Cara Buat Pakan Ayam Joper Agar Cepat Gemuk dan Sehat

cara buat pakan ayam joper

Halo teman-teman semua,kali ini kita akan mempelajari cara buat pakan ayam joper. Untuk penggolahannya kalian bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam agar mendapat hasil yang maksimal.

Ayam Kampung Super

DOC Ayam Super Asli dibuat dengan penetasan buatan. Ayam petelur yang dikawinkan dengan pejantan asli dikumpulkan untuk jangka waktu tertentu dan ditetaskan pada inkubator selama 21 hari.

Penggunaan mesin penetas disebabkan oleh efektivitasnya yang lebih besar dan pengaturan yang lebih terorganisir untuk menyiapkan dokumen. Selain itu, ayam petelur juga tidak memiliki sifat inkubasi, sehingga telur harus ditetaskan dengan cara lain.

Tingginya permintaan pasar untuk ayam domestik tidak diimbangi dengan ketersediaan ayam karena produksi dan produktivitas ayam buras yang relatif lambat serta pola pembiakan tradisionalnya.

Dengan pemikiran tersebut, peternak melakukan persilangan antara ayam kampung jantan dan ayam petelur betina. Perkawinan ini menghasilkan ayam kawin F1 yang dikenal sebagai ayam kampung super.

Ayam petelur dijadikan induk betina dalam proses kawin silang ini karena mampu menghasilkan telur lebih banyak dibandingkan ayam kampung.

Sedangkan ayam kampung biasanya dijadikan jantan, sedangkan ayam kampung memiliki ciri-ciri ayam kampung. Artinya ayam DOC super lokal ini bisa diproduksi secara massal dalam waktu yang lebih singkat.

Sifat Ayam Kampung Super

1

Nyatanya, ayam kampung super terlihat hampir seperti ayam kampung pada umumnya. Hanya yang membedakannya seperti yang tertulis di bawah ini.

  • Ayam kampung jantan berukuran lebih besar dari pada betina. Selain itu, supercock memiliki sisir besar dengan cabang yang besar dan kokoh, palu dan warna bulu yang bervariasi.
  • Ayam kampung super betina umumnya terlihat sama dengan ayam kampung betina. Bedanya adalah warna telurnya, warna telur Super Village memiliki cangkang yang lebih kecoklatan dibanding telur ayam kampung biasa. Namun, bentuknya tetap sama dengan telur ayam kampung pada umumnya.
  • Waktu panen ayam super lebih cepat. Dalam 2 bulan dengan perawatan yang tepat, beratnya bisa mencapai 1,1 / 5 kg. Umur 44-74 hari siap dikonsumsi. Ini sangat berbeda dengan ayam kampung pada umumnya. Baru bisa dipanen saat berumur 3-6 bulan.
  • Sementara itu, perilaku ayam secara umum juga hampir mirip dengan ayam kampung yaitu tahan penyakit, suka tidur, suka berkokok. Dari umur 6 bulan sampai 1,5 tahun produktivitasnya bisa mencapai 80% perhari dari total jumlah ayam. Setelah 1,5 sampai 2 tahun itu menurun sekitar 40%. Ayam super native memiliki kemampuan bertelur terus menerus seperti ayam ras, namun tidak memiliki sifat inkubasi.

Cara Buat Pakan Ayam Joper

2

Bahan Membuat Pakan Ayam Joper:

  • Umbi talas
  • Bekatul
  • Beras
  • Tepung tulang

Cara Membuat Pakan Ayam Joper:

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong umbi atau daun talas menjadi ukuran yang sangat kecil, sekitar 1 cm.
  2. Setelah bahan dicincang, campurkan umbi dengan beras, dedak dan terigu dan gunakan air yang banyak.
  3. Masak adonan hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.
  4. Untuk membuat 2 kg pakan ayam bisa mencampurkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan 1 sendok makan tepung tulang.

Untuk menghemat biaya pakan, Anda bisa menggabungkan pakan utama dengan pakan tambahan tanpa harus mengurangi jumlah pakan ayam.

Ayam tidak hanya dapat meminimalkan biaya, tetapi mereka juga mendapatkan nutrisi tambahan yang tidak ada dalam pakan pabrik.

