Cara Membuat Roti Pisang Anti Gagal

Hallooo? apakabar semuanya . terimakasih sudah mampir di web ini. Kebetulan banget pada artikel kali ini akan membahas tentang ” Cara Membuat Roti Pisang Anti Gagal “. Pada dasarnya semua bahan gampang didapat namun semua terasa sulit dan padahal semua itu gampang lhoo. Mau tau caranya? Yuk simak pembahasannya berikut ini !

cara membuat roti pisang ala rumahan

Cara Membuat Roti Pisang Anti Gagal

Roti pisang merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, makanan ringan ini terdiri dari pisang yang dibungkus dengan adonan roti. Hal ini menyebabkan rasa manis dan lezat.

Roti ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk suguhan atau hanya untuk teman santai yang minum teh dan kopi. Ternyata roti pisang tidak sesulit yang kamu kira. Anda bahkan bisa membuat roti pisang ini di rumah.

Bahan-bahan:

  • – 500 gram tepung terigu
  • – 150 gram gula pasir
  • – 250 ml susu hangat
  • – 2 telur
  • – 40 gram margarin
  • – 2 1/2 sendok teh ragi instan
  • – 1/2 sendok teh garam
  • – 1 bungkus vanilla
  • – 1 sendok teh SP
  • – 10 buah pisang raja/secukupnya
  • – 100 gram coklat

Langkah – Langkah :

  1. Langkah pertama adalah mengaktifkan ragi. Campurkan 1 sendok makan gula dengan susu hangat lalu tambahkan ragi. Aduk hingga adonan tercampur. Kemudian tutup selama 5 menit.
  2. Campur tepung dengan gula icing. Campur dengan baik.
  3. Larutkan SP dengan sedikit air hangat.
  4. Masukkan vanili, SP ke dalam tepung. Kemudian tambahkan dua butir yang sudah dikocok.
  5. Kemudian aduk adonan hingga diperoleh adonan yang seragam.
  6. Setelah adonan tercampur semua, tambahkan ragi aktif. Aduk kembali hingga rata.
  7. Uleni adonan sampai diperoleh campuran yang homogen.
  8. Kemudian tambahkan margarin. Uleni adonan lagi.
  9. Setelah adonan kalis, adonan akan terlihat bersih dan tidak lengket.
  10. Masukkan adonan ke dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak. Kemudian tutup dengan kain dan diamkan selama 35 menit sampai mengembang.
  11. Jika sudah mengembang, biarkan adonan ditiriskan kembali dengan cara ditekan-tekan.
  12. Keluarkan adonan dan bagi sesuai keinginan.
  13. Siapkan loyang yang ditaburi tepung. Kemudian ambil pasta yang sudah dipotong-potong. Ratakan adonan di atas loyang.
  14. Kemudian isi adonan dengan irisan pisang raja dan coklat batangan.
  15. Gulung adonan hingga tertutup rapat. Agar indah, potong ujung-ujung adonan sehingga saat digulung menyerupai kain.
  16. Lakukan cara ini sampai adonan habis. Kemudian biarkan semalaman selama 30 menit.
  17. Panaskan oven terlebih dahulu, panggang adonan dalam oven selama 30 menit setelah 30 menit.
  18. Keluarkan adonan jika sudah matang, lalu olesi dengan mentega.
  19. Roti pisang coklat sudah bisa dinikmati

Baca Juga : Cara Membuat Roti Pisang Antil Gagal Yang Mantul

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang manis, pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat dengan mudah mendapatkan berbagai manfaat pisang dengan menggunakannya secara teratur.

Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini tumbuh subur di negara tropis, seperti Indonesia.
Betapa banyak kebaikan yang ada dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisinya mengandung karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium dan magnesium.

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh
Dengan beragam kandungan nutrisinya, ternyata banyak sekali manfaat pisang untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Sebagai sumber energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Ada sekitar 27 gram karbohidrat dalam pisang. Di dalam tubuh, karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar terpenting bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati dan digunakan sebagai energi selama aktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan potasium pada pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah untuk mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan

Senyawa antioksidan dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan oleh radikal bebas, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan potasium pada pisang juga berfungsi untuk mencegah batu ginjal. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu memenuhi asupan potasiumnya memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi rasa mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi mual dan muntah selama kehamilan, sedangkan kandungan potasiumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang melalui muntah. Itu membuat pisang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga usus dan pencernaan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengobati diare yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit, serta respon tubuh terhadap minum antibiotik.

Selain untuk sistem pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya serat. Kandungan serat di dalamnya bisa memberi efek lebih lama dan menekan nafsu makan sehingga tidak makan berlebihan.

Inilah sebabnya mengapa pisang baik untuk mereka yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

8. Meredakan sakit maag

Pisang dapat menyebabkan peningkatan lendir di perut sehingga dapat meredakan atau mencegah sakit maag. Pisang juga berfungsi sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sehingga dapat mengatasi rasa sakit akibat sakit maag.

Cara Sehat Mengkonsumsi Pisang

Pisang yang sudah matang bisa langsung dimakan atau dijadikan berbagai jenis makanan manis atau snack yang rendah kalori dan bergizi. Namun, batasi konsumsi pisang olahan untuk digoreng, seperti pisang produksi atau pisang millet.

Menggoreng dapat menghilangkan kandungan nutrisi pada pisang dan meningkatkan jumlah lemak jenuh, yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah pisang, Anda bisa mengolahnya dengan cara berikut ini: Untuk mengubahnya menjadi jus atau smoothie, Anda bisa menambahkan susu skim, madu, dan buah-buahan lainnya. Jika Anda ingin mencampurnya dengan sereal atau oatmeal, Anda bisa menambahkan lebih banyak buah atau almond.

Pisang yang dihaluskan juga bisa dicampurkan ke dalam adonan untuk membuat kue bolu.
Pisang juga bisa digunakan sebagai pengganti selai pada roti.
Untuk mendapatkan manfaat buah pisang, ada baiknya juga diimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*