Cara Membersihkan Oven dengan Soda Kue dan Cuka

Memiliki mesin oven merupakan sebuah keharusan jika Anda menjalankan bisnis roti atau sekedar hobi membuat makanan. Namun, membersihkan oven adalah salah satu hal yang merepotkan jika Anda tidak tahu cara melakukannya. Anda dapat memanfaatkan cuka dan soda kue untuk melakukannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa cara membersihkan oven dengan soda kue dan cuka yang dapat Anda coba.

Beberapa hal yang Anda butuhkan

1
  • Bubuk soda kue
  • Air
  • Sarung tangan karet
  • Kain lap basah
  • Spatula plastik atau silikon
  • Botol semprotan
  • Cuka

1. Kosongkan oven

Kososngkan rak oven Anda, termometer oven, dan apa pun yang Anda miliki di dalam oven.

2. Buat pasta soda kue

Dalam mangkuk kecil, campur 1/2 gelas soda kue dengan beberapa sendok makan air. Sesuaikan rasio keduanya sesuai kebutuhan hingga Anda memiliki pasta yang dapat digunakan. Bagi saya ini butuh sekitar 3 sendok makan air untuk mendapatkan konsistensi tepat.

3. Lapisi oven Anda dengan soda kue

Sebarkan pasta ke seluruh permukaan interior oven Anda, namun jauhkan dari elemen pemanas. Dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukannya. Hal ini akan membantu Anda benar-benar masuk ke bagian dalam oven dan melapisi setiap celah paling kotor tanpa harus khawatir tentang semua kotoran di bawah kuku Anda. Soda kue akan berubah warna kecoklatan saat Anda menggosoknya. Cobalah untuk melapisi seluruh oven sesuai kemampuan Anda, dengan memberi perhatian ekstra pada area yang berminyak.

4. Biarkan semalaman

Biarkan campuran soda kue untuk meresap setidaknya 12 jam, atau semalam.

5. Berishkan rak oven Anda

Sementara itu, bersihkan rak oven Anda dengan seksama

6. Berishkan oven dari soda kue

Setelah 12 jam atau semalaman, ambil kain lap basah dan bersihkan sebanyak mungkin pasta soda kue yang ada. Gunakan spatula plastik atau silikon untuk membantu mengikis pasta sesuai kebutuhan. Banyak orang menemukan bahwa kain lembab dapat membersihkan sisa baking soda dengan baik, tetapi spatula mungkin berguna di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

7. Semprotkan sedikit cuka

Taruh sedikit cuka dalam botol semprot dan semprotkan di bagian mana Anda masih melihat sisa soda kue di oven Anda. Cuka akan bereaksi dengan soda kue dan berbusa lembut.

8. Lakukan pembersihan terakhir

Ambil kain lembab dan bersihkan sisa campuran soda kue serta cuka yang berbusa. Ulangi sampai semua sisa soda kue hilang. Tambahkan lebih banyak air atau cuka sesuai kebutuhan sambil menyeka agar oven benar-benar bersih dan mengkilap.

9. Memasang kembali bagian yang ada

Terakhir, pasang kembali bagian oven dan apa pun yang Anda simpan di dalamnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*