Cara Menggunakan Oven Elektrik

Oven adalah alat suatu alat yang berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk memanggang atau memasak berbagai jenis makanan. Peralatan oven sendiri adalah suatu alat dengan sebuah ruang tertutup dimana makanan akan diletakkan di dalamnya untuk dipanggang atau dimasak. Di pasaran oven sangat beragam jika dilihat dari bahan pembuatnya yang biasanya terbuat dari batu, bata, tanah liat, atau logam.

1

Namun jika dilihat dari jenis sumber panasnya, umumnya oven di pasaran biasanya terdiri dari 6 jenis oven. Keenamnya adalah oven konvensional, oven elektrik, oven konveksi, oven gas, oven kompor dan oven hybrid. Salah satu yang paling mudah dan praktis digunakan serta pengoperasiannya cukup simpel adalah jenis oven elektrik yang menggunakan listrik.

Berikut adalah cara menggunakan oven elektrik dengan baik untuk memasak atau memanggang makanan:

Pahami Dasar Penggunaan Oven

Langkah pertama dan sederhana yang dilakukan untuk menggunakan oven elektrik atau listrik adalah memahami dasar menggunakan oven. Setiap oven selalu dilengkapi dengan buku panduan penggunaan oven yang dituliskan dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dengan panduan penggunaan dalam dua bahasa tersebut tentunya lebih memudahkan penggunanya untuk memahami cara menggunakan oven yang baik. Di dalam panduan penggunaan tersebut tentunya juga terdapat cara untuk menyalakan dan mematikan oven serta hal lainnya terkait pengoperasian oven.

Biarkan Beberapa Saat Untuk Memanaskan Oven

Untuk jenis oven listrik, sebelum benar-benar digunakan untuk memanggang atau memasak makanan, panaskan dahulu lalu biarkan selama beberapa saat. Selagi menunggu oven panas, sebaiknya siapkan bahan makanan yang akan dipanggang atau dimasak di dalam oven elektrik tersebut. Jenis oven elektrik biasanya memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama untuk dipanaskan dibandingkan dengan oven gas. 

2

Panggang Masakan Pada Bagian Tengah Rak

Untuk memasak berbagai jenis makanan pada oven, hal yang perlu diketahui adalah selalu letakkan pada rak bagian tengah. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku jika pada resep dituliskan secara spesifik letak yang pas untuk memanggang jenis makanan tertentu. Suhu panas yang dihasilkan oleh rak bagian tengah biasanya cenderung stabil selama proses pemanggangan berlangsung. Sehingga, dengan memaksimalkan posisi dimana suhu panasnya stabil membuat makanan menjadi matang dengan lebih merata.

Jika Diperlukan, Tambahkan Uap

Oven elektrik atau oven listrik biasanya memiliki kecenderungan untuk menjadi mudah kering dan kurang kelembabannya. Keadaan tersebut cukup berpengaruh ketika memanggang jenis makanan seperti roti dan lainnya dimana roti tidak kunjung mengembang. Seandainya hal tersebut terjadi, maka oven perlu ditambahkan sedikit uap dengan cara menaruh secangkir air panas di loyang. Lalu langkah selanjutnya adalah loyang yang sudah berisi air panas tersebut diletakkan di bagian rak paling bawah dari oven.

Pilih Alat Memasak Yang Sesuai Dengan Jenis Masakan

Yang terakhir harus diperhatikan adalah pilih alat memasak yang tepat dan sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Ada banyak sekali ragam jenis alat memasak yang bisa digunakan dalam oven elektrik atau oven listrik. Pastikanlah menggunakan alat memasak yang tepat dengan memperhatikan jenis makanan apa yang akan dimasak di dalam oven. Loyang atau alat masak berbahan logam sangat bagus untuk mendapatkan warna coklat pada bagian dasar dan sisinya. Sementara bahan silikon atau kaca adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi warna kecoklatan dari masakan yang dipanggang.

Kelima langkah diatas merupakan langkah atau cara menggunakan oven elektrik untuk memanggang dan memasak makanan. Saat ini oven elektrik merupakan salah satu alat yang cukup banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk memasak makanan. Beragam merk oven dari berbagai perusahaan elektronik cukup banyak ditemukan dan dijual berbagai toko mesin pengolah makanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*