5 Cara Membersihkan Rumah Ala Jepang Dengan Metode Konmari

Cara Membersihkan Rumah Ala Jepang

Pernah dengar cara membersihkan rumah ala Jepang? Jangan  buru-buru berpikir robot canggih pembersih rumah dulu. Sebab meski dikenal sebagai rajanya teknologi. Jepang masih mengedepankan prinsip tradisional dalam hal ini.

Masyarakat Jepang punya metode unik membersihkan rumah. Atau yang lebih dikenal dengan ala Konmari. Metode ala Jepang ini ditemukan oleh Marie Kondo. Yaitu seorang konsultan sekaligus penulis buku.

baca juga artikel mengenai jasa bersih rumah tangerang

Cara membersihkan rumah ala masyarakat Jepang ini memiliki 5 teknik. Apa saja itu? Perhatikan berikut ini:

  • Seiri (Memilah)

Maksudnya, pilah-pilah dulu barang Anda. Pisahkan yang masih dibutuhkan dan yang tidak. Ingat, yang “dibutuhkan” bukan “diinginkan”.

Buanglah barang yang sudah tidak dibutuhkan tersebut. Misal, kardus bekas atau baju lama yang tidak terpakai. Jangan merasa sayang dibuang. Atau rumah Anda lama-kelamaan akan penuh dengan sampah.

Ubahlah pola pikir ‘asalkan rumah rapi’. Karena bagaimana pun, terlalu banyak barang akan terkesan buruk. Rumah menjadi tampak kotor dan berantakan. Tapi jika Anda tidak ingin membuangnya, simpan saja didalam gudang.

  • Seiton (Mengelompokkan)

Rapikan barang dengan mengelompokkannya sesuai kategori. Jadi kumpulkan lebih dulu barang sejenis. Contohnya, simpan pakaian di lemari pakaian. Satukan baju dengan baju dan celana dengan celana.

Rapikan juga buku di rak buku. Dan tata rapi sepatu di rak sepatu. Anda bisa juga masukkan barang ke dalam kotak penyimpanan.

Begitu juga pada dapur. Kelompokkan alat makan dengan alat makan. Dan untuk alat masak dengan alat masak, bumbu dengan bumbu.

cek juga narasi tentang cleaning service tangerang

  • Seiso (Membersihkan)

Cara membersihkan rumah ala jepang ini memerlukan waktu. Dalam artian Anda harus meluangkan waktu. Sempatkan waktu khusus untuk bersih-bersih rumah. Bisa 1 sampai 2 kali dalam seminggu, atau bebas.

Yang perlu diingat, bersihkan sekali menyeluruh. Jangan hari ini bersihkan ruang tamu. Lalu besok dapur dan besoknya lagi kamar mandi. Selesaikan semua dalam sehari. Atau lebih baik buatlah jadwal kegiatannya.

  • Seiketsu (Standarisasi)

Artinya, buatlah standar kebersihan untuk hunian. Anda bisa membuat semacam aturan sendiri. Misal, simpan sepatu di rak belakang. Atau komik di rak bagian paling bawah, dan sebagainya.

Selesai barang digunakan, taruh kembali di tempatnya. Jangan biarkan tergeletak begitu saja. Dengan demikian, rumah akan awet rapi. Barang-barang juga lebih tertata dan menetap. Karena Anda yang tidak sembarangan menaruhnya.

  • Shitsuke (Berkelanjutan)

Cara terakhir adalah shitsuke atau berkelanjutan. Maksudnya, bangunlah budaya disiplin pada diri kita. Disiplin menjaga kebersihan rumah dengan dimulai dari diri sendiri. Cukup mulai dari hal kecil dan kebiasaan.

Usahakan selalu menjaga kebersihan rumah secara rutin. Jangan hanya selama periode tertentu. Atau karena menyambut acara-acara penting saja. Tapi jagalah kebersihan rumah secara terus menerus.

Ketika Anda bisa melakukannya berkelanjutan, itu akan jadi kebiasaan. Anda pun akan terbiasa, tidak seolah terpaksa.

Nah, itulah cara membersihkan rumah ala Jepang dengan lima tekniknya. Supaya rumah bersih dan rapi, yuk coba terapkan cara ini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*