Cara Membuat Dompet dari Botol Plastik yang Mudah

Cara Membuat Dompet dari Botol Plastik

Masih bingung membuat dompet dari botol plastik?.Nah,maka dari itu cobalah untuk membuat dompet dari botol plastik.berikut langkah-langkah pembuatanya.sebelum ke cara pembuatan dompet dari botol plastik,simak baik-baik sejarah botol plastik berikut ini.

Sejarah Botol Plastik

Cara Membuat Dompet dari Botol Plastik

Botol plastik pertama kali ditemukan oleh Alexander Parks pada tahun 1862. Botol plastik pertama yang ditemukan oleh Parks berasal dari selulosa yang disebut parkisin. Kemudian penemuannya dipamerkan di Great International Exhibition di London. Dia mengklaim bahwa penemuannya lebih murah daripada karet dan lebih mudah dibentuk.

Pengertian Botol Plastik

Botol plastik adalah sebuah botol yang terbuat dari plastik. Botol plastik sering digunakan untuk menyimpan cairan seperti air, minuman ringan, oli motor, minyak, obat, sampo, susu dan tinta. Ukurannya beragam membuat botol plastik banyak di minati oleh masyarakat,mulai dari botol sampel yang sangat kecil hingga botol carboy besar.

Cara Membuat Dompet dari Botol Plastik

1.Cara Membuat Dompet Lucu dari Botol Plastik

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

  •  2 botol bekas
  • Resleting
  • Siapkan tali
  • Jarum besar
  • Siapkan gunting/pisau

Cara membuat dompet lucu dari botol plastik:

  1. Langkah pertama yakni memotong kedua botol tersebut dalam dua bagian. Bagian bawah yang dapat digunakan.
  2. Selanjutnya gabungkan kedua potongan botol bagian bawah tersebut dengan tambahan resleting dengan menggunakan tali/benang.
  3. Dompet telah jadi dari botol bekas.

2.Cara Membuat Dompet Koin dari Botol Plastik

Bahan yang di butuhkan:

  • Botol Plastik
  • Gunting
  • Lilin
  • Korek Api
  • Kain Flanel
  • Benang katun
  • Jarum Jahit yang Lubangya Besar
  • Kawat
  • Penyetelan ulang

Cara pembuatan dompet koin dari Botol Plastik:

  1. Siapkan 2 botol plastik
  2. Potong botol menjadi 2 bagian sesuai selera dan kebutuhan
  3. Panaskan kawat dengan api untuk melubangi botol yang nantinya sebagai tempat dijahitnya retsleting
  4. Jahit retsleting pada botol dengan mengikuti lubang yang telah dibuat
  5. Berikan tali di bagian atas dengan cara di beri 2 lubang masukan kemudian ke dua ujung tali di ikat
  6. Langkah terakhir dengan menghias menggunakan kain flanel dan manik-manik
  7. dan jadilah dompet unik yang kita inginkan,selain sebagai wadah uang dompet ini juga bisa untuk menyimpan barang kosmetik,alat tulis,alat jahit dan dll.

3.Cara Membuat Dompet dari Botol Plastik

Siapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti :

  • Dua buah botol
  • Benang dan jarum
  • Cutter
  • Resleting dan tali.

Cara Membuat :

  1. Caranya potong botol sisa bagian bawah seperti pada gambar
  2. Satukan kedua potongan botol dengan resleting dengan resleting
  3. Jahitkan resleting dengan ujung masing-masing botol
  4. Sisa ujung resleting dapat dipotong atau dibentuk-bentuk menjadi hiasan
  5. Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menghiasi dompet yang telah jadi sesuai dengan keinginan kamu. Dompet dari botol bekas pun siap untuk dipakai.

Kerugian menggunakan Botol Plastik

1. Sulit Diurai

Plastik dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari minyak Bumi.Bahan-bahan itu sulit diuraikan.Akibatnya, plastik dapat terurai setelah belasan hingga puluhan tahun lamanya!

2. Menjadi Sampah yang Berbahaya

Sampah Plastik yang sulit terurai akan menjadi sampah yang berbahaya bagi lingkungan.Ada yang berada di kantong plastik, botol plastik, dan sebagainya yang dapat berbahaya bagi diri kita dan lingkungan.

3. Menyumbat Saluran Air

Ketika sampah tidak ada, sampah botol plastik dapat menyumbat saluran air.saat hujan datang, saluran udara yang tersumbat dapat menyebabkan banjir.

4. Melepaskan Zat Kimia Berbahaya

Jika sampah plastik terbakar, sampah plastik akan melepaskan zat kimia.Zat kimia itu dapat menyebabkan tanah dan penyakit berbahaya untuk organ pernafasan manusia.

5. Mengotori Laut

Plastik yang mengotori laut, dapat menabrak sungai, yang akhirnya terbawa sampai ke laut.Di laut, sampah botol plastik serta membahayakan binatang laut.

Bahaya Penggunaan Botol Plastik Terhadap Kesehatan

1.Bahaya Botol Plastik-Mengandung partikel plastik

Satu studi melaporkan bahwa 93% dari 259 botol plastik dari seluruh dunia mengandung mikroplastik polimer. Selain itu, tidak semua partikel plastik yang ada berukuran kecil dan dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop.

Menurut data dari Center for International Environmental Law, plastik memiliki risiko yang berbeda terhadap kesehatan manusia berdasarkan tahapan hidupnya. Mikroplastik dikaitkan dengan hasil kesehatan yang negatif mulai dari penyakit kardiovaskular hingga kanker dan penyakit autoimun.

2.Bahaya Botol Plastik-Bisa terkontaminasi bakteri E.Coli

Botol plastik memiliki kemampuan untuk menampung dan menyembunyikan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Kemungkinan besar, bakteri tersebut berasal dari kontaminasi selama penanganan seperti saat mengisi ulang botol plastik.

Anda bisa mengganti botol plastik dengan wadah yang permukaannya halus, seperti logam atau kaca, agar mikroorganisme lebih sulit berkembang biak.

3.Bahaya Botol Plasik-Bisa mempunyai bahan kimia yang berbahaya

Sebuah jurnal Water Research tahun 2018 menemukan bahwa ftalat, dan zat aditif pada plastik, dapat meningkatkan risiko kanker, yang dapat Anda temukan dalam botol plastik.

4. Mengandung arsenik

Mengkonsumsi air atau cairan lain dalam botol plastik tidak akan membahayakan keselamatan Anda. Namun, terus-menerus mengkonsumsi sejumlah kecil arsenik dan logam berat dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, menurunkan IQ pada anak-anak, dan masalah kesehatan lainnya.

5. Botol plastik berbahaya bagi planet, bahkan ketika sudah melalui proses recycle

Botol plastik membutuhkan banyak sumber daya dalam proses produksi, pengemasan, dan pengiriman ke seluruh dunia. Ini menghasilkan jejak karbon yang sangat besar.

Selain itu, botol plastik bekas belum tentu mengalami proses daur ulang yang baik dan benar. Botol plastik yang tidak didaur ulang akan terdegradasi secara perlahan dan memakan banyak waktu.

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan dari Botol Plastik

Itulah tadi cara membuat dompet dari botol plastik yang bisa anda coba di rumah bersama dengan anak-anak,agar tau akan kerajinan dari botol plastik serta dapat juga sebagai cara mengurangi sampah botol plastik yang ada di lingkungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*