Cara Membuat Minyak Bawang untuk Nasi Goreng Agar Rasanya Lebih Enak

Banyak artikel yang sudah pernah membahas cara membuat minyak bawang untuk nasi goreng. Di sini kita juga akan membahasnya. Akan tetapi secara lebih detail lagi. Karena nasi goreng akan lebih lezat apabila kita beri minyak bawang sebagai bumbunya.

Sebelumnya kita pernah membahas cara bikin bawang goreng. Nah sekarang kita akan membahas cara buat minyak untuk nasi goreng. Simak artikel berikut ini !

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu hidangan andalan dari Indonesia. Nasi goreng mudah ditemukan karena disajikan di banyak warung mewah di restoran di seluruh negeri.Nasi goreng biasanya hanya membutuhkan bumbu dasar di dapur.

Seperti bawang putih,bawang merah, nasi putih dan telur. Kemudian semuanya diolah dan dimasak menjadi satu kesatuan dalam wajan. Meski terlihat sederhana, menu yang satu ini memiliki cita rasa yang unik di lidah.

Menu Nasi Goreng Olahan ini bisa dipadankan dengan berbagai menu dan topping lainnya seperti sosis, bakso, ikan, ayam, bahkan mangga, yang juga bisa dijadikan topping khas.Rasa nasi goreng Indonesia tentu tidak kalah enak dengan masakan luar negeri.

Banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk mencoba makanan ini. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang kecanduan sajian lezat ini. Nah, ternyata memasak nasi goreng itu gampang, tapi dengan cita rasa yang khas bisa bikin resto di rumah.

Apalagi jika kita menambahnya dengan bumbu minyak bawang, pasti akan lebih terasa gurih. Tidak hanya itu saja minyak bawang ternyata banyak manfaatnya loh. Simak artikel berikut !

Manfaat Minyak Bawang untuk Kesehatan

1.Mengurangi Peradangan


Allicin adalah komponen minyak bawang putih terbesar. Senyawa ini dipercaya dapat melawan peradangan. Allicin merupakan senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang bisa meredakan pada iritasi jaringan dan meredakan nyeri sendi.

2.Mengatasi Jerawat


Selenium, allicin, vitamin C, copper, dan cync yang terkandung dalam bawang putih dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Zync dikenal dapat mengontrol produksi sebum, yang merupakan kontributor utama munculnya jerawat.

Selain itu, bawang putih memiliki khasiat anti inflamasi yang membuat kulit lebih rileks. Mengutip NDTV, campurkan beberapa tetes minyak bawang putih ke dalam scrub. Oleskan di wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

3.Menjaga Daya Tahan Tubuh


Minyak bawang putih secara alami merupakan antibiotik dan dapat digunakan untuk mengobati pilek dan batuk. Di India, minyak ini sudah lama digunakan untuk mengobati infeksi dan demam.

Diketahui bahwa vitamin C, B1, B6, allicin, zat besi dan fosfor yang terkandung di dalamnya memperkuat kekebalan tubuh.

4.Mengusir Nyamuk


Ketika berbagai sediaan kimiawi gagal mengusir nyamuk, inilah saatnya menggunakan pengusir nyamuk alami seperti minyak bawang putih. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa tetes minyak dan bola kapas. Oleskan minyak bawang putih ke kulit dengan bola kapas.

Aroma bawang putih dipercaya bisa mengusir nyamuk. Namun sebelum itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kulit untuk menghindari reaksi alergi. Ilustrasi. Senyawa antioksidannya membuat minyak bawang putih kaya manfaat. (Matthew Pilachowski)

5.Mencegah Rambut Rontok


Minyak bawang putih kaya akan sulfur, vitamin E, C, B6 dan B1 serta dapat mencegah kerontokan dan kerusakan rambut. Minyak ini dapat memperkuat akar dan folikel rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Pijat kulit kepala dan rambut anda dengan minyak bawang putih. Diamkan semalaman, lalu bilas dengan air dan keramas keesokan harinya. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke area kulit kepala, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan rambut.

6.Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular


Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minyak bawang putih dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Mengandalkan Style Craze, komponen aktif seperti dialil disulfida bertanggung jawab untuk mencegah penggumpalan darah pada individu yang sehat.

Karena selain itu, minyak bawang putih juga bisa membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah.

8.Mengatasi Infeksi Jamur


Studi eksperimental menunjukkan bahwa minyak bawang putih memiliki sifat antijamur. Sifat ini dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Minyak bawang putih dapat menembus membran organel jamur. Pengamatan mikroskopis menunjukkan bahwa minyak bawang putih dapat merusak mitokondria dan vakuola jamur.

Cara Membuat Minyak Bawang untuk Nasi Goreng

Bahan-bahan :

Cara Membuat Minyak Bawang :

  1. Mengupas dan mencuci bawang putih, kemudian kalian tiriskan sampai kering. Kalau perlu bisa dibalut pake tissue dan biarkan seharian sampai benar-benar kering. Jangan ada sampai air satu tetespun
  2. Haluskan kemiri, Lalu tumbuk kasar bawang putihnya
  3. Lalu kalian masukkan ke dalam toples kaca
  4. Tambahkan minyak goreng hingga menutup seluruh permukaan pada bawang putih
  5. Menutup rapat dengan toples kedap udara. Biarkan sampai berfermentasi sendiri
  6. Tunggu sampai minimal kurang lebih 24 jam dan siap untuk digunakan bisa untuk masakan nasi goreng, bakmi jawa, sambal goreng dan berbagai macam tumisan lainnya
  7. Bisa disimpan sampai kurang lebih sebulan, asal rapat dan juga kedap udara. Makin lama berfermentasi malah rasanya akan semakin enak, walaupun begitu ada baiknya membuat baceman bawang yang tidak terlalu banyak.
  8. Cara pakai :
    Ambil bawang dan minyak secukupnya dengan sendok, lalu tumis bersama bumbu tambahan lain sesuai dengan jenis masakan dan selera anda. Baceman bawang hanya sebagai pengganti bawang putih saja agar rasa dan aromanya bisa lebih sedap.
  9. Jika minyak dalam toples sudah menyusut atau hampir habis bisa menambahkan minyak lagi.

Demikian merupakan artikel cara membuat minyak bawang untuk nasi goreng. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan selamat untuk mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*