari penghasilan. Tarif pajak negara bagian dan lokal juga sangat bervariasi berdasar yurisdiksi, dari mulai 0% sampai 13,3% dari pendapatan.

Konsultan Pajak Online

Kami memiliki tim yang profesional dan berkualitas untuk permasalahan perpajakan anda, yang mana menjadi beban sehingga bisa berakibat buruk. Jasa Konsultan Pajak kami selalu ontime menyelesaikan suatu permasalahan pajak dari yang sudah dijanjikan.

Harga konsultasi pajak kami, mencakup

Harga Rp600.000
jenis Pajak bulanan

Benefit:

  1. Pembuatan EFIN online
  2. Perhitungan PPh bulanan
  3. Menjalankan pengurusan pajak penghasilan
  4. Pembuatan SPT bulanan
  5. Pelaporan SPT bulanan
  6. Jasa konsultasi perpajakan

 

Harga Rp1.200.000
jenis Pajak bulanan

Benefit:

  1. Pembuatan EFIN online
  2. Pengelolaan asset dan hutang
  3. Perhitungan PPh tahunan
  4. Menjalankan pengurusan pajak penghasilan
  5. Pembuatan SPT tahunan
  6. Pelaporan SPT tahunan
  7. Jasa konsultasi perpajakan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*