Cara Ternak Sapi Potong

Cara Ternak Sapi Potong – Daging sapi merupakan makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Hal ini terlihat dari permintaan daging sapi yang seperti selalu mengalami peningkatan.

Dengan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia yang cocok untuk beternak sapi, banyak orang yang memulai usaha ternak sapi dan bisa menghasilkan banyak uang.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara ternak sapi potong. Sapi potong tentu akan sedikit berbeda dengan sapi perah.

  • Memilih jenis sapi yang terbaik

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis sapi. Sebenarnya, semua jenis sapi bisa dijadikan sebagai sapi potong.

Biasanya, jenis sapi yang paling populer dijadikan sapi potong di Indonesia yaitu sapi Bali, sapi Madura, sapi brahman, atau sapi PO. Bobot sapi ini bisa mencapai 300 hingga 400 kg per ekornya.

Dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, sapi brahman lebih tahan banting terhadap serangan cuaca dan serangga serta cocok dengan berbagai jenis makanan. 

  • Pembuatan kandang sapi yang baik dan layak

Sapi sebaiknya disimpan di dalam kandang yang cukup baik dan layak. Kandang sapi ini juga sebaiknya terletak cukup jauh dari pemukiman penduduk, minimal jaraknya dengan rumah manusia yaitu sejauh 10 meter.

Namun, usahakan juga agar lokasi kandang cukup dekat dengan lahan pertanian agar kotoran sapi ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk

  • Pemberian pakan untuk sapi

Sebagai proses pemeliharaan sapi potong, sapi ini sebaiknya diberi pakan yang baik dengan teratur. Satu ekor sapi biasanya membutuhkan pakan sebanyak sekitar 10 persen dari total bobot tubuhnya.

Makanan yang bisa diberikan ke sapi potong biasanya berupa ampas tahu, dedak halus, bekatul, rumput hijau yang segar, atau kacang-kacangan dan tanaman hijau yang lainnya

  • Memelihara kandang sapi dengan baik dan teratur

Agar kandang sapi tetap terpelihara dengan baik dan bisa membuat sapi nyaman, sebaiknya kandang sapi potong ini dipelihara dengan baik dan teratur.

Caranya yaitu dengan memberikan sirkulasi yang baik dan cukup, membersihkan kandang dari kotoran sapi secara teratur, dan lain sebagainya.

Sumber : Dosenternak

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*