Cara Membuat Mangkok Dari Batok Kelapa Yang Unik

Cara Membuat Mangkok Dari Batok Kelapa Yang Unik

Kalian ingin membuat yang sederhana dan tradisional tapi terkesan unik bisa dengan mempelajari cara membuat mangkok dari batok kelapa yang mungkin juga tidak asing bagi kalian.Yang pastinya salah satu kerajinan berbahan keras alami dan mudah ditemukan.

Cara Membuat mangkok Dari Batok Kelapa

Mangkok Dari Batok Kelapa

1.Mangkok Dari Batok Kelapa

 

Alat Dan Bahan :

  • Gergaji besi
  • Amplas
  • Batok kelapa
  • Mineral oil
  • Lem kayu

Cara Membuat mangkok Dari Batok Kelapa:

  1. Pertama potong batok kelapa jadi 1/2 bagian gunakan alat gergaji dikupas batoknya dengan menggunakan mesin pengupas batok kelapa.
  2. Di amplas batok kelapa pada bagian luar dan bagian dalam
  3. Kemudian menjadikan 1/2 bagian batok kelapa tersebut dengan kaki mangkok,  sedikit potong bagian cembung supaya lebih mudah direkatkan
  4. Sesudah itu direkatkan jadi satu kesatuan menggunakan lem kayu
  5. Dilapisi menggunakan mineral oil supaya dilihat lebih baik dan dikeringkan sekitar kurang lebih 24 jam

2.MANGKOK UNIK DARI BATOK KELAPA

Alat Dan Bahan:

  • Gegaji besi
  • Amplas halus
  • Mineral Oil
  • Kuas kecil
  • Batok kelapa tua
  • Lem kayu
  • Katter
  • Spidol jika perlu

Cara Membuat Mangkok Unik Dari Batok Kelapa:

  1. Pertama potonglah batok kelapa sekitar 1/2 bagian gunakan dengan alat gergaji besi supaya lebih rapi.Untuk mengurai sabut kelapa bisa menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.
  2. Bersihkan batok kelapa dengan amplas di bagian luar ataupun pada bagian dalam batok kelapa tersebut.Jika masih belum bersih dapat di bersihkan dengan katter ataupun alat lainnya.Dibersihkan sampai halus.
  3. Kemudian jadikan 1/2 bagian batok kelapa itu jadi kaki mangkok,dengan sedikit dipotong pada bagian cembung supaya lebih mudah merekatkan juga pada bagian kaki gunakan mangkuknya.Kemudian haluskan
  4. Jika ingin di ukir ataupun di beri hiasan lain bisa sesuai selera masing-masing kemudian rekatkan menggunakan lem kayu
  5. Dan dilapisi dengan 2 bagian tersebut dengan menggunakan mineral oil dan gunakan juga kuas  supaya terlihat unik,kemudian dikeringkan sekitar kurang lebih 24 jam

Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa

Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa

Kerajinan tangan dari bahan bekas ialah suatu kegiatan untuk dilestarikan lingkungan. Lingkungan yang banyak sekali bahan bekas atau sampah akan dilihat seumpama lingkungan yang tidak sehat. Maka dari hal itu beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah ataupun warga untuk kurangi pencemaran lingkungan.

Nah,batok kelapa ini juga termasuk ke dalam pencemaran lingkungan. Kenapa dapat begitu? Karena kelapa terbiada dimanfaatkan pada bagian dagingnya saja tetapi batok kelapanya jarang untuk digunakan. Paling setidaknya penggunaan batok kelapa untuk kayu bakar saja, tetapi hal itu pun jarang.

Saat memasak makanan menggunakan santan pasti telah dibutuhkan kelapa begitu bukan? Nah, batoknya itu jangan dibuang, karena dapat menjadi bahan kerajinan yang bermanfaat. Akan lebih hemat dan awet untuk dipakai. Salah satunya ialah mangkok cantik dari batok kelapa.

Jika anda butuh gergaji besi dan juga amplas halus. Sediakan juga mineral oil dan kuas yang berukuran kecil. Untuk melangkah dibuatnya dapat dimulai dengan potonglah batok kelapa menjadi dua bagian menggunakan gergaji. Namun dipotongnya harus menggunakan perbandingan 60-40. Pada bagian 60 akan dipakai untuk mangkok, seumpama 40 nya akan berguna bagi kaki dasar mangkok.

Amplas pada bagian luar dan dalam batoknya supaya bersih dan lebih halus. Disemprot menggunakan bahan foodgrade yang pastinya aman untuk di makanan contohnya mineral oil. Lapisi gunakan kuas. Kemudian keringkan dan pada mangkok pun telah siap dipakai.

Berikut adalah beberapa cara membuat mangkok dari batok kelapa dan kerajinan tangan dari batok kelapa semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*