Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah Dan Menguntungkan

Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara menanam jagung agar hasil melimpah. Berikut langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah

1. Persiapan Lahan

Tanaman jagung sebenarnya dapat ditanam didataran rendah ataupun tinggi, tetapi bila perawatannya sama- sama maksimal hingga hasilnya akan sedikit lebih baik bila ditanam didataran rendah“ kurang dari 150 meter diatas permukaan laut”, terlebih lagi bila ditanam ditanah lebar“ peralihan antara tanah pasir serta liat” ialah tanah dengan karakter hampir seperti pasir serta debu.

2. Penggemburan Tanah

Penggemburan tanah disini bertujuan buat meratakan kandungan unsur hara dalam tanah sekalian mempermudah pertumbuhan pangkal dalam meresap nutrisi dalam tanah nantinya. Untuk mengemburkan tanah, kamu dapat memakai cangkul ataupun mesin bajak tanah modern. Cacah serta gemburkanlah segala permukaan tanah di lahan yang mau ditanami sambil dibangun alur- alur buat pemberian pupuk dasar.

3. Pemberian Pupuk Dasar

Pemberian pupuk dasar sangatlah penting sebab pupuk berperan buat menyuplai nutrisi untuk tumbuhan selama tumbuhan tersebut hidup dilahan tersebut. Pupuk dasar ini diberikan pada alur- alur tanam tadi. Pupuk dasar yang digunakan hendaknya yakni kombinasi pupuk organik serta pupuk kimia, pupuk organik yang digunakan yakni pupuk kandang dapat kotoran ayam, kotoran sapi ataupun kotoran kambing.

4. Persiapan Bedengan

Sehabis bedengan terbentuk diatas tanah hingga berikutnya dibuatkan lubang tanamnya, kamu dapat memakai dorongan kayu untuk ditancap- tancapkan ke bedengan supaya meninggalkan lubang kir- kira sedalam 3- 5 centimeter. Lubang tadi dibuat rata sepanjang alur bedengan, sehabis lubang terbentuk kini bedengan siap buat ditanami biji jagung.

5. Penanaman Benih Jagung

Benih jagung hibrida yang ditanam tentu wajib yang bermutu, untuk menentukan mutunya, maka hendaknya kamu membeli benihnya ditoko pertanian. Hindari untuk membeli biji jagung di pasar kemudian dijadikan bibit sebab kita tidak ketahui sumber tumbuhan induknya.

Sehabis bibitnya didapat hingga berikutnya tanamkan pada lubang yang telah terbuat disepanjang bedengan. Biji yang ditanamkan yakni 2 biji per lubang serta setelah itu ditutup tanah, sehabis ditutup hingga ditunggu tumbuhnya yaitu dapat 4 hingga 7 hari.

6. Perawatan Tanaman Jagung Hibrida

sehabis biji jagung berkembang sekitar 5- 10 centimeter hingga berikutnya dilakukan perawatan tanaman secara berkala sampai datang masa panen nanti. Hal- hal yang wajib dicoba yakni selaku berikut:

a. Penyiraman

Suplai air untuk tumbuhan jagung sangatlah penting buat mendukung pertumbuhannya, pada minggu awal sehabis jagung tumbuh sekitar 10 centimeter maka lakukan penyiraman. Pastikan seluruh tanah bedengan basah, penyiraman jagung dilakukan seminggu sekali serta jangan hingga telat.

b. Penyiangan

Penyiangan dilakukan secara teratur pada awal saat sebelum tumbuhan jagung berkembang besar, kamu dapat melaksanakan penyiangan dengan interval 2- 3 minggu sekali. Bagian yang disiangi yakni sela- sela bedengan“ tempat aliran air” dengan memakai cangkul, upayakan supaya tanaman telah disiangi saat sebelum diberikan pupuk susulan.

c. Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan pada dikala tanaman berumur sekitar 1 bulan, caranya dapat ditaburkan di sela- sela bedengan berbarengan dengan penyiraman ataupun ditaburkan diantara tanaman setelah itu ditutup dengan tanah dari samping bedengan bertepatan dengan waktu penyiangan“ dangir”.

d. Penanggulangan Hama

Hama yang melanda jamur utamanya yakni dari tipe serangga, yang sangat kerap ditemui yakni penggerek batang, ulat, uret serta orong- orong. Bila serbuan hama terjadi diatas batasan normal maka segera ambil tindakan penanggulangan yaitu memakai insektisida.

Kamu dapat membeli insektisida di toko pertanian disesuaikan dengan serangga yang melanda. Pastikanm kamu sudah membaca petunjuk keamanan serta pemakaian saat sebelum memakai insektisida tersebut.

7. Panen Jagung Hibrida

Panen jagung pastinya dibedakan dari tujuan jualnya, untuk jagung yang mau dijadikan jagung rebus hingga tidak akan dipanen sampai umur jagung tua. Jagung rebus yang baik diambil pada dikala jagung berumur sekitar 65 hari, nah buat jagung yang mau dijual kering maka pastinya wajib ditunggu sampai tua.

Jika Anda ingin memipil jagung agar lebih mudah diolah, Anda bisa menggunakan mesin prontok jagung. Untuk janggelnya bisa digiling menggunakan mesin penggiling janggel jagung untuk kemudian bisa digunakan untuk tambahan pakan ternak.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*