Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Aneka Rasa

cara membuat keripik tempe sagu

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan cara membuat keripik tempe sagu aneka rasa. Tapi, sebelum masuk ke dalam topik pembahasannya apakah kalian tahu apa itu keripik tempe sagu? Mungkin diantara kalian ada yang belum tahu. Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Keripik Tempe Sagu?

cara membuat keripik tempe sagu renyah

Ternyata selain di goreng, tempe juga dapat diolah berbagai cara salah satunya yaitu keripik tempe sagu ini. Keripik tempe sagu adalah olahan yang berbahan dasar tempe yang sudah diberi ragi tapi belum menjadi tempe, kemudian di beri tepung tapioka dan diberi bahan-bahan lainnya.

Proses pengolahan tempe ini setelah semua bahan dicampur yaitu dimasukkan ke dalam plastik yang berbentuk lonjong lalu didiamkan dengan cara digantung selama kurang lebih 1-3 hari. Kemudian,tempe di potong tipis-tipis.

Setelah kalian tahu sedikit penjelasan tentang keripk tempe sagu, berikut ini cara membuat keripik tempe renyah dan tahan lama.

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Aneka Rasa

cara membuat keripik tempe sagu aneka rasa

Bahan-Bahan :

  • Kedelai yang sudah diberi ragi 500gr
  • Tepung sagu 500gr
  • Bawang putih 6 siung
  • Garam 1sdt
  • Kaldu jamur 1sdt
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Aneka Rasa :

  1. Campurkan kedelai tadi dengan tepung sagu, aduk menggunakan spatula.
  2. Siapkan plastik untuk membungkus. Masukkan adonan tempe sagu tadi ke dalam plastik hingga padat. Ikat plastiknya, lalu tusuk-tusuk plastiknya menggunakan lidi.
  3. Diamkan bungkusan tempe sagu selama 3 hari.
  4. Jika sudah 3 hari, buka plastiknya dan iris-iris tipis. Haluskan bawang putih, tambahkan garam dan kaldu jamur. Tuangkan air secukupnya dan aduk hingga rata.
  5. Masukkan tempe ke bumbu basah. Goreng keripik tempe dalam minyak yang panas.
  6. Jika dirasa sudah matang angkat dan tiriskan. Bisa kalian beri bumbu bubuk balado, pedas, keju, bbq dan lainnya. Simpan didalam toples yang kedap udara.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Bantal dan Cakwe

Setelah kalian tahu cara pembuatan keripik tempe sagu, berikut ini manfaat keripik tempe.

Manfaat Keripik Tempe untuk Kesehatan

cara membuat keripik tempe sagu aneka rasa

1. Mencegah Anemia

Keripik tempe ternyata juga dipercaya dapat mencegah anemia,. Penyakit ini banyak di derita oleh kaum hawa, karena kodrat kaum hawa yang harus mengalami menstruasi, hamil dan menyusui bayi.

Kemudian, penyakit tersebut dapat menyerang kaum hawa yang malas makan, sebab takut gemuk , sehingga persediaan dan produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh menjadi menurun.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Keripik tempe juga mengandung magnesium yang berperan dalam system kardiovaskuler dan juga memiliki andil pada 300 proses metabolisme didalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi tempe secara rutin, maka metabolisme pada tubuh kalian akan lancar.

3. Mengatasi Gejala Menopause

Isoflavon yang ada didalam keripik tempe juga bisa mengatasi gejala menopause karena dia dapat mengatur kadar estrogen.Sehingga tempe dapat mengurangi panas di badan dan rasa tidak nyaman pada wanita yang sedang mengalami menopause.

4. Sebagai Sumber Energi

Ternyata, camilan satu ini juga mengandung vitB2 atau riboflavin yang dapat memperlancar proses metabolisme energi dan juga sangat dibutuhkan ketika metabolisme karbohidrat, protein, hingga lemak.

Dengan adanya riboflavin pada tempe ini, maka kalian yang mengkonsumsinya akan terhindar dari kekurangan energi karena riboflavin dapat memproduksi energi tubuh menjadi lebih stabil.

5. Mencegah Penuaan

Kandungan yang ada di dalam keripik tempe ternyata memiliki sifat antioksidan yang berbentuk isofalvon. Seperti halnya dengan karotenoid, vitamin c, serta vitamin e.

Senyawa isofalvon merupakan antioksidan yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. Selain itu, camilan satu ini memiliki senyawa genestein dan phytoestrogen yang memiliki manfaat untuk mencegah kanker payudarah, kanker prostat serta penuaan dini.

Demikian artikel yang saya buat kali in, jika ada kesalahan penulisan saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*