Cara Membersihkan Debu dan Kotoran yang Menempel pada Strap Jam Tangan Berbahan Karet

Strap jam tangan adalah bagian penting pada jam tangan yang berguna untuk mengaitkan jam tangan pada pergelangan tangan. Jenis strap pada jam tangan sendiri bermacam-macam mulai dari strap berbahan stainless steel hingga strap berbahan karet atau resin. Semua brand ternama seperti jam tangan Casio, Seiko, Orient, dan lainnya memiliki jam tangan dengan berbagai pilihan jenis strap.

Salah satu jenis strap yang cukup umum digunakan pada jam tangan adalah strap dari bahan resin atau karet. Bahan karet biasanya dipilih karena mempunyai ketahanan yang baik serta lebih ringan dibanding jenis bahan lainnya seperti stainless steel. Selain itu, bahan karet untuk strap jam tangan juga lebih tahan air dan bisa dibuat dalam bermacam-macam warna yang menarik.

1

Saat pemakaian sehari-hari, strap jam tangan biasanya akan lebih sering terkena debu dan kotoran lainnya yang berukuran kecil. Terkadang debu dan kotoran tersebut bisa dibersihkan dengan mudah dengan cara mengusapnya menggunakan tangan atau tisu. Akan tetapi kadangkala ada pula debu dan kotoran yang tetap menempel di jam tangan dan sulit untuk dibersihkan dengan tangan.

Debu dan kotoran yang menempel pada strap jam tangan bisa mengurangi keindahan jam tangan itu sendiri. Selain itu, debu dan kotoran yang menempel terlalu lama juga membuat strap berbahan karet pada jam tangan menjadi mudah rusak. Oleh karenanya, debu dan kotoran yang sulit dihilangkan tersebut harus dibersihkan dengan cara berikut ini:

2

Siapkan Dahulu Beberapa Bahan

Sebelum memulai membersihkan strap bahan karet, siapkan dulu beberapa bahan dan benda untuk membersihkan strap jam tangan. Beberapa bahan yang perlu disiapkan terdiri dari sikat yang lembut, pasta gigi, baking soda, spiritus, dan kapas. Semua bahan tersebut akan digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada pada strap jam tangan yang terbuat dari karet.

Lepaskan Strap Jam Tangan

Hal pertama yang harus dilakukan setelah menyiapkan beberapa bahan adalah melepas strap jam tangan dari case jam tangan. Strap jam tangan berbahan karet akan lebih mudah dibersihkan jika dilepaskan dari bagian utama jam tangan. Pelepasan tersebut juga untuk menghindari bagian case jam tangan tangan terkena bahan pembersih dan agar lebih mudah dibersihkan menyeluruh.

3

Oleskan Pasta Gigi dan Gosok Strap Jam Tangan

Setelah melepas strap, oleskan pasta gigi pada bagian-bagian strap karet jam tangan terutama bagian yang terlihat berdebu dan kotor. Setelahnya, gunakan tangan atau sikat lembut untuk meratakan pasta gigi ke seluruh bagian strap jam tangan dengan lembut. Lalu, setelah diratakan, gosok strap berbahan karet tersebut secara lembut menggunakan tangan atau sikat yang lembut.

Bilas Strap Karet dengan Air Bersih dan Keringkan

Langkah selanjutnya, setelah strap berbahan karet digosok dan dibersihkan dengan pasta gigi menggunakan tangan atau sikat adalah dibilas. Pembilasan ini menggunakan air bersih dan dibilas secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang digunakan pada strap jam tangan. Keringkan sampai benar-benar kering strap jam tangan berbahan karet tersebut setelah proses pembilasan selesai dilakukan.

4

Gunakan Baking Soda atau Spiritus Jika Kotoran dan Noda Masih Ada.

Jika kotoran masih menempel, gunakan kapas yang diberi spiritus untuk diusapkan pada strap dan ulangi langkah penggosokan hingga pengeringan. Namun, jika masih masih belum hilang, gunakan campuran baking soda dengan pasta gigi dan ulangi proses penggosokan hingga pengeringan. Pada proses pembersihan menggunakan campuran baking soda dan pasta gigi, sebaiknya proses penggosokannya lebih lembut untuk mencegah strap mudah rusak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*