Cara Membuat Tali Dari Bambu Agar Lebih Bermanfaat

Cara Membuat Tali Dari Bambu

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Tali Dari Bambu. Untuk lebih jelas dan lebih lengkap, Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Bambu

Bambu apus merupakan jenis bambu yang umum digunakan oleh manusia. Tanaman bambu jenis ini memiliki sifat fleksibel dibandingkan dengan jenis bambu lainnya. Karena itu, masyarakat awam menggunakan bambu apus untuk membuat kerajinan tangan dan tali.

Cara Membuat Tali Dari Bambu

Tali bambu cukup kuat dan juga mudah dibuat. Ada dua jenis tali bambu yang bisa dibuat dari jenis bambu ini, yaitu tali bambu ukuran besar dan panjang. Yang kedua adalah tali bambu kecil dan pendek.

Cara Membuat Tali Dari Bambu Apus

  1. Untuk membuat tali ini anda membutuhkan alat tajam seperti sabit, bendo atau golok, atau pisau yang digunakan untuk memotong atau membelah bambu. Lebih baik lagi, jika punya gergaji, pemotongan bisa dilakukan dengan lebih rapi.
  2. Langkah pertama dalam membuat tali bambu dimulai dengan memilih bambu sesuai dengan kebutuhannya. Bambu muda biasanya digunakan untuk kepang dan tali sampai berumur setengah. Setelah menerima batang bambu yang dibutuhkan, bambu tersebut ditebang. Jangan lupa untuk membersihkan dahan dan memotong pucuknya.
  3. Setelah bambu dipotong, langkah selanjutnya adalah memotong bambu sesuai ukuran yang diinginkan. Selanjutnya, bagi menjadi potongan-potongan kecil sesuai kebutuhan.
  4. Jangan terlalu kurus dengan tali yang besar, ketebalan tali kurang lebih 1-2 cm. Panjangnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Jika terlalu lama setelah schnitzel dibuat, maka bisa dipotong lagi.
  5. Sedangkan untuk pembuatan tali kecil salah satunya untuk mengikat sayur. Panjang potongan bambu bisa diatur sesuai kebutuhan. Jika batang bambu tebal, dapat dibagi menjadi dua bagian atau lebih untuk menampung kulit dan sedikit bagian tengah. Jika batang bambu sudah terbelah, haluskan bagian sisi yang runcing agar tidak memotong kulit.
  6. Kemudian buat irisan atau potongan pada batang bambu tersebut. Buat irisan yang dihancurkan ini sedikit sedalam sekitar 3 inci. Setelah selesai membuat irisan daging pada salah satu bagian bambu kecil, pisahkan atau sobek menjadi tali yang akan digunakan nanti.

Cara Menggunakan Tali Dari Bambu

Menggunakan tali bambu tidaklah sulit. Caranya adalah menyatukan kedua ujung tali. Kemudian tekan tali yang terpasang ke alas dengan barang yang akan diikat. Setelah itu putar talinya hingga pengikatnya kencang dan kuat.

Terakhir, masukkan ujung kedua ujung tali di bagian dalam simpul. Untuk menambah kelenturan tali yang sudah lama disimpan dan menjadi kering dapat direndam sebentar dalam air agar tidak rapuh saat diikat.

Selain itu, bukan hanya memahami bagaimana cara membuat tali bambu. Kita juga perlu mengetahui apa saja macam macam tali yang lainnya. Seperti tali webbing, tali prusik, tali kur, tali rami, tali sabut kelapa, dan masih banyak lagi.

Antar tali satu dengan tali yang lainnya memiliki kegunaan masing masing. Dalam proses pembuatannya juga berbeda beda. Misalnya tali sabut kelapa, dapat dibuat secara manual menggunakan tangan atau juga dapat dibuat dengan menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa.

Dengan menggunakan mesin tersebut tentunya akan lebih menghasilkan tali yang berkualitas tinggi juga memiliki nilai jual tinggi, dengan begitu dapat kita jadikan sebuah bisnis.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana Cara Membuat Tali Dari Bambu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*