Cara Membuat Bolen Pisang Takaran Sendok

cara membuat bolen pisang

Hallo apabar semua? harapannya selalu sehta pastinya dan tetap semangat disaat kondisi pandemi seperti sekarang ini. Pada ratikel kali ini akan membahas tentang ” Cara Membuat Bolen Pisang Takaran Sendok “. Biasanya jika membuat makanan atau snack tanpa ditakar nantinya akan kelebihan atau bahkan terkadang kurang. Nah mau tau gimana caranya pas? Yuk simak pembahasannya dibawah ini !

cara membuat bolen pisang takaran sendok

Cara Membuat Bolen Pisang Takaran Sendok

Pernahkah Anda mencicipi roti asin? Bolen pisang merupakan salah satu jajanan yang banyak disukai orang. Roti yang berbahan dasar pisang memang menjadi favorit. Roti yang dimasak memiliki rasa yang enak dan menggoda. Maka tak heran jika anak-anak di usia lanjut menikmati roti ini. Makanan khas Bandung ini memang banyak dijual di berbagai tempat. Harga roti dingin cukup terjangkau. Dengan uang mulai Rp. 1.500 sampai Rp. 3.000, Anda sudah bisa menikmati rasa roti panggang. Roti dengan tekstur yang lembut ini memang sangat cocok untuk berbagai acara, baik itu arisan, hiburan tamu, teman minum teh dan oleh-oleh.

Dikatakan bahwa tidak sulit untuk membuat bola roti. Dimana roti bolen ini bisa dibuat dengan langkah mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti gulung mudah ditemukan. Cara membuat bola-bola roti tidak rumit dan bisa dikatakan sederhana. Apakah Anda tahu semua resep untuk membuat roti gulung? Jika ini tidak terjadi maka mungkin artikel kami tentang resep roti sangat cocok untuk dibaca. Dimana anda bisa lebih memahami cara membuat kue yang enak ini dengan resep roti bolen ini. Apakah Anda penasaran? Simak resep membuat roti gulung yang kami tawarkan berikut ini:

Resep pertama untuk membuat roti goreng
Inilah resep membuat roti tawar pertama yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan kulit Umbi Pisang :

  •  250 gram tepung terigu (protein sedang)
  •  Adonan margarin kualitas bagus 75 gram
  •  Susu bubuk 1 sdm
  • 50 gram gula pasir
  • Baking powder 1/2 sdt
  • 2 kuning telur
  • Mentega 50 gram
  • 100 ml air es

Untuk olesan pastry (kocok):

  • 1 kuning telur
  • 2 sendok makan susu cair

Isi Kue Pisang Bolen :

  •  Tahu pisang raja dan 8 potong matang
  •  100 gram gula pasir
  •  100ml air
  •  Keju sesuai selera
  • Coklat bulan sesuai selera
  • Gadis cokelat secukupnya

Cara Membuat Roti Pisang Bolen :

  1. Persiapan Roti Isi: mulai dengan merebus pisang raja dengan gula dan air sampai pisang cukup matang tetapi tidak terlalu lunak.
  2. Kemudian angkat dan tiriskan juga
  3. Membuat kulit dingin: ini adalah campuran tepung, ragi, gula dan susu bubuk.
  4. Tambahkan kuning telur, mentega dan air es lalu adonan bisa digerus hingga kalis.
  5. Bentuk kulit umbi menjadi roti dan diamkan selama 15 menit sampai membengkak.
  6. Kemudian tekan adonan menjadi bentuk persegi, sajikan 1/3 bagian tepung panir margarin dan ratakan.
  7. Lipat sisi kiri dan kanan ke tengah dan lipat lagi. Biarkan hingga 15 menit. Lakukan hingga margarin habis. Simpan di lemari es hingga 30 menit.
  8. Gilas adonan hingga setebal 3 mm, lalu potong-potong. Ambil sepotong pasta kulit dan isi dengan pisang sambil ditekan. Tambahkan secukupnya dengan pisau cokelat dan keju di tengahnya. Oleh karena itu dapat dilipat.
  9. Kemudian olesi semua adonan dengan minyak, taruh di atas loyang untuk dipanggang.
  10. Masak bola pisang selama sekitar 20 menit pada suhu 180 derajat Celcius. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Pisang Kukus Anti Gagal

Resep Kedua Roti Bolen Pisang

Bahan yang dibutuhkan:

  • 50 gram mentega.
  • 1 sendok makan susu bubuk.
  • 60 gram gula halus.
  • 1/4 kg tepung terigu protein sedang.
  • 75 gram adonan margarin (lemak silang).
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 2 kuning telur ayam.
  • 100 ml air es.

Bahan untuk Filling Banana Sandwich:

  • Keju secukupnya (potong sesuai selera)
  • 7 – 8 pisang raja (potong menjadi 2 atau 3 bagian sesuai keinginan)
  • kue coklat sesuai selera.

