Cara Membuat Kue Bantal Dan Cakwe

Haloo guys… Disini saya akan memberikan cara membuat kue bantal dan cakwe yang dapat kalian buat dirumah sendiri. Nah berikut resep dan cara pembuatannya.

 

Kue Bantal

cara membuat kue bantal dan cakwe

Kue merupakan sebuah jajanan yang sudah terkenal di kalangan manusia. Roti umumnya dijual di toko kue dan juga di pasar tradisional. Saat kita berada di tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan, supermarket, tempat wisata dan tempat lainnya, kita dapat dengan mudah menemukan penjual roti.

Ada banyak jenis roti di Indonesia, dari roti basah hingga roti kering. Salah satu jenis roti yang mudah kita jumpai adalah roti bantal. Roti bantal mungkin, jika kita belum pernah memakannya pasti akan membayangkan seperti apa roti ini.

Disebut roti bantal karena bentuknya seperti bantal. Tak hanya itu, roti bantal juga sering disebut dengan istilah breadball. Roti bantal ini memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut yang disukai banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Roti bantal ini sangat mudah disiapkan.

Bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan. Bahan pembuatan roti bantal ini adalah tepung terigu dan campuran bahan lain seperti gula. Biasanya kue bantal diolah dengan cara digoreng atau diolah menggunakan oven.

Roti yang terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau ini sering dijadikan oleh masyarakat baik sebagai snack maupun makanan untuk acara-acara.

 

Cara Membuat Kue Bantal

Nah ini merupakan bahan dan cara pembuatan kue bantal yang mudah kalian buat dirumah sendiri.

Bahan :

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 sdm ragi
  3. 100 gram kentang rebus, haluskan
  4. 1 sdm susu bubuk
  5. 150 gram gula pasir
  6. 1 sendok teh baking powder
  7. 2 sdm margarin
  8. 1 kuning telur
  9. biji wijen secukupnya
  10. 1/2 sendok teh garam
  11. cukup air
  12. 1/2 sdt vanili bubuk

Cara Pembuatannya :

  1. Ambil wadah lalu masukan tepung dan gula
  2. Tambahkan susu bubuk dan ragi ke dalam wadah
  3. Kemudian tambahkan baking powder dan vanili
    Aduk rata, lalu tambahkan kentang dan kuning telur
  4. Tambahkan margarin dan garam
  5. Tuang air sambil menguleni adonan hingga kalis, lalu diamkan selama 45 menit dan tutup wadah dengan kain lembab
  6. Setelah adonan mengembang, tipiskan adonan, lalu potong sesuai selera
  7. Basahi permukaan adonan dengan air dan gulingkan di wijen
  8. Diamkan adonan yang dihasilkan selama 10 menit agar lebih mengembang
  9. Goreng adonan dalam minyak sampai tenggelam dengan api kecil sampai kecoklatan dan matang
  10. Tiriskan dan siap disajikan

 

Fakta Tentang Cakwe

1. Cakwe adalah menu sarapan khas China

Cakwe bukanlah jajanan lokal Indonesia lho jajanan ini berasal dari China dan memiliki nama yang berbeda Youtiao, biasanya jajanan ini dijadikan sebagai menu sarapan. Umumnya di sana orang menambahkan potongan cakwe ke dalam bubur. Namun, cakwe sering dikonsumsi langsung dengan tambahan minyak cabai.

2. Memiliki cerita yang cukup mengerikan

Apakah kalian pernah bertanya tanya kenapa adonan cakwe merupakan gabungan dari dua buah potongan yang dijadikan satu? Ternyata menurut masa lalu, jajanan ini dibuat sebagai bentuk protes rakyat terhadap sepasang orang terkenal yang mengkhianati mereka.

Dua potong adonan yang disatukan kemudian digoreng dalam minyak panas, melambangkan pasangan pengkhianat yang harus diberi pelajaran. Di sinilah nama Yozhagui, yang berarti roh goreng, lahir.

3. Variasi Cakwe dari Negara Asal

Tidak hanya disantap sebagai pelengkap bubur atau sambal, cakwe memiliki banyak variasi lainnya, seperti cakwe dengan isian daging cincang, cakwe dengan lontong, cakwe dalam kuah dan masih banyak lagi.

4. Aneka nama lain cakwe

Tak heran jika banyak orang menyebut Cakwe dengan berbagai nama lain, karena sebenarnya banyak sekali nama yang tercipta. Mulai dari You Tiao, Chinese Oil Stick, Chinese Crullers, Char Kway, Chinese Oil Stick, You Zha Gui, hingga gorengan spirits.

5. Proses pembuatannya sangat sederhana

Cakwe dibuat dari bahan utama yang sangat sederhana yaitu tepung terigu, baking powder, baking powder, air, minyak dan garam serta gula sebagai bahan dasarnya. Setelah tercampur dan diamkan semalaman, cukup potong-potong adonan lalu goreng sampai berwarna cokelat keemasan.

Itu dia, fakta menarik tentang jajanan favorit banyak orang, cakwe. Di Indonesia, paling sering disajikan dengan saus pedas dengan rasa sedikit asam. Rasanya yang gurih dan kenyal selalu membuat ketagihan, bukan?

 

Cara Membuat Cakwe

Nah resep berikutnya saya akan membagikan cara membuat cakwe.

Bahan :

  1. 5 cangkir tepung terigu
  2. Sendok teh baking powder dan sendok teh baking powder
  3. Gula dan 1,5 sendok teh garam
  4. Sendok teh ragi dan segelas air untuk melarutkan ragi
  5. 3-5 sendok makan minyak goreng segar

Cara Membuat Cakwe :

  1. Semua bahan cakwe dicampur jadi satu lalu diuleni hingga merata. Setelah adonan diremas dan dipipihkan selama 10 menit, diamkan adonan selama 30 menit, lalu uleni kembali sambil diremas-remas untuk mengeluarkan gas dalam adonan.
  2. Ulangi proses tersebut hingga adonan kalis dan lentur. Pastikan adonan tidak lengket di tangan saat diketuk.
  3. Tambahkan minyak goreng saat adonan tampak kering.
  4. Bulatkan adonan dan masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di lemari es hingga 1 malam.
  5. Keesokan harinya, bentuk adonan kakwe dan goreng dalam minyak panas yang banyak agar kakwe terendam air saat dimasukkan ke dalam wajan.
  6. Angkat setelah adonan kakwe berubah warna menjadi kuning keemasan.

 

Nah seperti itulah artikel yang dapat saya bagikan. Jika kalian ingin membaca artikel lainnya tentang jajanan kaki lima bisa membaca cara membuat sempol tanpa ayam ini. Atau baca artikel lainnya disini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*