Cara Membersihkan Alat Pemanggang Yang Berkarat Dengan Aluminium Foil Dan Cuka

Alat pemanggang merupakan salah satu peralatan memasak yang digunakan untuk memasak makanan dengan cara dibakar secara tak langsung. Pemanggang biasanya digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan mulai dari daging, ikan, sayuran, dan bahan makanan lainnya. Umumnya alat pemanggang biasa ditemukan di berbagai acara pesta maupun sebagai salah satu alat yang digunakan di beberapa restoran.

Alat pemanggang sendiri cukup mudah didapatkan dan dibeli di berbagai toko mesin pengolah makanan yang ada di banyak tempat. Banyak dari toko mesin pengolah makanan tersebut yang menawarkan berbagai jenis alat pemanggang dengan harga yang menarik. Disamping itu, tak sedikit dari toko tersebut yang juga menawarkan berbagai kemudahan dalam pembelian seperti diskon dan cicilan.

1

Alat pemanggang, khususnya pada restoran atau tempat makan, umumnya akan digunakan secara terus menerus untuk memanggang bahan makanan. Hal tersebut biasanya akan membuat banyak sisa minyak dan sisa makanan yang dipanggang menempel pada bagian grill atau panggangannya. Sisa dari pemanggangan makanan tersebut jika dibiarkan terus menerus akan memicu timbulnya karat pada bagian panggangan alat pemanggang tersebut.

Karenanya, sangat penting untuk merawat dan membersihkan alat pemanggang tersebut secara berkala agar tidak mudah berkarat. Tetapi, bagaimana jika alat pemanggang sudah terlanjur berkarat terutama pada bagian permukaan panggangan yang biasa digunakan untuk memasak? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan karat pada alat pemanggang dengan menggunakan alumunium foil dan cuka:

Campurkan Air dan Cuka

Pertama yang harus dilakukan untuk memulai menghilangkan karat adalah campurkan air dan cuka dengan perbandingan satu banding satu. Agar lebih mudah, gunakan wadah berupa mangkok untuk mengukur dan mencampurkan kedua bahan untuk membersihkan tersebut. Setelahnya, masukan campuran air dengan cuka tadi ke dalam botol spray dan kocok botol tersebut agar keduanya tercampur dengan baik.

Semprotkan Campuran Pembersih Ke Panggangan

Kedua, setelah pembersih tercampur dengan baik, lanjutkan dengan menyemprot campuran pembersih tersebut pada alat pemanggang yang berkarat. Semprotkan campuran air dan cuka tersebut lebih banyak pada bagian yang berkarat dan biarkan selama lima hingga sepuluh menit. Hal tersebut berfungsi agar campuran cuka menyerap karat dan sisa bahan makanan lainnya yang ada pada panggangan.

2

Bentuk Aluminium Foil Menjadi Bola Kecil

Ketiga, setelah alat pemanggang yang sudah disemprot dengan pembersih tadi didiamkan selama 10 menit, mulailah membersihkan dengan aluminium foil. Siapkan potongan aluminium foil sepanjang sekitar 90 centimeter terlebih dahulu dan bentuk menjadi bulatan yang menyerupai bola kasti. Jika ada sikat pembersih panggangan, bisa juga menggunakannya, namun lebih baik menggunakan aluminium foil untuk mencegah goresan yang tidak diinginkan.

Gosok Alat Pemanggang Dengan Menggunakan Alumunium Foil

Keempat, langkah selanjutnya setelah aluminium foil sudah dibentuk bulat, maka gosoklah alat pemanggang dengan menggunakan aluminium foil tersebut. Sebelumnya, semprotkan dahulu sedikit campuran pembersih yang terbuat dari air dan cuka pada bulatan aluminium foil. Lalu, mulai gosokkan aluminium foil tersebut pada seluruh bagian panggangan terutama pada bagian yang sudah berkarat.

3

Bilas dan Keringkan Panggangan Yang Telah Digosok

Terakhir, setelah panggangan selesai digosok dengan aluminium foil, selanjutnya bilaslah semua bagian yang sudah digosok dengan air bersih. Bilas dengan menggunakan air yang mengalir agar semua bagian bersih dari sisa karat dan sisa lainnya serta dari cairan pembersih. Kemudian, keringkan dengan menggunakan kain yang kering dan bersih di semua sudut panggangan dan alat pemanggang siap digunakan kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*