Bahan untuk sandwich pisang:

  • Keju parut secukupnya
  • 1 kuning telur (kocok lepas)

Cara Membuat Roti Bolen Pisang :

  1. Dimulai dengan menyiapkan mangkuk besar, pertama-tama masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan ragi ke dalam mangkuk dan aduk hingga adonan kalis.
  2. Kemudian Anda dapat menuangkan kuning telur, mentega dan air es sebelumnya ke dalam campuran bahan, mencampur adonan dengan tangan Anda sampai homogen dan halus.
  3. Kemudian ambil adonan dan bentuk menjadi bola-bola, diamkan adonan hingga mengembang kurang lebih 45 menit.
  4. Setelah adonan mengembang, pipihkan setiap lingkaran adonan hingga membentuk bujur sangkar dan ratakan 1/3 adonan margarin di atas adonan.
  5. Kemudian lipat sisi kanan dan kiri adonan yang rata ke arah tengah, dan lipat lagi, biarkan adonan mengembang kurang lebih 45 menit, lakukan hal yang sama hingga margarin adonan mengembang.
  6. Setelah adonan mengembang, masukkan adonan roti pisang ke dalam lemari es dan biarkan dingin selama 30 menit.
  7. Kemudian Anda dapat menekan adonan sekitar 0,3 cm sampai tipis, potong adonan menjadi ukuran 4 x 4 cm (bentuk kotak).
  8. Kemudian tambahkan irisan pisang, keju dan cokelat haluskan di atas setiap lembar kue dan lipat dalam adonan.
  9. Langkah selanjutnya siapkan loyang dan olesi dengan margarin secara merata, letakkan adonan bola pisang di atas loyang dan olesi permukaan adonan dengan kuning telur dan taburi dengan coklat misi.
  10. Kemudian panggang adonan roti di dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius hingga 20 menit hingga matang dan berwarna keemasan.
  11. Setelah kue matang, angkat, letakkan kue di piring saji dan siap disajikan.

Asal Usul Roti Bolen Pisang

Jika Anda sedang berlibur ke Bandung, rasanya tidak enak jika tidak membeli oleh-oleh yang satu ini. Ya, bola pisang legendaris ini rasanya enak dan mendapat tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner Bandung. Perpaduan tekstur yang lembut dengan isian pisang yang manis berpadu dengan kelezatan cokelat dan keju bisa menyejukkan hati saat menyantap jajanan ini.

Selain rasanya yang enak yang tetap dengan bahasa dan semangatnya, ada baiknya kita juga mengetahui fakta dan sejarah makanan yang sering dijadikan oleh-oleh khas kota kembang ini. Berikut ulasannya.
Kartika Sari merupakan salah satu toko kue yang paling laris di Bandung yang namanya sudah banyak dikenal masyarakat. Pisang ini juga menjadi terkenal berkat pemilik kue kering, Ratnawati Purnomo, yang diluncurkan pada tahun 1984.

Awalnya Ratnawati hanya menjual kue lapis dan kue bolu kukus, namun kecintaannya pada dunia manisan membuatnya berinovasi dan membuat bola-bola pisang dengan adonan yang enak ini.
Nama Bolen sendiri berasal dari bentuk kue yang hampir mirip dengan mixer beton, atau truk Bolen. Seperti halnya nastar, bolu pisang merupakan inovasi yang berasal dari resep pastry Belanda, sehingga rasanya lebih bisa diterima bahasa penduduk Indonesia dan variasi isiannya lebih banyak tersedia.

Semakin populernya bola pisang, pemilik usaha pie khas Bandung ini pun memunculkan ide dengan membuat variasi isian dari bola-bola tersebut. Sekarang Anda dapat menemukan umbi dengan isian selain pisang, yaitu umbi puyeum (pita), umbi durian, umbi apel, umbi kacang hijau, umbi rumpun dan sebagainya.

Ukuran Bolen Pisang

Pisang millet berukuran lebih kecil dari pisang bulbous, meskipun memiliki nama yang hampir sama. Penggilingan pisang sering diperdagangkan oleh pedagang kentang goreng di pinggir jalan, sedangkan bola pisang paling dikenal sebagai oleh-oleh khas kota Bandung. Mill hanya berisi isian pisang, sedangkan bulb berisi berbagai macam isian, seperti pisang, coklat, keju, apel, durian dan banyak lagi.

Tekstur dan bahan kulit kedua makanan ini juga berbeda. Pabrik pisang membuat sekam dari tepung terigu, mentega, gula, valini dan air. Sedangkan bola-bola menggunakan bahan pastry yaitu tepung terigu, gula kristal, lemak babi dan air. Dari segi harga, pisang jauh lebih mahal daripada pisang giling.

Dari artikel diatas kita tau bolen pisang merupakan makanan ringan atau juga bisa disebut dengan snack dan cocok banget untuk acar hajatan atau yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini semoga bisa mencoba membuat bolen pisang dirumah saja. Terimakasih!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*