Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

cara membuat kunyit asam untuk diet

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet – Hampir semua orang menginginkan tubuh yang ideal dan langsing, terutama para wanita. Tak hanya membuat tubuh terlihat semakin menarik, memiliki berat badan yang ideal juga bisa mengurangi risiko berbagai mcam penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, atau bahkan stroke.

Kegemukan sendiri biasanya diakibatkan karena menerapkan pola makan dan pola hidup yang salah. Untuk itu, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat, rendah kalori serta diimbangi dengan rajin berolahraga. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam merupakan salah satu minuman tradisional yang populer di masyarakat. Minuman ini telah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang dan digunakan sebagai obat tradisional. Selain karena memiliki rasa yang enak dengan aroma yang khas, jamu kunyit asam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Khasiat jamu kunyit asam bagi kesehatan sendiri diantaranya yaitu menurunkan berat badan, mengatasi nyeri haid, mengatasi keputihan, meningkatkan stamina tubuh, mengatasi maag, detoksifikasi, meningkatkan fungsi otak, mengontrol gula darah, menghilangkan bau badan, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi. Selain itu, jamu kunyit asam juga cukup efektif dalam menurunkan berat badan.

Rimpang kunyit memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang diyakini mampu menjadi antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Sementara itu, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam asam jawa diyakini cukup berguna untuk menghancurkan lemak yang ada di dalam tubuh.

Agar bisa merasakan manfaatnya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda harus menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat serta rutin mengonsumsi jamu kunyit asam setiap hari. Namun, perlu Anda ingat bahwa jamu kunyit asam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Seperti namanya, jamu kunyit asam terbuat dari bahan utama rimpang kunyit dan asam jawa. Yuk simak cara membuat jamu kunyit asam untuk diet berikut ini :

Bahan-bahan :

  • 500 gram rimpang kunyit
  • 500 gram asam jawa
  • 250 gram gula merah
  • 2 liter air
  • Garam sejumput

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, cuci rimpang kunyit hingga bersih dengan menggunakan air mengalir. Pastikan tanah dan kotoran yang menempel pada rimpang kunyit hilang. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan tanahnya.
  2. Setelah bersih, rimpang kunyit kemudian dihaluskan dengan cara diparut atau dengan menggunakan blender.
  3. Jika sudah halus, kunyit selanjutnya disaring dengan menggunakan kain bersih untuk mengambil sarinya.
  4. Siapkan panci. Masukkan sari kunyit, air dan bahan-bahan lainnya seperti gula merah, asam dan garam. Letakkan di atas api kecil. Tunggu hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, matikan kompor lalu diamkan ramuan jamu kunyit asam hingga dingin.
  6. Jamu kunyit asam pun siap dinikmati. Dalam penyimpanan lemari es, jamu kunyit asam bisa bertahan hingga 3-6 hari dengan cara dimasukkan ke dalam botol yang tertutup.

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Beras Kencur dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Efek Samping Mengonsumsi Jamu Kunyit Asam Berlebihan

Hingga saat ini masih belum ditemukan adanya efek samping dari konsumsi jamu kunyit asam pada dosis rendah. Sebuah penelitian juga telah mencatat bahwa tidak ada efek samping pada orang yang mengonsumsi ekstrak kunyit pada dosis 490 mg per hari selama seminggu.

Meskipun demikian, konsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh karena bisa menimbulkan gejala-gejala atau penyakit tertentu, misalnya :

  • Gangguan pencernaan
  • Perut kembung
  • Maag (penyakit asam lambung)
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Ruam pada kulit
  • Risiko terkena┬ákanker usus
  • Risiko terkena kanker hati

Jamu kunyit asam memang memberikan manfaat yang cukup banyak terutama untuk kesehatan tubuh. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi minuman tradisional yang satu ini.

Jika Anda memiliki suatu penyakit yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat dokter, maka sebaiknya Anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya reaksi obat atau munculnya efek samping yang justru bisa membahayakan. Untuk informasi lebih lengkapnya, baca juga : 4 Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Kesehatan.

Yuk lebih bijak dalam mengonsumsi minuman tradisional seperti jamu kunyit asam. Saat ini jamu kunyit asam telah banyak dijual dalam bentuk kemasan bubuk, kapsul maupun siap seduh. Namun, untuk menghindari penggunaan bahan-bahan kimia, alangkah baiknya Anda membuat jamu kunyit asam sendiri di rumah. Selain mudah dibuat, jamu kunyit asam buatan sendiri tentu lebih terjaga kealamiannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*