Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara membuat susu kedelai tanpa gula. Ternyata caranya sangat mudan dan kamu dapat mencobanya untuk mengisi waktu luangmu. Sebelum kita membahas lebih luas tentang artikel ini, ada baiknya Anda mengunjungi situs terbaik. Kabaroke adalah salah satu situs yang berisikan tentang gaya hidup sehat.

Simak artikel berikut ini untuk informasi lebih jelasnya!

Kandungan Biji Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

Dalam seporsi atau kira-kira 100 gram kacang kedelai, terdapat sekitar 150–170 kalori dan bermacam nutrisi berikut:

  • 10 gram protein
  • 13–14 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 3,5–5 gram serat
  • 100 mg kalsium
  • 8 mg zat besi
  • 850–900 mg kalium
  • 500 IU vitamin A

Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Atas kandungan nutrisinya yang tinggi, kacang kedelai sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Kacang kedelai juga banyak dikonsumsi sebagai sari kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi minum susu sapi.

Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai adalah minuman yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat susu kedelai yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Proses Pertumbuhan

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah untuk mendukung proses tumbuh kembang pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan kandungan susu kedelai yang tinggi akan protein.

Protein berperan penting dalam memberikan nutrisi bagi tubuh. Selain itu, kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Selain kandungannya yang tinggi, juga mudah dicerna oleh tubuh.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Protein terdiri dari asam amino yang memiliki manfaat mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavon dalam susu kedelai memiliki fungsi dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Dengan mengonsumsi makanan rendah kolesterol, tubuh terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian telah membandingkan susu kedelai dengan susu sapi untuk menurunkan tekanan darah. Susu kedelai telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah lebih baik daripada susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengatur pola makannya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah, seperti susu kedelai.

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, mengonsumsi makanan utuh dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Di antara pasien diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik pada tekanan darah dan gula darah. Hal ini karena susu kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah sebagai menu diet yang baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada kedelai.

Suplai energi yang berasal dari protein sangat dianjurkan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tujuannya agar tidak merasa lemas meskipun sedang menjalani diet.

6. Mencegah Osteoporosis

Manfaat lain dari susu kedelai adalah mengurangi kemungkinan osteoporosis. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada masa menopause atau usia lanjut.

Kandungan kalsium dalam susu kedelai berperan dalam mencegah pengeroposan tulang yang sering terjadi akibat proses penuaan.

Cara Membuat

Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

Bahan-bahan

  • 250 gr kedelai
  • 1,5 liter air
  • 2 lembar daun pandan
  • Sejumput garam
  • Saring / tahu kain
  • Gula (stevia) secukupnya saat sudah matang

Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

  1. Siapkan kacang kedelai. Cuci dengan air mengalir. Lalu rendam +- 8 jam.
  2. Kacang kedelai akan mengembang dan empuk. Kuliti semua kacang agar tidak langu. Cuci kembali untuk memastikan kacang bersih.
  3. Rebus kacang sampai mendidih. Tiriskan dan buang air.
  4. Masukan semua kacang ke blender. Setelah halus lalu saring sarinya, dan ampasnya di blender kembali sampai 3x dengan tambahkan air 500ml.
  5. Setelah diblender dan disaring 3x, untuk memastikan sari nya bersih, bisa disaring lagi.
  6. Rebus sari kacang kedelai, tambahkan 2 ikat daun pandan dan sejumput garam. Aduk sampai mendidih agar tidak pecah.
  7. Setelah mendidih, masukan ke dalam gelas atau botol. Jika mau tambahkan gula. Jika mau dimasukan kulkas, ademkan sedikit agar tidak terlalu panas.
  8. Alasan mengapa tidak pakai gula karena untuk mencegah cepat basi dan karena mengurangi gula. Jika ingin pakai lebih baik gula stevia atau aren.

Baca Juga : Cara Membuat Rica Rica Ayam yang Lezat

Cara Mengawetkan Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai Tanpa Gula

1. Segera taruh di kulkas

Cara paling gampang untuk memperlama kesegaran susu kedelai adalah segera manaruh susu kedelai di kulkas pendingin. Setelah kamu memasak susu kedelai, segeralah manaruhnya di kulkas.

Dan jika kamu memasarkan juga harus ditaruh di kulkas atau dalam wadah yang dingin atau diberi es batu.

2. Jangan diberi gula, perasa atau pewarna dulu

Gula, perasa dan pewarna bisa mempercepat susu kedelai langu. Dan juga bisa menyebabkan penggumpalan. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi dalam jangka waktu lama, sebaiknya pemberian gula dan zat tambahan lain diberikan saat akan dikonsumsi.

3. Bungkus yang rapat

Setelah kamu memproduksi susu kedelai, segera bungkus susu kedelai dalam kemasan yang rapat. Agar bakteri tidak masuk ke susu yang menyebabkan susu kedelai cepat basi

4. Proses yang cepat

Saat kamu memproduksi susu kedelai, hendaklah melakukan dengan cepat dan jangan berlama-lama. Misalnya, jangan membiarkan susu kedelai tidak segera di masak, dan terlalu lama menaruh di panci.

5. Diberi pengawet yang aman

Jalan terakhir agar susu kedelai awet, adalah dengan memberinya bahan pengawet. Sehingga bisa tahan lebih lama.

6. Cepat dijual dan dikonsumsi

Nah, bagi kamu yang membuat susu kedelai untuk dijual, maka kamu harus bisa memperhitungkan jumlah produksinya. Jangan sampai kamu memproduksi terlalu banyak.

Produksi hari ini, harus sesuai dengan jumlah penjualan kemaren. Dan juga kamu harus segera menjual susu kedelai hasil produksi kamu. Misalnya jika kamu memproduksi susu kedelai pagi hari, setelah produksi harus segera dipasarkan.

Aturan Minum Susu Kedelai

  • Jika kamu menginginkan lebih banyak asupan protein saat sarapan, maka minumlah susu di pagi hari. Selain kalsium dan protein, susu juga mengandung potasium, magnesium, fosfor, dan vitamin.
  • Saat kamu sering berolahraga di pagi hari, maka ada baiknya kamu minum susu di saat yang sama. Karena tulang dan otot membutuhkan kalsium dan protein untuk mendukung kegiatan olahraga tersebut.
  • Salah satu cara termudah untuk mengekang nafsu makan sepanjang hari adalah dengan minum susu saat pagi. Tapi jika kamu adalah orang yang mudah kembung saat bangun tidur, maka hindarilah minum susu di waktu ini.
  • Jika kamu menderita insomnia maka minumlah susu hangat sebelum tidur. Karena susu akan membuatmu tenang dan tidur jadi nyenyak.
  • Minum susu di malam hari juga dapat menjadikan cara untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Sebabnya susu mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan yang akan membantu otak melepaskan serotonin dan membuatmu jadi rileks.

Jadi, minum susu di pagi atau malam hari memiliki manfaatnya masing-masing sehingga sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sebaiknya kamu minum susu dalam keadaan hangat karena dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Dan batasi minum susu hanya sebanyak 150-200 ml per hari.

Sekian artikel cara membuat susu kedelai tanpa gula,semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobanya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*