Cara Budidaya Jagung Manis

Cara Budidaya Jagung Manis – Tanaman Jagung adalah jenis tanaman palawija yang umumnya ditanam di sawah ataupun ladang.

Penggunaan tanaman Jagung biasanya digunakan sebagai pengganti nasi (tanaman Padi) yang digunakan sebagai makanan pokok yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Selain itu nasi yang terbuat dari tanaman Jagung sering digunakan oleh orang yang mempunyai penyakit kadar gula yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan kadar gula (Glukosa) pada tanaman Jagung lebih rendah dibandingkan dengan tanaman Padi (Beras).

Selain digunakan untuk pengganti makanan pokok. Ada jenis tanaman Jagung lain yang di konsumsi dengan berbagai cara pengolahan, seperti dibakar, dibuat pop corn atau hanya direbus saja. sebenarnya semua jenis jagung bisa diolah sedemikian rupa.

Akan tetapi rasanya akan hambar jika tidak ditambahkan bahan pelengkap sebagai bumbu. Berbeda jika mengunakan tanaman Jagung manis. Tanpa bahan pelengkap apapun hasil olahan jagung tersebut sudah manis.

Pemanfaatan Jagung manis bisa Anda gunakan untuk sajian saat kumpul bersama teman-teman Anda.

Selagi berkumpul, Jagung manis yang sudah Anda persiapkan sebelumnya hanya perlu dibakar untuk menambah suasana pada malam hari tersebut. Untuk mendapatkan Jagung manis, Anda bisa membelinya di pasar, atau Anda bisa menanamnya sendiri.

Dan pada saat tanaman Jagung manis yang sudah Anda tanam sudah siap panen, barulah undang teman-teman Anda untuk mengadakan acara bakar-bakar Jagung manis di rumah Anda.

Cara Budidaya Jagung Manis dengan Mudah dengan Polybag

Sebenarnya tidak sulit untuk menanam tanaman Jagung manis. Anda bisa mencari cara budidaya Jagung manis di internet.

Jika permasalahannya, Anda tidak mempunyai lahan yang kosong. Anda bisa memanfaatkan atap rumah Anda sebagai tempat menanam jagung. Tentunya dengan memanfaatkan polybag atau pot.

Peralatan dan bahan yang perlu Anda siapkan untuk budidaya tanaman Jagung manis, pertama adalah benih Jagung manis itu sendiri. Anda bisa mendapatkan benih Jagung manis di toko pertanian atau online shop yang menjual berbagai macam benih. Kedua adalah media tanam.

Untuk media tanam, bisa menggunakan pupuk kandang, tanah dan juga arang sekam. Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat.

Untuk peralatannya, yang wajib ada adalah pot ataupun polybag dengan diameter 10-15 cm. Untuk peralatan lainnya hanya sebagai pembantu saja, seperti sekop kecil.

Setelah alat dan bahan terpenuhi semua. Tahaan berikutnya adalah proses menaman. Pertama, siapkan media tanam berupa campuran pupuk kandang, tanah dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Dan masukkan kedalam polybag.

Cukup setengan saja. kemudian tanam benih Jagung manis pada polybag tersebut. Anda bisa menanam b2 benih jagung manis dalam 1 polybag, kemudian tutup kembali dengan media tanam secara tipis saja. kemudian siram dengan air secukupnya.

Sebelum itu lubangi dulu polybag untuk sirkulasi air. Anda bisa meletakkan polybag tersebut diatap rumah Anda, agar bisa mendapatkan sinar matahari.

Untuk perawatannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramnya setiap hari. Usahakan media tanam tersebut jangan sampai kering. Satu hal lagi selain perlu air, Tanaman Jagung manis juga memerlukan pupuk untuk makanannya.

Anda bisa menggunakan pupuk kandang dengan harga yang murah,atau bisa menggunakan pupuk anorganik. Untuk pemupukan, bisa Anda lakukan setelah minggu kedua, dan juga pada saat tanaman Jagung manis mulai berbunga.

Secara normal umur tanaman Jagung manis selama 60 hari baru bisa dipanen. Seperti itulah cara budidaya Jagung manis yang bisa Anda lakukan di rumah Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*