Cara Partisi Hardisk

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai cara partisi Hardisk dengan mudah loh dan tentunya bisa kamu coba di rumah. Nah, penasaran kan bagaimana caranya?

Simak di bawah ini deh.

Cara Mengecilkan Ukuran Partisi Hardisk

Untuk mengecilkan ukuran atau memecah sebuah partisi hardisk dapat dilakukan dengan menggunakan Shrink Volume, partisi yang akan kamu shrink ini akan berubah menjadi unallocated space.

Unallocated space ini dapat kamu gunakan untuk membuat partisi baru atau menambahkan ukuran partisi lain.

Cara melakukan Shrink hardisk :

  1. Buka Disk Management
  2. Kemudian pastikan jika kamu sudah membuka Disk Management
  3. Kemudian klik kanan di partisi yang akan di shrink, lalu klik Shrink Volume.
  4. Kemudian masukkan kapasitas yang hendak kamu ambil dari partisi tersebut, di sini kamu menuliskannya ke dalam satuan MB, salah satu contohnya seperti 15GB dari total kapasitas partisi tersebut.
  5. Dan hasilnya, yang tadinya berukuran 40 GB menjadi 25 GB sedangkan hasil shrink menjadi Unallocated. Nah, lalu kemudian kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat partisi baru.

Cara Membuat Partisi Baru

Untuk membuat partisi baru tentu saja kamu membutuhkan sebuah partisi kosong maupun unallocated space, cara membuatnya adalah dengan menggunakan fitur New Simple Volume.

Berikut ini adalah caranya :

  1. Klik kanan pada Unaloccated Space kemudian pilih opsi New Simple Volume.
  2. Apabila muncul jendela New Simple Volume Wizard, kemudian klik Next kemudian tentukan ukuran dari partisi yang akan kamu buat, di sana akan tertera ukuran maksimal dan minimal yang dapat kamu buat kemudian klik Next.
  3. Lalu kamu akan disuruh untuk menentukan identitas partisi tersebut atau yang disebut dengan drive letter, identitas tersebut biasanya akan berupa abjad, misalnya C, D, E, F, dan yang lainnya. Kemudian klik tombol Next.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela format partition, beri nama partisi yang akan kamu buat, selanjutnya klik Next dan tunggu hingga prosesnya selesai lalu klik finish.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*