Mengenal Alat CPAP Untuk Terapi Sleep Apnea

apa itu sleep apnea

CPAP adalah kependekan dari Continuous Positive Airway Pressure adalah sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk gangguan pernafasan khusus yaitu sleep apnea. Apa itu sleep apnea dan apa pula itu CPAP ? Semua bisa kita simak dalam artikel kali ini.

Apa itu Sleep Apnea ?

Sleep Apnea adalah sebuah syndrom gangguan penapasan yang terjadi pada saat seseorang dalam kondisi tertidur. Ada banyak penyebab yang melatar belakangi penyakit ini. Salah satunya adalah adanya kelainan pada otot rahang bagian dalam yang akan menglami relaksasi berlebih ketika dalam kondisi tidur hingga menutup saluran pernapasan. Akibatnya gangguan pernapasan terjadi.

Sleep Apnea juga bisa dilatarbelakangi oleh beberapa penyakit lain seperti asam urat dan beberapa penyakit lainnya. Sleep Apnea juga dapat menimbulkan beberapa penyakit komplikasi lain seperti kualitas tidur yang buruk, sering pusing dan gangguan konsentrasi.

Apa Itu CPAP ?

Sudah kita sebutkan sedikit mengenai alat ini di bagian awal paragraf. Jadi, CPAP adalah alat yang didesain khusus dapat memberikan tekanan udara positif dengan laju aliran tertentu yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita.

CPAP ini dapat digunakna untuk membantu mengatasi masalah syndrome sleep apnea yang dialami oleh seseorang karena menutupnya saluran pernafasan ketika tertidur. Alat CPAP ini berfungsi untuk memberikan tekanan udara positif secara terus menerus disaat tertidur sehingga dapat menjaga saluran nafas tetap terbuka.

Bagaimana CPAP digunakan ?

Ketika anda membeli alat CPAP di toko yang jual alat kesehatan anda akan mendapatkan satu set alat lengkap. Unit atau mesin CPAP itu sendiri, selang dan juga masker CPAP. Pasien yang mengalami gangguan sleep apnea menggunakan masker ketika tidur. Anda bisa memilih masker seperti apa yang ingin anda gunakan agar lebih nyaman.

Kemudian, masker dan selang ini dihubungkan dengan alat CPAP yang telah diseting dengan parameter yang diberikan oleh dokter dengan menyesuaikan kondisi gangguan. Kemudian alat tersebut dinyalakan sembari tertidur.

Alat CPAP menjadi solusi bagi mereka yang memiliki gangguan sleep apnea tanpa operasi. Untuk anda yang mengalaminya, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara penanganannya. Sekian, semoga bermanfaat !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*