Cara Membersihkan Jok Kulit Asli dengan Benar dan Mudah

Cara membersihkan jok kulit asli

Jok adalah salah satu interior paling penting dari sebuah mobil. Jok juga merupakan salah satu hal yang menentukan kenyamanan pengendara saat bepergian. Sehingga, jok pun dapat dilapisi dengan kulit asli agar terkesan mewah dan juga nyaman. Oleh karena itu, cara membersihkan jok kulit asli juga harus anda lakukan dengan benar.

baca juga cuci jok mobil tangerang

Cara Membersihkan Jok Kulit Asli

Bahan pelapis jok banyak dipakai untuk mobil-mobil dengan kelas premium. Akan tetapi, tak jarang yang menggunakan kulit asli sebagai jok mobil untuk kalangan menengah ke bawah.

Biasanya, mereka melakukan hal tersebut agar mendapatkan posisi duduk yang nyaman dan juga terkesan mewah. Bahan yang biasa dipakai dalam pembuatan lapisan jok kulit asli ini adalah kulit hewan.

Yang paling umum adalah kulit dari sapi. Penggunaan jok dengan kulit asli dapat semakin awet jika dirawat dengan baik dan benar. Hal ini terutama pada bagian yang paling sering diduduki. Namun, bagian jok yang terkena kotoran atau debu juga harus diberikan perhatian.

baca juga jasa cuci jok mobil tangerang

Langkah Membersihkan Jok Kulit Asli

Ada beberapa cara membersihkan jok kulit asli anda dengan tepat. Hal ini diperlukan agar jok mobil anda lebih awet dan juga tahan lama. Tentu cara yang tepat dapat membuat keawetan jok bertahan lebih lama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Gunakan Air dan Lap Lembut

Secara umum, membersihkan jok adalah menyeka dengan lap dan juga menggunakan air yang bersih. Disamping itu, anda dapat memilih cairan pembersih yang tepat dan cocok dipakai untuk bahan kulit yang asli.

Biasanya, pembersih untuk jok kulit asli ini berbentuk pasta. Karena jika memakai pembersih dengan bahan air, akan membuat jok menjadi berjamur dan cepat rusak. Kemudian, penting sekali untuk memakai kain yang lembut dan halus. Hal ini akan menghindari goresan pada jok.

Sikat dengan Lembut

Kotoran pada jok mungkin saja adalah kotoran yang bisa diperoleh dari bahan yang membandel. Sehingga cara membersihkan jok kulit asli akan sangat sulit jika mengelapnya saja.

Oleh karena itu, kotoran tersebut dapat anda bersihkan dengan menyikat jok. Akan tetapi, sebaiknya gunakan sikat yang lembut. Misalkan saja anda dapat menggunakan sikat gigi yang berbulu halus.

Untuk penyikatan jok, jangan melakukannya dengan keras. Hal tersebut justru akan berpotensi membuat lapisan jok robek dan mudah rusak.

Tekan dan sikatlah dengan perlahan agar jok mobil anda dapat bertahan lebih awet. Jangan lupa untuk menyekanya dengan lap bersih setelah selesai penyikatan.

Manfaatkan Shampo Bayi

Cara membersihkan jok kulit asli dengan memanfaatkan shampo bayi. Shampo bayi mempunyai kandungan pH yang seimbang. Kemudian juga terasa lebih lembut sehingga aman dipakai untuk membersihkan lapisan pada jok kulit asli mobil anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*