Cara Mengolah Kotoran Ayam Menjadi Pupuk Kompos Dengan Benar

Cara Mengolah Kotoran Ayam Menjadi Pupuk

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengolah kotoran ayam menjadi pupuk. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu kompos?

Kompos

Kompos merupakan pupuk alami yang dibuat dari bahan- bahan hijau dan bahan organik yang lain yang dimasukkan dengan terencana sehingga proses pembusukan dapat jadi lebih cepat.

Hasil fermentasi ataupun dekomposisi bahan- bahan organik semacam sisa tumbuhan, hewan, serta limbah organik lainnya dapat menciptakan kompos yang bermanfaat buat memperbaiki struktur pada tanah, membantu memperbaiki kehidupan mikroorganisme pada tanah, serta menguatkan energi ikat air terhadap tanah, dan memperbaiki sifat- sifat pada tanah yang lain.

Dalam pupuk kompos tercantum unsur- unsur hara mineral yang bagus buat tumbuhan serta pula tingkatkan bahan organik pada tanah. Pembuatan kompos dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan- bahan organik yang sudah dicacah dengan mesin pencacah sampah organik.

Cara Mengolah Kotoran Ayam Menjadi Pupuk

Ayo kita mulai cara buat pupuk kompos dari kotoran ayam ini. Persiapkan terlebih dulu perlengkapan serta bahan yang hendak dipakai sepanjang proses ini.

Alat serta bahan:

  • Kotoran ayam sebanyak 200 kg
  • Sekam padi yang telah digiling sebanyak 200 kg
  • Dedak sebanyak 10 kg
  • Pupuk Organik cair, pada kesempatan ini kami memakai MBio sebanyak 15 ml
  • Gula merah sebanyak 12 kg
  • Air bersih secukupnya

Cara Membuat:

  1. Gabungkan terlebih dulu pupuk organi MBio dengan gula merah serta air, biarkan terlebih dulu sepanjang kurang lebih 12 jam. Larutan gula merah berperan selaku pengaktif pupuk MBio.
  2. Gabungkan pula kotoran ayam, sekam padi yang sudah digiling, dan dedak. Aduk- aduk sampai bahan- bahan tersebut tercampur rata. Limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan buat bahan pembuatan pupuk tidak cuma sekam padi, tetapi jeraminya juga dapat diganti jadi pupuk. Upayakan melaksanakan proses ini di atas ubin yang kering.
  3. Siramkan larutan MBio serta gula merah yang kita simpan tadinya ke atas permukaan kombinasi kotoran ayam serta bahan yang lain.
  4. Tutup adonan tersebut dengan memakai plastik, terpal, ataupun karung goni. Proses pengomposan tersebut hendak berlangsung sepanjang 5 hari saja.
  5. Aduk- aduk kembali seluruh bahan sampai tercampur dengan rata tiap 5 jam sekali.
  6. Sehabis 5 hari, pupuk kompos dari kotoran ayam siap dipakai
  7. Anda bisa menggunakan mesin pencacah kompos agar lebih mudah

Kelebihan Pupuk Kompos dari Kotoran Ayam

Bila dibanding dengan produk pupuk organik yang lain, pupuk kompos dari kotoran ayam mempunyai sebagian keunggulan, berikut antara lain:

  • Pupuk kompos dari kotoran ayam kaya akan 3 nutrisi berarti yang diperlukan tumbuhan buat masa perkembangan. Kandungan tersebut berupa Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Sifatnya lebih natural dan nyaman digunakan dari pada pupuk kimia yang beresiko buat lingkungan
  • Melindungi kelembapan pangkal tumbuhan sehingga proses perkembangan tumbuhan lebih normal serta tahan terhadap hama
  • Menyuburkan serta memperbaiki mutu tanah tanpa meninggalkan dampak kurang baik dikemudian hari
  • Bahan kotoran ayam gampang diperoleh dan dapat pula dikombinasikan dengan bahan kompos lainnya
  • Tak menimbulakan bau busuk serta tak mencemari lingkungan

Manfaat Lain dari Kotoran Ayam

Tidak hanya baik digunakan selaku bahan pembuatan pupuk kompos, kotoran ayam pula banyak dimanfaatkan oleh bermacam industri lain selaku bahan penunjangnya.

Berikut manfaat lain tersebut:

  • Bisa dipakai buat menggemburkan tanah liat
  • Selaku pakan ternak ikan lele.
  • Selaku kombinasi bahan pupuk bokhasi, semacam pada metode membuat pupuk bokashi padat.
  • Penghasil bahan bakae gas bio

Demikianlah cara mengolah kotoran ayam menjadi pupuk, mudah- mudahan cara ini bisa gampang dipraktekkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*