Tabel Persyaratan Pakan Ayam di atas dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam menentukan jumlah pakan yang diindikasikan. Untuk menggabungkan pakan utama dan pakan tambahan, Anda dapat membaginya dengan dosis 50% banding 50% atau 75% banding 25%.

Dosis pakan pelengkap 50% atau 25% dapat terdiri dari berbagai jenis pakan pelengkap seperti dedak, jagung, tepung kelapa, bungkil kedelai atau tepung hewan.

Anda perlu mencampurkan beberapa jenis makanan pendamping karena beberapa makanan pendamping tidak cocok jika diberikan dengan dosis lebih dari 30%.

Contohnya, berikut adalah jumlah pakan ayam Joper yang bisa Anda tiru. Jika Anda memiliki 100 ayam pada usia enam minggu, Anda membutuhkan 5 kg pakan per hari.

Anda dapat membagi jumlah ini 50% untuk pakan utama dan 50% untuk pakan tambahan sebesar 2,5 kg untuk setiap pakan.

Akan tetapi, ada berbagai jenis pakan yang tidak boleh dikonsumsi dalam batasan tertentu. Contohnya tepung ikan yang hanya bisa dikonsumsi 10% dari total pakan, jagung 20%, bungkil kedelai dan ubi kayu 40% dan dedak 45%.

Jumlah ini merupakan jumlah yang dianjurkan dari segi ekonomi dan gizi. Pakan pelengkap seperti kue adalah pakan yang mudah busuk. Oleh karena itu, dosisnya harus dibatasi agar tidak tercipta bau saat dikonsumsi.

Peluang Ternak Ayam Joper

Sejak lama penggemar kuliner ayam lebih menyukai ayam lokal daripada ayam broiler. Dari segi nilai rasa, ayam kampung lebih enak dan hangat. Kulit ayam yang dimasak lebih halus, lembut, dan tidak mudah robek.

Nilai gizi ayam kampung lebih baik dari pada ayam pedaging. Pasalnya, kandungan lemak ayam kampung lebih rendah dibandingkan ayam broiler. Sehingga ayam lokal dianggap lebih sehat.

Sayangnya, sebagaimana kita ketahui, populasi ayam kampung tidak setinggi ayam broiler. Penyebab utama ayam broiler (DOC) lebih mudah diidentifikasi, jumlahnya mencapai jutaan ekor per periode produksi.

Dalam kasus ayam buras, baik ayam super maupun murni, hanya ribuan yang dicapai per ekor dan periode produksi.

Lalu apa solusinya? Sebagai alternatif pilihan ayam, variasi ayam lokal Joper (Jowo Super) bisa jadi pilihan. Permintaan ayam jenis ini baik daging maupun telurnya semakin banyak diteliti oleh para pelaku bisnis kuliner.

Mengapa? Ayam Joper asli dapat dipanen lebih cepat dari ayam kampung biasa, sekitar 50 hari dengan berat 1 kg. Selain itu rasa dan tekstur ayam Joper tidak kalah dengan ayam kampung murni terutama pada ayam Joper muda.

Manfaat lain dari hasil persilangan ayam kampung ini antara lain tingkat kematian sekitar 5%, perawatan tidak berbau, bahkan cara pembiakan yang mudah karena bisa menggunakan lahan di rumah.

Dari mana asalnya ayam joper? Ayam Joper dibuat dari bahan penetasan dengan jenis ayam jangka panjang lainnya seperti ayam bangkok, pelung, kedu, atau jenis lainnya.

Sedikitnya ada lima jenis varietas persilangan untuk menghasilkan ayam Joper. Misalnya, ayam kedu dengan ayam white leghorn, Rhode Island, ayam broiler dengan ayam kampung.

Ayam petelur dengan ayam asli Bangkok, ayam petelur dan ayam Bangkok, serta persilangan ayam lignan dengan ayam lokal. Namun perlu diketahui bahwa jika ayam Joper disilangkan kembali maka akan menghasilkan ayam varietas yang kurang berkualitas.

Kalian juga bisa baca cara memelihara ayam potong agar dapat menambah ilmu dalam bidang peternakan.

Sekian pembahasan kita tentang cara buat pakan ayam joper,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*