Cara Mengisi Freo Ac Dengan Benar

Ac dengan freon R22 lebih mudah dalam proses pengisiannya, dikarenakan R22 merupakan style freon yang tidak peka terhadap kotoran dan air. (tapi kalau mampu selalu jangan sampai tersedia kotoran dan air yang masuk ya ketika isikan freon style R22).

Sementara untuk style R32 dan R410 sifatnya benar-benar peka terhadap debu dan air, kendati yang masuk cuma sedikit, tapi dapat berpengaruh terhadap proses kerja ac.Untuk ukuran pipa yang digunakannya pun berbeda.

Freon R32 dan R410 diharuskan mengfungsikan pipa yang lebih tidak tipis dari pipa yang di mengfungsikan R22. Jika terhadap R22 mampu mengfungsikan ukuran ketebalan pipa 0,5mm, maka R32 dan R410 tidak bisa, Karena ke-2 style freon ini perlu mengfungsikan pipa yang lebih tidak tipis yakni 0,6mm atau paling tidak 0,55mm.

Bukan cuma itu, freon R32 dan R410 terhitung perlu divacum sebelum proses pengisian, ini sehingga tidak tersedia ulang kotoran dan air di dalam pipa. Proses pemvacuman ini terhitung ditunaikan sehingga tidak tersedia hawa ulang dalam instalasi pipa, dengan kata lain perlu kedap udara.

Lanjut ke cara isi freon ac. Saya anggap kamu telah punyai semua peralatan layaknya obeng, tang, manifold, kunci inggris, kunci L dan tespen. Jadi ngak usah dibahas ulang perihal peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam isikan freon ac.

Berikut ini cara isikan freon terhadap ac :

  1. Pasang manifold ke pentil kompresor atau outdoor

Langkah pertama adalah mengakses penutup pentil dan menempatkan selang manifold ke kompresor. Caranya memadai mudah, yakni dengan menempatkan satu selang manifold ke kompresor dan menempatkan selang ke-2 ke tabung freon.

Untuk style R32 dan R410 sebaiknya kamu mempersiapkan terhitung kelanjutan ujung manifold yang sesuai dengan ukuran pentil terhadap ac style freon R32 dan R410. Karena untuk ukuran ujung selangnya nanti dapat lebih besar dari freon R22.

Pemasangan selang yang menuju ke kompresor perlu sesuai, yang berarti selang yang mengakses untuk ke pengisian terhadap manifold haruslah benar. Karena kalau salah selang maka jarum terhadap manifold tidak dapat bergerak.

Selang yang benar adalah selang yang kalau di pakai ke kompresor pas terhadap waktu pengisian atau kompresor hidup maka jarumnya dapat naik. Namun kalau pas pengisian freon jarum di manifold tidak bergerak, itu menandakan bahwa kamu telah salah menempatkan selang.

Bolak balik saja selangnya. Atau mampu laksanakan tes dengan cara menyambungkan selang pernah ke tabung freon lantas putar katup manifold terhadap posisi mengisi. Jika jarum bergerak maka berarti selang tersebut merupakan selang yang harusnya kamu pakai ke kompresor atau pentil outdoor.

sebaliknya, kalau jarum tidak bergerak berarti itu adalah selang yang nantinya kamu pakai ke tabung freon.
ketika selang manifold telah terpasang, maka membuka putaran di tabung gas freon (posisi katup membuka)

  1. Lakukan pengisian freon secara perlahan

Jangan tergesa-gesa dalam isikan freon. Lakukan pengisian secara perlahan. Buka katup manifold dan perhatikan jarum manifold dapat naik. Jangan benar-benar cepat mengisi, jangan mengakses bukaan manifold secara penuh, memadai membuka sedikit, tahan lantas tutup kembali.

Lakukan pengisisan ini dengan hati-hati, santai saja tidak perlu terburu-buru. Ketika pengisian telah tersedia di angka 30 – 40 psi maka pipa ac dapat mengeluarkan es, tapi tidak perlu panik dikarenakan ini merupakan hal yang normal. Isi saja konsisten sampai bunga es hilang, nanti terhitung ketika jarum telah diatas 40 Psi, es yang tersedia terhadap pipa dapat hilangdengan sendirinya.

  1. Tekanan freon sesuai dengan PK ac dan ampere kompresor

Sebelum memastikan tekanan freon yang dapat di isi, sebaiknya kamu memahami pernah ukuran PK dari ac tersebut. Bisa terhitung dengan mengfungsikan tang ampere, ini sehingga kamu memahami batas ampere maksimal dari ac tersebut sehingga mampu mengatur dengan tekanan freon.

Jika ac punyai ukuran 0, 5 pk maka sebaiknya kamu isikan dengan tekanan freon maksimal 60-70 psi. Jika 3/4 dan 1 pk maksimalnya adalah 80-90 psi. Namun sekali lagi, sebaiknya kamu terhitung memicu patokan ini berdasarkan ampere dari kompresor.

Karena kalau ampere melebihi batas yang tersedia maka kompresor mampu saja overload atau memutus.
Untuk tekanan freon r 32 dan r410 berkisar satu diantara 120 psi sampai dengan 160 psi. Sekali lagi, mengfungsikan tang ampere sehingga kamu tidak kelebihan dalam isikan freon.

Contoh saja, kalau ac punyai ampere 2,9, maka ketika isikan freon jangan sampai lebih dari 2,9 ampere. Karena kalau dipaksakan maka kompresor dapat mati. Untuk penggunaan tang ampere mampu menyaksikan di bawah ini.


Jika pengisian telah selesai maka pastikan kamu memeriksa indoor ac. rasakan angin indoor apakah dinginnya telah cukup. Setelah semua proses pengisian freon telah selesai maka copot selang ac dari outdoor dan kencangkan tutup pentil.

Sebagai tambahan saja, bahwa untuk ac dengan style freon R32 dan R410 sbaiknya di vacum dul. Ini sehingga tdiak tersedia ulang kotoran dan sisa air yang tertinggal di dalam pipa. Sementara untuk R22, proses vacum mampu di laksanakan dengan vacum body tanpa mengfungsikan alat atau mesin vacum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*